getplus-aplikasi-cashback-reward-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Oh, Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Efektif

Sep 18, 2023

Salah satu tantangan utama yang sering dihadapi oleh pasutri yang baru atau sudah lama menikah adalah pembagian budget rumah tangga. Padahal, masalah keuangan bisa menjadi sumber konflik yang serius dan mengganggu keharmonisan keluarga. Nah, untuk mengatasinya, mari kita simak cara mengatur keuangan rumah tangga yang efektif di bawah ini!

Inilah 3 Penyebab Masalah Uang

Memangnya, apa saja penyebab masalah yang mengganggu cara mengatur keuangan rumah tangga? Ini jawabannya:

1. Nggak ada budget bersama

Cara-menabung-untuk-beli-rumah-jangka-waktu-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Banyak pasangan nggak membuat anggaran bersama, sehingga pengeluaran dan pemasukan uang sulit terkontrol. Padahal, kesalahan ini dapat membuat suami istri cekcok soal tujuan penggunaan uang bersama yang ideal.

Baca Juga: 3 Resolusi Keuangan Supaya Kondisi Finansialmu Aman Sampai Akhir Tahun

2. Perbedaan gaya hidup

hangout-mall-aktivitas-seru-bersama-teman-kantor-tgif-getplus-tips-hemat-ala-anak-kos-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Setiap individu punya kebiasaan dan gaya hidup yang berbeda-beda. Salah satu pasangan mungkin suka berbelanja secara impulsif, sementara yang lain lebih cenderung berinvestasi untuk masa depan. Hal sepele seperti ini bisa menjadi sumber konflik jika gagal diatasi dengan baik.

3. Kesenjangan pendapatan

act-of-service-tes-love-language-keluargacara-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Kalau salah satu pasangan memiliki pendapatan yang jauh lebih tinggi daripada yang lain, pihak dengan pendapatan lebih rendah mungkin merasa terbebani saat harus menyumbang jumlah yang sama dengan pasangannya untuk keuangan rumah tangga.

Manfaat Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan rumah tangga punya banyak manfaat, lho! Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Meminimalkan konflik rumah tangga

Mengatur keuangan dengan baik dapat membantu meminimalkan konflik dan ketegangan antar pasangan. Dengan memiliki anggaran bersama dan komunikasi yang baik mengenai uang, pasangan dapat menghindari pertengkaran yang nggak perlu.

2. Mencapai financial goals masa depan

Salah satu manfaat utama mengatur keuangan keluarga adalah kemampuan untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang bersama-sama, misalnya beli rumah, menyekolahkan anak sampai sarjana, atau siap-siap pensiun bersama.

3. Menghindari utang di luar kendali

Mengatur keuangan keluarga juga membantu mencegah terjebak dalam utang yang sulit dikendalikan. Dengan memiliki anggaran yang jelas dan mengendalikan pengeluaran, kamu dan pasangan akan berpikir dua kali sebelum meminjam uang di luar kemampuan.

4. Tetap nyaman di situasi darurat

Situasi darurat seperti PHK, masalah kesehatan, dan lainnya selalu datang tiba-tiba. Supaya kamu selalu siap siaga, kamu perlu mengisi tabungan dana darurat. Salah satunya, dengan mengatur keuangan secara bijak.


Promo Untukmu

BLOG-VISUAL-TREASURY-getplus

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Sudah tahu pentingnya perencanaan keuangan untuk keluarga? Yuk, coba cara mengatur keuangan rumah tangga di sini!

1. Hitung total pemasukan tiap bulan

Langkah pertama dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah menghitung total pemasukan tiap bulan dari semua sumber. Pendapatan yang dimaksud sudah termasuk gaji, pendapatan sampingan, dan investasi.

2. Prioritaskan kebutuhan dulu

Setelah mengetahui total pemasukan, langkah berikutnya adalah mengidentifikasi dan memprioritaskan kebutuhan dasar, seperti makanan, tempat tinggal, transportasi, dan tagihan utama.

3. Bagi pos pengeluaran

Metode 50:30:20 adalah salah satu cara mengatur keuangan keluarga yang efektif. Di sini, kamu akan mengalokasikan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan dasar, 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% untuk tabungan dan pembayaran utang. Sebagai contoh, ini dia cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta pakai metode 50:30:20: 

  • Kebutuhan dasar = Rp1,5 juta/bulan;
  • Keinginan = Rp900 ribu/bulan;
  • Tabungan dan utang = Rp600 ribu/bulan.

Selain itu, berikut adalah contoh cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta menggunakan metode yang sama:

  • Kebutuhan dasar = Rp1 juta/bulan;
  • Keinginan = Rp600 ribu/bulan;
  • Tabungan dan utang = Rp400 ribu/bulan.

Promo Terkini


4. Kendalikan rasio utang

Sebisa mungkin, jangan biarkan perbandingan antara total utang dan total pemasukan melebihi 30% biar nggak terlalu membebani. Misalnya, untuk cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta, utang maksimalnya adalah Rp300 ribu.

5. Buka rekening untuk tabungan darurat dan investasi

Selain mengelola pengeluaran sehari-hari, penting untuk membuka rekening tabungan darurat yang berisi dana yang dapat diakses dalam situasi darurat. Lalu, jangan lupa tumbuhkan kekayaanmu dengan investasi yang stabil, contohnya reksa dana dan obligasi negara.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Mengelola Keuangan Demi Masa Pensiun yang Damai

Selain menerapkan kelima cara mengatur keuangan rumah tangga di atas, kamu juga bisa berhemat saat membeli barang kebutuhan dengan mengandalkan promosi. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi GetPlus, yang dapat membantu kamu berhemat lebih banyak. Upload foto struk belanja kamu untuk dapatkan aneka voucher diskon hemat! Atau, gunakan fitur eShop dari GetPlus saat belanja online biar hemat ongkir dan harga barang. Praktis, kan? Yuk, atur keuangan rumah tangga bersama GetPlus, download aplikasinya sekarang, dan dapatkan inspirasi lainnya dari KataGita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !