PENDAHULUAN
Program Loyalti GetPlus (“Program”) adalah program penghargaan loyalitas yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT Global Poin Indonesia. Ketika pengguna Program (“Anda” atau “Pengguna”) bertransaksi dengan Mitra, Merek dan Pemasok serta berpartisipasi dalam Program, Pengguna dapat menerima poin GetPlus (“Poin”), penawaran, dan manfaat lainnya.
Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana PT Global Poin Indonesia, anak perusahaan kami, afiliasi kami, dan perusahaan patungan (“Kami” atau “GetPlus“) mengumpulkan, menggunakan, memproses, mengungkapkan, mentransfer, dan melindungi Informasi Pribadi Anda.
Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa privasi Anda terlindungi. Jika Kami meminta Anda untuk memberikan informasi tertentu yang dapat diidentifikasi saat berpartisipasi dalam Program, maka informasi tersebut akan digunakan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
Dengan berpartisipasi dalam Program dan mengakses situs web dan aplikasi GetPlus, Anda dianggap telah membaca, memahami, dan memberikan persetujuan atas pengumpulan, pemrosesan, pengungkapan, dan penggunaan informasi serta data pribadi Anda.
1. DEFINISI
Untuk tujuan Kebijakan Privasi ini:
2. AKUNTABILITAS
Tata Kelola Data Program dipimpin oleh Chief Data Officer, yang bertanggung jawab atas pembentukan program manajemen privasi dari Program, termasuk kebijakan dan praktik untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan melindungi Informasi Pribadi, dan menanggapi permintaan Informasi Pribadi.
Tata Kelola Data Program bertanggung jawab atas implementasi dan pengelolaan kebijakan, praktik, dan prosedur untuk mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan Informasi Pribadi, termasuk penggunaan dan kontrol data.
Tim Keamanan Informasi Program bertanggung jawab atas penerapan dan pengelolaan teknologi, fisik, dan organisasi yang melindungi Informasi Pribadi.
3. TUJUAN – MENGAPA KAMI MENGUMPULKAN INFORMASI PRIBADI ANDA?
Kami mengumpulkan Informasi Pribadi Anda agar Anda dapat berpartisipasi dalam Program dan mendapatkan manfaat dari semua yang ditawarkan oleh Program, Mitra Kami, Merek Kami, dan Pemasok Kami.
Tujuan Kami mengumpulkan Informasi Pribadi meliputi:
i. Mengelola dan mengoperasikan Program. Misalnya:
ii. Memungkinkan Pengguna untuk berpartisipasi dalam peluang pemasaran dan promosi. Misalnya:
iii. Mengkomunikasikan informasi administratif kepada Pengguna. Misalnya:
iv. Menyampaikan konten pemasaran dan promosi tentang produk, layanan, Reward, dan penawaran kepada Pengguna atas nama GetPlus, Mitra Kami, Merek Kami, dan Pemasok Kami melalui:
v. Menganalisis, mengembangkan wawasan, dan membuat model data dari (i) partisipasi Pengguna dalam Program, (ii) transaksi dengan Mitra, Merek, dan Pemasok, dan/atau (iii) interaksi digital Pengguna dengan Program Kami, Mitra Kami, Merek Kami dan Pemasok Kami. Misalnya:
4. APAKAH KAMI MEMBAGIKAN INFORMASI PRIBADI ANDA?
Kami membagikan Informasi Pribadi Anda dengan Mitra Kami dan Merek Kami untuk tujuan yang diuraikan pada bagian 3 di atas. Misalnya, jika Anda telah memilih untuk menerima email pemasaran dari Program Kami dan Mitra Kami atau Merek Kami, Anda dapat menerima email dari Mitra atau Merek dengan penawaran atau manfaat. Mitra atau Merek memerlukan alamat email Anda untuk mengirimkan email pemasaran kepada Anda. Kami juga menggunakan Pemasok untuk menjalankan fungsi tertentu untuk mengoperasikan Program, sehingga Informasi Pribadi Anda mungkin ditransfer ke Pemasok, misalnya untuk tujuan pemrosesan. Mungkin juga ada alasan hukum agar Informasi Pribadi diungkapkan kepada penegak hukum atau organisasi lain.
5. KEPADA SIAPA KAMI AKAN MEMBAGIKAN DATA PRIBADI ANDA?
Mitra
Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan Mitra Kami, untuk tujuan seperti:
Jenis data pribadi yang Kami bagikan dengan Mitra GetPlus meliputi:
Merek
Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan Merek untuk tujuan berikut:
Jenis data pribadi yang Kami bagikan dengan Merek meliputi:
6. PERSETUJUAN
Kami mendapatkan persetujuan Anda untuk menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk berpartisipasi dalam Program dan untuk tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Selanjutnya, Anda mengakui bahwa Informasi Pribadi yang telah atau akan Anda berikan adalah benar dan akurat.
Dalam beberapa kasus, persetujuan Anda diberikan secara tegas, seperti saat Anda mencentang kotak atau memberikan respons setuju jika Anda berbicara dengan spesialis layanan pelanggan. Dalam kasus lain, persetujuan Anda tersirat, seperti ketika Anda mengunduh aplikasi GetPlus dan mendaftar sebagai Pengguna setelah berbelanja di lokasi ritel Mitra.
Apa yang terjadi jika Anda ingin menarik kembali persetujuan Anda?
Untuk menarik kembali persetujuan Anda atas penggunaan Informasi Pribadi Anda oleh GetPlus untuk tujuan apa pun, Anda dapat mengirim email atau menghubungi pusat layanan pelanggan Kami (cs@getplus.id atau 021-3115-1988) atau chat online melalui WhatsApp (0817-0140-550) dengan spesialis layanan pelanggan. Selama waktu tersebut, Anda juga dapat meminta penghapusan Informasi Pribadi Anda. Jika Anda menarik kembali persetujuan Anda, mungkin terdapat waktu yang singkat antara penarikan persetujuan Anda dan saat perubahan berlaku sebagai akibat dari proses operasional internal.
7. MEMBATASI PENGUMPULAN
Jenis Informasi Pribadi Anda yang dikumpulkan terbatas pada apa yang diperlukan untuk memenuhi tujuan Program yang disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini. Contoh-contoh kasus di mana Kami mengumpulkan Informasi Pribadi dari Anda dan jenis informasi yang Kami kumpulkan meliputi:
8. MEMBATASI PENGGUNAAN, PENGUNGKAPAN & RETENSI
Kami menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Ini termasuk penggunaan Informasi Pribadi Anda yang dikombinasikan dengan informasi lain yang dikumpulkan dari Mitra Kami, Merek Kami, dan Pemasok Kami. Misalnya, dengan memahami barang dan layanan mana yang Anda beli dari Mitra Kami atau Merek Kami, Kami dapat mempersonalisasi penawaran dengan lebih baik untuk barang dan layanan yang mungkin menarik bagi Anda.
Kami tidak menggunakan atau mengungkapkan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan selain dari untuk apa informasi tersebut dikumpulkan, tanpa persetujuan Anda, kecuali sebagaimana ditetapkan di bawah ini atau sebagaimana diwajibkan atau diizinkan oleh undang-undang.
Kami menyimpan Informasi Pribadi Anda hanya selama diperlukan untuk memenuhi tujuan Program atau sebagaimana diwajibkan lain untuk memenuhi persyaratan hukum atau bisnis.
Kami tidak mengungkapkan, menyewakan atau menjual Informasi Pribadi Pengguna kepada organisasi atau individu mana pun kecuali kepada Mitra Kami, Merek Kami, dan Pemasok Kami untuk memenuhi tujuan Program yang ditentukan, atau sebagaimana diatur lain dalam Kebijakan Privasi ini. Kami tidak bertanggung jawab atas pengelolaan Informasi Pribadi oleh Mitra Kami, Merek Kami, dan Pemasok Kami, oleh karena itu Pengguna harus memeriksa secara berkala kebijakan privasi Mitra Kami, Merek Kami, atau Pemasok Kami atau berkonsultasi dengan mereka tentang cara mereka mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan Informasi Pribadi dan informasi transaksional. Informasi tentang transaksi spesifik Pengguna termasuk Informasi Pribadi Pengguna dari satu Mitra tidak diungkapkan kepada Mitra lainnya.
Kami dapat mentransfer Informasi Pribadi apa pun yang Kami miliki tentang Anda sebagai aset sehubungan dengan pengajuan atau penyelesaian merger, akuisisi, atau penjualan (termasuk transfer yang dilakukan sebagai bagian dari proses kepailitan atau insolvensi) yang melibatkan semua atau sebagian GetPlus atau sebagai bagian dari reorganisasi perusahaan atau perubahan lain dalam pengendalian perusahaan.
Kami dan Pemasok Kami berbasis di Indonesia. Dari waktu ke waktu, mungkin ada keadaan terbatas atau pengecualian di mana Informasi Pribadi Anda dapat diproses atau disimpan di tempat lain. Misalnya, Pemasok mungkin memiliki fungsi dukungan yang dioperasikan di negara lain, atau Pemasok dapat memindahkan fungsi dukungannya ke negara lain. Pengamanan dan langkah-langkah teknis berlaku dalam keadaan ini.
9. AKURASI
Kami menyimpan Informasi Pribadi Anda secara akurat, lengkap, dan mutakhir sebagaimana diperlukan untuk tujuan penggunaannya. Anda sebagai Pengguna bertanggung jawab untuk memberitahu GetPlus tentang perubahan pada Informasi Pribadi Anda, sebagaimana sesuai. Mitra dan Merek bertanggung jawab untuk memberitahu GetPlus tentang perubahan penggunaan Informasi Pribadi.
Riwayat transaksi Anda selama dua belas (12) bulan terakhir tersedia di profil online akun Pengguna Anda. Ini memperlihatkan semua Poin dan keuntungan yang dikumpulkan dan digunakan selama periode ini. Jika Anda khawatir bahwa Poin atau manfaat mungkin tidak diposting di akun online Anda secara akurat, silakan hubungi pusat layanan pelanggan Kami (cs@getplus.id atau 021-3115-1988).
Jika Anda ingin melakukan perubahan terhadap data pribadi Anda, seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan kota domisili Anda, Anda dapat melakukan perubahan dengan (i) membuka menu “My GetPlus ” di aplikasi GetPlus, (ii) membuka pengaturan akun, (iii) mengklik edit profil dan (iv) mengklik tombol ubah/edit informasi untuk melakukan perubahan. Khusus untuk perubahan alamat email Anda, Anda harus menghubungi layanan pelanggan Kami di cs@getplus.id dan perubahan tersebut akan dilakukan dalam waktu 3×24 jam sejak permintaan diajukan.
Anda dapat mempertanyakan keakuratan dan kelengkapan Informasi Pribadi Anda dan Kami akan mengubahnya, sebagaimana sesuai. Ini dapat melibatkan koreksi, penghapusan, atau penambahan informasi. Jika tidak diselesaikan sesuai dengan kepuasan Anda, Kami akan memastikan bahwa notasi dalam profil Pengguna Anda mencerminkan hal yang belum terselesaikan tersebut.
10. PENGAMANAN
Kami telah melaksanakan langkah-langkah administratif, teknis, dan fisik yang wajar dalam upaya melindungi Informasi Pribadi Pengguna dalam penjagaan dan pengontrolannya terhadap pencurian, kehilangan, akses, penggunaan, modifikasi, dan pengungkapan tanpa wewenang. Kami membatasi akses ke Informasi Pribadi berdasarkan kebutuhan untuk mengetahui kepada karyawan dan Pemasok resmi/yang berwenang yang memerlukan akses untuk memenuhi persyaratan pekerjaan mereka terkait dengan Program. Karyawan dilatih untuk memahami dan menerapkan kebijakan dan prosedur Kami untuk menjaga privasi dan kerahasiaan Informasi Pribadi Anda.
Ketika Kami menggunakan Pemasok untuk memproses Informasi Pribadi Anda atas nama Kami, Kami mewajibkan Pemasok untuk menerapkan dan mengadakan pengamanan untuk melindungi Informasi Pribadi Anda melalui persyaratan kontrak. Harap dicatat bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas pengelolaan Informasi Pribadi oleh Mitra Kami, Merek Kami, dan Pemasok Kami, oleh karena itu Pengguna harus memeriksa secara berkala kebijakan privasi Mitra Kami, Merek Kami, atau Pemasok Kami atau berkonsultasi dengan mereka tentang cara mereka mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan Informasi Pribadi dan informasi transaksional.
11. TAUTAN KE SITUS WEB LAIN
Anda menyadari bahwa ketika situs web atau aplikasi GetPlus digunakan, mungkin berisi tautan ke situs web lain. Anda harus mencatat bahwa Kami tidak memiliki kendali atas situs web lain tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas kebijakan atau praktik privasi dari situs web lain tersebut dan menyarankan Anda untuk membaca kebijakan privasi dari setiap situs web yang Anda kunjungi yang mengumpulkan Informasi Pribadi Anda.
12. KETERBUKAAN
Kebijakan privasi Kami yang berkaitan dengan pengelolaan Informasi Pribadi tersedia untuk Pengguna melalui situs web Kami (www.mygetplus.id), pada aplikasi GetPlus, dan melalui pusat layanan pelanggan Kami. Untuk pertanyaan khusus tentang praktik privasi Program, silakan hubungi Privacy Office.
Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi Kami dari waktu ke waktu. Perubahan kebijakan akan berlaku jika diposting secara online. Jika perubahan signifikan dilakukan, Kami akan memberitahukan Pengguna melalui pemberitahuan pada situs web Kami, email, banner pada aplikasi GetPlus, atau kombinasi dari metode ini. Jika Anda tidak setuju dengan perubahan apa pun, Anda harus berhenti berpartisipasi dalam Program.
13. MENGAKSES INFORMASI PRIBADI ANDA
Pengguna dapat meminta salinan Informasi Pribadi mereka yang dipegang oleh Kami dengan membuat permintaan tertulis ke pusat layanan pelanggan Kami (cs@getplus.id) atau chat online melalui WhatsApp (0817-0140-550) dengan spesialis layanan pelanggan.
Kami akan selalu meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda sebelum Kami menanggapi permintaan Informasi Pribadi.
Kami memproses sebagian besar permintaan Informasi Pribadi dalam waktu tiga puluh (30) hari kerja. Dalam kasus di mana pertanyaan tambahan harus diajukan oleh Privacy Office ke organisasi lain; catatan mengharuskan konversi ke format yang diminta secara khusus; atau permintaan secara tak wajar mengganggu kegiatan Program, pemenuhan atas permintaan tersebut dapat memakan waktu lebih lama dari tiga puluh (30) hari kerja. Kami akan memberitahu Anda jika permintaan Anda membutuhkan waktu lebih dari tiga puluh (30) hari kerja untuk diproses.
Memperoleh Informasi Pribadi Anda dari Program biasanya gratis. Namun, biaya yang wajar yang ditanggung oleh Kami dapat ditagihkan, jika Anda mengajukan permintaan kompleks yang memerlukan sumber daya tambahan untuk diproses. Kami akan selalu memberitahu Anda tentang segala biaya terkait sebelum memproses permintaan Anda untuk memperoleh persetujuan tertulis dari Anda untuk melanjutkan pemrosesan permintaan tersebut.
14. PERTANYAAN DAN MASALAH
Pertanyaan tentang Kebijakan Privasi dan Program harus ditujukan kepada Chief Privacy Officer, dengan mengirimkan email ke Privacy Office. Privacy Office akan menyelidiki dan menanggapi pertanyaan tentang Kebijakan Privasi dan praktik yang berkaitan dengan Informasi Pribadi Anda secara tepat waktu.
Harap dicatat, Privacy Office tidak memproses pertanyaan manajemen akun, termasuk permintaan terkait penukaran, pemesanan perjalanan, atau saldo akun. Untuk bantuan penukaran Reward atau pertanyaan manajemen akun, silakan berkonsultasi dengan spesialis layanan pelanggan Kami yang tersedia 24/7 melalui email (cs@getplus.id) atau melalui telepon (021-3115-1988) atau chat online melalui WhatsApp (0817-0140-550).