cara-memberikan-persembahan-akhir-tahun-getplus

Oh Ini, 4 Cara Memberikan Persembahan atau Donasi di Akhir Tahun

Des 12, 2022

Saat menjelang akhir tahun, apa yang biasa kamu lakuin, Teman Gita? Mungkin kamu bakal coba buat ngelakuin evaluasi diri, apa aja yang udah dilakuin sepanjang tahun ini, serta ngerencanain apa yang akan dilakuin di tahun depan. Tetapi, salah satu hal yang nggak boleh luput dilakuin adalah bagi-bagi persembahan atau donasi. 

Dibandingkan dengan menggelar pesta akhir tahun yang mungkin kurang bermanfaat, Teman Gita bisa kasih sejumlah donasi sebagai ungkapan rasa syukur karena udah diberi kesehatan dan rejeki yang melimpah hingga di penghujung tahun. 

Baca Juga: Bisa Ditiru, Inilah 7 Tips Belanja Hemat Mingguan Untukmu!

Berbagai Cara untuk Memberikan Persembahan

Ketika ingin memberikan donasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

1. Memilih Lembaga yang Menyalurkan Donasi

Kalau kamu ingin menyalurkan donasi atau persembahan dengan praktis, Teman Gita bisa menyalurkannya di lembaga penyalur donasi. Tapi, pastiin dulu kalau lembaga tersebut adalah lembaga yang terpecaya. 

Sekarang ini banyak platform yang udah nyediain fitur donasi online, tapi kamu harus tetap hati-hati dan memilih platform terpecaya. Kamu bisa memilih platform yang popular dan sering kamu denger namanya. 

Jangan lupa, pastiin kamu juga cek seperti apa rekam jejak yang dari platform tersebut. Kamu bisa cari di Google serta lihat juga rating penggunanya. Nggak ada salahnya, kamu juga mengecek masalah legalitas. Setiap platform pada dasarnya harus terdaftar atau legal secara hukum, ya kan? Adanya legalitas ini bisa ngebantu kamu sebagai donatur buat mastiin kalau platform tersebut bisa dipercaya. Bila terdapat masalah yang berkaitan dengan platform, kamu bisa menuntutnya.

Sebisa mungkin, pilih donasi yang punya latar belakang yang jelas. Jangan sampai identitas yang mereka pakai palsu dan nggak bisa dipertanggungjawabkan kedepannya. 

2. Menggalang Bersama dengan Keluarga

Setelah pilih lembaga yang dipake buat menyalurkan donasi atau persembahan, kamu bisa menggalang donasi bersama dengan sahabat dan keluarga. Dengan kekuatan media sosial, kamu bisa memberikan informasi penggalangan dana yang sedang kamu adakan. 

Jangan lupa, beri informasi yang mendetail ya seperti buat siapa nantinya donasi itu, kemudian jangan lupa buat kasih update donasi secara berkala. Seperti jumlah donasi yang sudah terkumpul dan lainnya. 

3. Salurkan Donasi Melalui Komunitas

Kamu juga bisa nyalurin donasi dari komunitas. Sekarang ini banyak komunitas non profit yang punya target donasi yang jelas, kalau bingung donasi yang kamu kumpulkan akan diberikan ke lembaga yang mana, kamu bisa menyalurkannya melalui komunitas. 

Ketika Teman Gita ingin memberikan donasi melalui komunitas, kamu juga harus berhati-hati. Hindari memilih komunitas yang sering mengirim spam. Donasi punya sifat sukarela, jadi pemberinya bakal kirim donasi saat punya rejeki. 

Tetapi, kalau Teman Gita menemukan komunitas yang sering memberi spam dan mengajak atau memaksa memberikan donasi. Lebih baik Teman Gita menghindarinya dan memilih komunitas lain untuk pemberian donasi. 

4. Melakukan Donasi Secara Online

Kalau kamu pengen donasi yang anti ribet, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah memberikan donasi secara online. Sekarang ini cukup banyak donasi yang digelar secara online sehingga kamu bisa memberikannya dengan praktis. 

Saat Teman Gita ingin memberikan donasi secara online, pastikan donasi tersebut harus mempunyai akses yang jelas untuk penggunanya. Hal ini erat kaitannya dengan keamanan. 

Sebisa mungkin, hindari ya pake platform donasi yang bikin kamu ngelakuin sejumlah hal mencurigakan. Kalau nggak jeli, niat hati ingin membantu orang lain, tetapi kamu malah kehilangan uang serta data pribadi. 

Kirim Donasi Secara Online? Kenapa Nggak? 

Dengan kemajuan teknologi, sekarang ini donasi bisa diberikan secara online. Bahkan, donasi yang diberikan secara online ini bisa lebih praktis. Salah satunya adalah pake poin dan menukarnya sebagai donasi. 

Kamu bisa menukar poin yang diperoleh dari belanja kebutuhan sehari-hari, kemudian menukar poin tersebut untuk donasi. Bingung cara melakukannya? Tenang, Teman Gita bisa memilih GetPlus sebagai opsinya. 

Untuk memberikan donasi secara online, berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Terlebih dahulu, download aplikasi GetPlus di handphonemu
  • Kalau sudah berhasil mendownload, buka aplikasi GetPlus
  • Pilih menu donation yang berada di dalam aplikasi
  • Pilih kampanye mana yang ingin kamu beri donasi
  • Kemudian, pilih donasi sekarang
  • Kamu bisa mengisi jumlah uang yang ingin kamu donasikan sesuai dengan keinginan
  • Lakukan konfirmasi untuk melanjutkan proses donasi. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aplikasi GetPlus berbeda dengan aplikasi lain. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melakukan donasi dengan menggunakan poin ketika GetPlus digunakan.

Baca Juga: Pakai Fitur eShop, Inilah Cara Belanja Online Hemat!

Siapa yang menyangka kalau poin yang kita peroleh dari belanja sehari-hari dapat menajdi hal yang berguna dan sosial. Sebenarnya, selain menukarkan poin untuk persembahan atau donasi, Teman Gita juga bisa menukarkan poin tersebut dengan reward atau voucher. Reward ini nantinya bisa kamu gunakan untuk berbelanja di berbagai merchant. Menguntungkan bukan? Tunggu apalagi, yuk install GetPlus sekarang juga!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !