6-lomba-17an-yang-unik-dan-kreatif-untuk-anak-anak-seru-getplus-aplikasi-cashback-reward

6 Lomba 17an yang Unik dan Kreatif Untuk Anak-anak, Seru!

Agu 04, 2023

Lomba 17 Agustus adalah acara yang menyenangkan dan inklusif, di mana semua kalangan, termasuk anak-anak, bisa berpartisipasi dengan antusias, GoGetters. Kegiatan ini nawarin kesempatan bagi anak-anak untuk ngerayain kemerdekaan sambil ngembangin kreativitas, semangat persatuan, dan rasa cinta tanah air dalam suasana riang dan penuh semangat. Buat kamu yang berencana mengadakan lomba 17an yang unik dan kreatif anak anak, yuk, simak 6 rekomendasi lomba yang dijamin seru berikut!

Ide Lomba 17 Agustus yang Unik dan Kreatif Untuk Anak-anak

Berikut inspirasi beberapa lomba yang menarik dan cocok untuk anak-anak:

1. Memindahkan Tepung

Lomba 17 Agustus yang Unik dan Kreatif pertama ini seru banget, GoGetters. Jadi, para peserta yang dibagi menjadi beberapa tim berbaris ke depan dan masing-masing memegang wadah. Terus, panitia bakal menuangkan tepung ke wadah peserta di barisan paling depan. Nah, tugas peserta di depan ini adalah menuangkan tepung ke wadah peserta di belakangnya, tanpa melihat. Peserta yang ada di belakang bakal berusaha buat menangkap tepung dari wadah peserta di depan. Tim yang bisa memindahkan tepung paling banyak dan paling rapi di wadahnya is the winner!

Baca Juga: Merdeka! Yuk Bikin 6 Ide Hiasan 17 Agustus dari Bahan Bekas

2. Melepas Karet dari Wajah

Lomba melepas karet dari wajah kreatif dan mengasyikkan buat anak-anak. Begini cara mainnya, para peserta berbaris dengan mata tertutup, sambil menaruh karet di ujung hidung mereka. Nah, tugas para peserta permainan ini adalah melepas karet tersebut hanya dengan gerakan tubuh dan ekspresi wajah, tanpa menyentuhnya dengan tangan. Peserta yang berhasil melepas karet dengan cepat dan nggak menjatuhkan karet tersebut adalah pemenangnya. 

3. Makan Kerupuk dengan Tarik Sarung

Lomba 17an makan kerupuk dengan tarik sarung juga seru banget buat anak-anak. Cara mainnya gampang, cukup gantungkan kerupuk di tali antara dua pohon atau tiang. Terus, anak-anak harus berbaris dan nantinya menarik sarung di depan mereka untuk membuat kerupuk berayun ke arah mereka. Nah, tugas anak-anak adalah memakan kerupuk yang bergoyang-goyang itu dengan cepat, tapi hanya menggunakan mulut tanpa menyentuh kerupuk dengan tangan. Peserta yang bisa makan kerupuk paling cepat bakal jadi pemenangnya.

4. Tangkap Bebek

Lomba 17an tangkap bebek ini adalah permainan tradisional yang selalu ramai dalam perayaan 17 Agustus. Para peserta berlomba adu cepat untuk menangkap bebek dengan kondisi mata tertutup. Kehebohan dan keseruan tercipta saat para peserta berusaha mengelilingi bebek dan berupaya mencapai targetnya. Lomba ini dijamin bakal jadi momen yang menggembirakan dan penuh kebahagiaan bagi semua yang menyaksikannya di acara perayaan 17 Agustus. Kamu mau coba lomba 17 Agustus satu ini?

5. Lomba Tiup Balon

Dalam permainan ini, peserta diminta untuk meniup balon hingga mencapai ukuran dan waktu yang sudah ditentukan. Setelah berhasil meniup balon, peserta harus ikat balon tersebut pakai tali atau simpul secara mandiri. Peserta yang berhasil meniup balon paling banyak dengan ukuran yang sesuai dan terikat dengan baik akan jadi pemenangnya. 

6. Meniru Tokoh Pahlawan

Terakhir ada lomba 17an meniru tokoh pahlawan yang juga sudah pasti seru. Anak-anak bakal dipilih untuk cosplay pahlawan-pahlawan hebat dari Indonesia. Mereka akan berdandan dan berbicara seperti tokoh pahlawan yang mereka pilih, dan menceritakan hal-hal penting dari sejarah sang pahlawan. Pemenang lomba ini adalah peserta yang bisa menampilkan peran pahlawan dengan semangat dan kreativitas yang menggebu-gebu.

Filosofi Lomba dan Perayaan HUT RI

Sebelum Indonesia merdeka, perlombaan sering diselenggarakan untuk menghormati Ratu Belanda dan juga saat kedatangan Jepang ke Indonesia. Setelah merdeka, masyarakat Indonesia merayakan HUT RI dengan berbagai lomba sebagai cara untuk memperingati momen bersejarah dan menimbulkan kegembiraan.

Meskipun nggak diketahui pasti siapa tokoh yang mengenalkan dan mengawali lomba-lomba 17 Agustus, lomba-lomba ini diwarisi dari masa kolonial, terutama zaman Jepang, dan ditambah dengan lomba-lomba baru. Contohnya, lomba panjat pinang yang sudah ada sejak masa kolonial

Filosofi dari lomba 17an sendiri adalah sebagai bentuk penghormatan dan memaknai kemenangan para pejuang yang telah merebut kemerdekaan Indonesia dari Jepang. Lewat ajang perlombaan ini, masyarakat ingin memperkuat persatuan bangsa dan mengenang perjuangan para pejuang dalam meraih kemerdekaan yang terus berlanjut hingga sekarang.

Baca Juga: Bikin Puas! Cek 7 Restoran All You Can Eat Jakarta

Sekarang adalah saatnya kamu siap-siap meriahkan perayaan HUT RI dengan lomba 17an yang unik dan kreatif anak anak di atas. Gunakan GetPlus agar persiapan lomba jadi lebih mudah. Kamu bisa belanja alat dan bahan lomba favoritmu, mulai dari balon, kerupuk, hingga tali untuk estafet air, semuanya ada di eShop GetPlus! Dan jangan lupa, setiap belanja di supermarket Jabodetabek-Surabaya menggunakan GetPlus, kamu bisa tukerin struk belanja jadi poin GetPoint, lho. Kumpulkan GetPoint-mu dan pilih hadiah menarik di GetPlus Rewards. Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi GetPlus sekarang!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !