Menu Sahur Sehat

Praktis, 5 Menu Sahur Sehat Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Apr 25, 2020

Sis, sepakat dong kalau sahur adalah hal esensial yang sebaiknya gak dilewati selama bulan puasa? Untuk itu, penting nih menentukan menu sahur tepat biar tubuh kuat menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam.

Pilihlah makanan dengan gizi seimbang sebagai menu sahur untuk mendapatkan energi dan raya kenyang yang lebih lama. 

Daripada pusing, yuk coba buat lima menu sahur berikut ini, Sis!

5 Menu sahur sehat dan praktis

1. Nasi goreng kacang polong

Tahu gak Sis, mengonsumsi kacang polong dapat mengendalikan nafsu makan dan membuatmu gak cepat lapar? Ini karena kacang polong memiliki kandungan protein dan serat yang butuh waktu lama untuk dicerna tubuh.

Membuat nasi goreng dengan campuran kacang polong sebagai menu sahur bisa jadi pilihan yang sehat dan praktis, Sis. Kamu juga bisa tambahkan sumber protein lain, seperti ayam atau daging supaya lebih sehat dan kaya rasa.

2. Tumis brokoli telur orak-arik

A bowl of food on a tableDescription automatically generated

Menu sahur selanjutnya yang bisa dicoba adalah tumis brokoli telur orak-arik. Untuk memasaknya, kamu hanya perlu menumis bawang putih, masukan telur, brokoli, serta tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.

Menu sahur sehat siap disantap!

Brokoli merupakan sumber serat yang sangat tinggi, sementara telur mengandung protein sekaligus lemak. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam brokoli mampu meningkatkan kekebalan tubuh, jadi pas banget dikonsumsi di tengah pandemi Corona saat ini.

3. Sup ayam bening

A bowl of food on a plateDescription automatically generated

Kalau ingin makanan hangat yang berkuah, sup ayam bisa jadi pilihan menu sahur sehat selanjutnya.

Gak perlu waktu lama untuk memasaknya, kamu tinggal mencampurkan ayam, kentang, dan sayur-sayuran seperti wortel, buncis, atau kacang panjang. Jangan lupa tambahkan garam, merica atau lada bubuk, dan daun bawang biar makin sedap.

Kandungan protein, lemak, dan serat dalam sup ayam bakal tentunya bakal bikin kamu kenyang lebih lama.

4. Overnight oat

A banana sitting on top of a tableDescription automatically generated

Ingin variasi menu sahur sehat selain sayuran? Yuk, buat overnight oat Sis!

Oatmeal adalah pilihan menu sehat karena mengandung lebih dari 50 nutrisi, termasuk protein, lemak, dan serat.

Cara membuatnya juga mudah, bahkan tanpa perlu menyalakan kompor. Kamu cukup rendam oatmeal oat utuh di dalam jar berisi susu, lalu tambahkan topping deh.

Topping-nya pun bisa kamu kreasikan sesuai keinginan, bisa pakai yoghurt, buah-buahan, atau chia seeds. Simpan campuran ini di dalam kulkas selama semalam penuh. Overnight oat bisa langsung disantap saat waktu sahur tiba. Yum!

5. Sandwich roti gandum

Roti gandum utuh bukan hanya kaya serat dan nutrisi, tapi juga rendah gula. Cocok nih Sis buat jadi salah satu pilihan menu sahur.

Mau yang praktis? Kamu bisa bikin sandwich roti gandum dengan isian daging ham atau telur, selada, dan keju sebagai sumber protein dan lemaknya.

Gimana? Lima menu di atas gampang banget buat dicoba, kan?

Nah, untuk bahan-bahan makanan yang diperlukan, belanja online aja di e-commerce langgananmu lewat aplikasi GetPlus. Apalagi, banyak diskon hingga 70%, gratis ongkir, dan banyak promo menarik lainnya dari Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak dan lainnya. Double untung kan kalo #DapetinLebih poin GetPlus lagi?

Oh ya, kalau kamu lagi malas masak, kamu juga bisa pesan makanan yang pasti enak dan sehat dari berbagai merchant GetPlus, seperti Negiya, Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk, atau Nanny’s Pavillon. Jangan lupa cek jadwal operasional masing-masing merchant, dan upload struk di aplikasi GetPlus pada hari yang sama.

Selamat berpuasa!

Artikel Terbaru

01

Dapatkan Voucher Karaoke di Inul Vizta dari GetPlus!
Karaoke adalah salah satu jenis hiburan yang banyak digemari oleh anak muda maupun orang tua. Kegiatan ini juga cocok buat dijadikan acara family time yang seru. Selain bisa menyanyi bersama, kamu pun bakal mengerti lagu apa saja yang disukai oleh setiap anggota keluarga.Nah, bukan cuma itu, karaoke ternyata juga punya manfaat bagi fisik maupun mental. […]
January 23, 2023

02

Ini Dia 6 Menu Eastern Kopi TM untuk Rayakan Tahun Baru Cina!
Tahun Baru Cina sebentar lagi tiba! Agar kemeriahan Imlek semakin terasa, kamu bisa merayakannya dengan makan bareng keluarga di Eastern Kopi TM yang sudah tersebar di berbagai kota besar Indonesia. Memangnya, ada menu Eastern Kopi TM yang identik dengan Tahun Baru Imlek? Tentu ada, dong! Kamu bisa pesan enam menu andalan berikut untuk kamu dan […]
January 21, 2023

03

Ramalan Shio Paling Mujur di Tahun Kelinci 2023
Menjelang Tahun Baru Imlek 2023, Teman Gita yang merayakannya pasti mulai melakukan berbagai macam tradisi Imlek, mulai dari berdoa sampai membaca ramalan shio dari seorang master. Ramalan shio yang merupakan ramalan astrologi China ini bisa jadi adalah cara terbaik untuk memotivasimu menjalani tahun depan dengan semangat. Nah, untuk tahun ini, Master Alvin Sai, seorang ahli […]
January 20, 2023

04

Pengumuman Pemenang Kompetisi YES 2022
Halo teman Gita! Terima kasih ya sudah ikutan kompetisi belanja: Member Competition & Rapor Cuan Award selama program YES 2022. Gita seneng banget karena banyak yang ikutan dan akhirnya hari pengumuman yang ditunggu pun tiba! Pengumuman ini dibuat sebagai pernyataan resmi atas daftar pemenang yang berhak atas hadiah yang dimaksud. Keputusan pihak GetPlus bersifat mutlak […]
January 19, 2023
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !