Cara Mengatur Keuangan ala Orang Jepang Ini Bikin Keuangan Aman

Apr 20, 2020

Sis, sering merasa gaji cuma numpang lewat? Atau penghasilan nambah tapi tabungan segitu-gitu aja? Kalau iya, bisa jadi ada yang salah sama cara mengatur keuangannya.

Biar penghasilan bisa tetap dinikmati sampai akhir bulan, kenalan yuk sama teknik Kakeibo, cara mengatur keuangan dari Jepang. 

Istilah Kakeibo sendiri berarti jurnal penganggaran yang dilakukan menggunakan kertas dan pulpen. Metode mengatur uang ini kian populer setelah penulis Fumiko Chiba merilis buku berjudul “Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money” di tahun 2017.

Biar mudah dipahami, praktik langsung aja yuk, Sis! Cek caranya berikut ini ya.

Cara mengatur keuangan dengan metode Kakeibo

Cara Mengatur Keuangan ala Orang Jepang Ini Bikin Keuangan Aman Kakeibo

Untuk menerapkan teknik Kakeibo, ada empat pertanyaan yang harus dijawab nih. Sederet pertanyaan inilah yang kamu jadikan acuan saat melakukan tahapan-tahapan selanjutnya.

Berikut pertanyaannya:

  1. Berapa uang yang kamu miliki?
  2. Berapa uang yang mau kamu tabung?
  3. Berapa uang yang bakal dibelanjakan?
  4. Bagaimana cara kamu memperbaiki keuanganmu?

Kalau sudah dijawab, kita lanjutkan ke tahap berikutnya ya.

1. Awal bulan: catat pemasukan dan pengeluaran 

Catat daftar pemasukan dan pengeluaran setiap awal bulan. Jika kamu punya lebih dari satu sumber penghasilan, jangan lupa dicatat juga ya.

Selanjutnya, catat juga daftar pengeluaran, meliputi biaya sewa tempat tinggal atau cicilan rumah, tagihan listrik, pulsa internet, tagihan layanan streaming, sampai alokasi pengeluaran buat jajan (jika ada).

2. Tentukan jumlah tabungan

Jika tahap pertama sudah dilakukan, kamu bakal tahu sisa penghasilan setelah dikurangi pengeluaran. Nah, sekarang saatnya tentukan berapa banyak yang mau kamu tabung.

Kamu juga bisa gabungkan teknik Kakeibo ini dengan metode atur keuangan 50/30/20, yaitu 50% kebutuhan pokok, 30% keinginan pribadi, dan 20% tabungan. Artinya, alokasikan 20 persen dari penghasilan buat ditabung. 

3. Catat pengeluaran sehari-hari

Selanjutnya, catat pengeluaran harian kamu selama satu bulan ke depan. Biar lebih gampang, coba deh bagi jadi empat kategori berikut:

  1. Kebutuhan (survival) untuk makanan, transportasi, kesehatan, tagihan, dsb.
  2. Budaya (culture) untuk pengeluaran yang bisa menambah pengetahuan kayak buku, film, dan musik.
  3. Pilihan (optional) untuk pengeluaran yang nggak wajib seperti makan di luar, belanja, dan liburan.
  4. Tambahan (extra) untuk pengeluaran tak terduga, seperti bujet hadiah atau biaya service

Komitmen dan kedisiplinan kamu bakal diuji nih di tahap ini, Sis. Tapi hasilnya sepadan kok. Kamu bakal menyadari apakah kamu tipe impulsive buyer, boros, atau justru smart spender.

Ada salah satu tips nih biar kamu gak asal hemat tapi juga bisa belanja secara cerdas. Caranya, jangan lupa setiap belanja di marketplace kesayanganmu, dilakukan melalui aplikasi GetPlus. Soalnya, setiap pembelian melalui aplikasi Getplus, kamu bakal dapat cashback poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan voucher belanja atau reward lainnya.

Belanja bonus belanja nih. Mantap kan?

4. Ciptakan tujuan jangka panjang

Beberapa orang susah menabung karena gak punya tujuan. Ibaratnya, buat apa hemat-hemat menyisihkan uang, tanpa tahu tujuan penggunaan uang saat terkumpul nanti. Ya gak?

Oleh sebab itu, penting buat memahami apa yang kamu butuh dan inginkan untuk menetapkan tujuan jangka panjang.

Misalnya, kamu perlu mengumpulkan dana panjar (DP) rumah untuk dua tahun ke depan.

5. Evaluasi!

Terakhir, jangan lupa buat melakukan evaluasi cara mengatur keuangan setiap akhir bulan. Kalau kondisi keuangan sudah membaik, artinya kamu sudah berada di jalur yang tepat nih.

Tapi, kalau ternyata masih ngos-ngosan saat akhir bulan, hm.. cek lagi yuk adakah bujet yang kebobolan agar bisa diperbaiki di bulan selanjutnya.

Metode amplop dalam Kakeibo

Cara Mengatur Keuangan ala Orang Jepang Ini Bikin Keuangan Aman Kakeibo

Satu hal penting yang juga digunakan dalam teknik Kakeibo adalah metode amplop, yaitu membagi anggaran berdasarkan kategori dan memasukkannya ke dalam amplop berlabel.

Meski terkesan kuno, metode amplop ini cukup efektif loh.  Kamu jadi tahu persis berapa anggaran yang kamu punya untuk setiap kategori. Jadi, kamu bakal lebih hati-hati dalam menggunakan uang yang tersisa. Ingat, gak boleh cheating mengambil dari anggaran kategori lain ya.

Gimana, metode Kakeibo ini menarik buat dicoba, kan? Apalagi, di tengah pandemi virus Corona ini, kita perlu cara mengatur keuangan yang mudah dan  efektif. Setuju?

Artikel Terbaru

01

Dapetin bonus transaksi pertama di Pezzo Pizza, Yours Pizza, KAG
Jajan-jajan di Jakarta sampai Surabaya semua bisa dapat 30.000 Poin GetPlus dari foto struk pertamamu dari merchant berikut ini:​ 🎪 Pezzo Pizza Resto pizza di Jakarta ini menyajikan fresh pizza dengan karakter dan rasa unik seperti Meet Cheesy Cheese, Pepperoni Party, serta Meat Munchers. Upload struk pertamamu untuk dapatkan 30.000 Poin GetPlus dan raih 5% […]
January 27, 2023

02

Dapatkan Voucher Karaoke di Inul Vizta dari GetPlus!
Karaoke adalah salah satu jenis hiburan yang banyak digemari oleh anak muda maupun orang tua. Kegiatan ini juga cocok buat dijadikan acara family time yang seru. Selain bisa menyanyi bersama, kamu pun bakal mengerti lagu apa saja yang disukai oleh setiap anggota keluarga.Nah, bukan cuma itu, karaoke ternyata juga punya manfaat bagi fisik maupun mental. […]
January 23, 2023

03

Ini Dia 6 Menu Eastern Kopi TM untuk Rayakan Tahun Baru Cina!
Tahun Baru Cina sebentar lagi tiba! Agar kemeriahan Imlek semakin terasa, kamu bisa merayakannya dengan makan bareng keluarga di Eastern Kopi TM yang sudah tersebar di berbagai kota besar Indonesia. Memangnya, ada menu Eastern Kopi TM yang identik dengan Tahun Baru Imlek? Tentu ada, dong! Kamu bisa pesan enam menu andalan berikut untuk kamu dan […]
January 21, 2023

04

Ramalan Shio Paling Mujur di Tahun Kelinci 2023
Menjelang Tahun Baru Imlek 2023, Teman Gita yang merayakannya pasti mulai melakukan berbagai macam tradisi Imlek, mulai dari berdoa sampai membaca ramalan shio dari seorang master. Ramalan shio yang merupakan ramalan astrologi China ini bisa jadi adalah cara terbaik untuk memotivasimu menjalani tahun depan dengan semangat. Nah, untuk tahun ini, Master Alvin Sai, seorang ahli […]
January 20, 2023
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !