apa-yang-dimaksud-dengan-sustainability-getplus-aplikasi-reward-cashback

Apa yang Dimaksud dengan Sustainability? Ini Cara Menerapkannya!

Feb 12, 2024

Belakangan ini, terasa banget suhu udara di sekitar kita semakin panas, kan, GoGetters? Ini merupakan indikasi nyata dari perubahan iklim global, lho. Itu sebabnya kita perlu semakin sadar dan peduli sama dampak perubahan iklim dan mengambil langkah-langkah konkret buat menerapkan sustainable living (gaya hidup berkelanjutan). Lantas, apa yang dimaksud dengan sustainability dan bagaimana cara menerapkannya? Simak di artikel ini, yuk, informasinya!

Apa yang Dimaksud dengan Sustainability?

Sustainability (keberlanjutan) adalah konsep yang berkaitan dengan perlindungan planet, upaya menghentikan perubahan iklim, dan pembangunan sosial tanpa mengancam kehidupan di Bumi, GoGetters. Tujuan konsep ini sederhana, yaitu untuk memenuhi kebutuhan kita saat ini tanpa mengorbankan sumber daya untuk generasi masa depan.

Saat ini, gaya hidup kita masih belum berkelanjutan, terutama karena kita mengonsumsi sumber daya alam lebih banyak daripada yang seharusnya. Karenanya, penting banget untuk mengetahui cara menjaga sustainability lingkungan agar gaya hidup kita lebih berkelanjutan.

Cara Menjaga Sustainability Lingkungan

Seiring dengan meningkatnya kekhawatiran tentang perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi di seluruh dunia, penting banget untuk mengetahui cara menjaga sustainability lingkungan, nih. Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan, GoGetters:

1. Kurangi volume sampah

Mengurangi volume sampah bisa kamu mulai dengan menghindari penggunaan produk sekali pakai, seperti kantong plastik, botol air, atau kemasan berlebih. Prioritaskan barang-barang yang bisa daur ulang atau punya masa pakai yang lebih lama. Coba lakukan perubahan-perubahan kecil seperti mendaur ulang di rumah, atau memisahkan sampah organik dan anorganik.

2. Hemat listrik dan air

matikan-listrik-cara-menghemat-listrik-token-getplus-aplikasi-cashback-reward

Hemat listrik dan air berdampak signifikan pada keberlanjutan lingkungan karena membantu mengurangi jejak karbon. Biasakan untuk matikan peralatan elektronik saat nggak kamu gunakan dan pilih peralatan yang punya tingkat efisiensi energi tinggi, GoGetters. Untuk hemat air, coba gunakan peralatan hemat air dan kurangi pemakaian air saat nggak perlu.

3. Menanam pohon

suasana-rindang-tanaman-desain-interior-rumah-minimalis-bahaya-polusi-udara-jakarta.

Menanam pohon merupakan langkah efektif dalam meningkatkan kualitas udara, mengurangi suhu lingkungan, dan menjaga keseimbangan ekosistem. Coba, deh, tanam pohon di sekitar lingkungan tempat tinggalmu yang sesuai dengan iklim, kondisi tanah, serta luas area penanaman. Kalau area penanaman cukup luas, kamu bisa tanam pohon yang tumbuh kokoh dan punya potensi untuk menjadi besar, seperti jati atau mangga. Kedua jenis tanaman ini cocok untuk daerah tropis dengan paparan sinar matahari yang memadai, GoGetters.

Contoh Sustainable Living

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan sustainability, kini saatnya kamu mempraktikannya. Kalau masih belum tahu mau mulai dari mana, coba simak contoh sustainable living berikut ini:

1. Beralih ke sumber energi yang bersih

air-terjun-sekumpul-rekomendasi-wisata-alam-bali

Contoh sumber energi bersih yang bisa kamu terapkan sehari-hari adalah tenaga surya, seperti panel surya di atap rumah yang mengubah sinar matahari menjadi listrik untuk kebutuhan rumah tangga. Dengan memanfaatkan energi yang bersih dan bisa terbaharui, kita bisa mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

2. Mengonsumsi makanan organik

menu-makanan-sehat-salad-buahtips-menjaga-berat-badan

Memilih makanan organik dengan metode tanam tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia tambahan juga termasuk langkah menuju gaya hidup berkelanjutan, GoGetters. Praktik ini mendukung pertanian yang lebih ramah lingkungan dan mendukung kesehatan tanah.

3. Menggunakan barang reusable

botol-minum-tips-hemat-ala-anak-kos

Kamu juga bisa menggunakan barang reusable seperti botol minum, tas belanja kain, atau alat makan dari bahan tahan lama untuk menjalani sustainable lingkungan. Ini membantu mengurangi limbah plastik dan mengedepankan penggunaan barang yang bisa kamu igunakan berkali-kali.


Promo Untukmu


Nggak perlu bingung di mana cari barang reusable karena ada Cetana, Bandung yang menjual banyak barang ramah lingkungan dan merupakan merchant partner GetPlus.

Setelah belanja, kamu bisa foto struknya buat dapatkan poin reward dari GetPlus yang bisa kamu tukar sama reward favorit, seperti  voucher buat makan di restoran, baju baru, atau lain-lain. Jadi, sekarang kamu sudah paham, kan, apa yang dimaksud dengan sustainability dan gimana cara menerapkannya, GoGetters?

Sekecil apa pun perubahan atau kebiasaan yang kamu lakukan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, dampaknya bakal terasa di jangka panjang. Yuk, mulai gaya hidup ramah lingkungan sekarang! Download aplikasi GetPlus untuk dapatkan poin rewards dan tips-tips bermanfaat lainnya di KataGita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !