Bisa Liburan, Cek 4 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Jun 03, 2024

Ekonomi adalah salah satu kunci untuk wujudin keluarga yang harmonis. Makanya, nggak heran kalau skill mengelola keuangan rumah tangga itu penting banget. Selain bisa berikan rasa aman karena semua kebutuhan terpenuhi, pengelolaan yang baik juga memastikan keluarga tersebut bisa capai impian yang dicita-citakan. Apakah kamu juga pengin tahu gimana cara mengelola keuangan rumah tangga dan tempat menabung terbaik? Simak terus artikel ini, ya!

Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga dengan Tepat

Para pasutri muda, mengelola keuangan rumah tangga mungkin jadi hal baru buatmu. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa dapat cara mengelola keuangan rumah tangga dengan tepat di bawah ini!

1. Pertama, Hitung total income dari kamu dan pasangan

act-of-service-tes-love-language-keluargacara-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Kalau dulu kamu hanya me-manage income sendiri, yuk coba libatin income pasangan. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah hitung total income dari kamu dan pasangan dalam jangka waktu satu bulan. Lalu, kamu bisa bagi dalam hitungan weekly. Jadi, semacam ada batas outcome per minggu supaya arus kas nggak off-side.

2. Kedua, Buat anggaran outcome yang detail

budget-plan-tips-frugal-living-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan-tips-hemat-ala-anak-kos-cara mengatur keuangan pribadi

Setelah tahu total income setiap bulan, sekarang saatnya membuat budget outcome rutin yang detail. Catat kebutuhan atau needs, seperti makan, bayar tagihan, entertainment budget, tabungan, sampai uang darurat yang mampu kamu sisihin setiap bulan. Pastikan bahwa outcome nggak lebih besar dari income, ya!

3. Ketiga, Gunakan metode 50 / 30 / 20

Cara-menabung-untuk-beli-rumah-jangka-waktu-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-cara mengatur keuangan pribadi

Metode yang sering dipakai untuk kelola keuangan rumah tangga adalah 50 / 30 / 20. Artinya, sisihin 50% dari income untuk cukupi kebutuhan primer. Lalu, 30%-nya adalah untuk keinginan. Terakhir, kamu bisa sisihin 20% dari total income untuk tabungan. 

Misalnya, kalau gajimu Rp5 juta, gunakan Rp2,5 juta aja untuk cukupi semua kebutuhan pokok, include makan, tempat tinggal, tagihan, dan lainnya. Lalu, Rp1,5 juta untuk hiburan dan dana liburan. Sisanya, Rp1 juta untuk dana masa tua, dana darurat, dan lainnya.

4. Keempat, Jangan lupakan daftar prioritas

checklist-tabel-menabung-harian

Cara mengelola keuangan rumah tangga yang terakhir adalah dengan membuat daftar prioritas. Kalau kamu masih struggle untuk cukupi kebutuhan primer, jangan biarkan kebutuhan sekunder dan tersier ambil sebagian besar dari total income kamu dan pasangan. Catat rencana finance dan bagi jadi dua, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier.

Tips Menabung untuk Liburan

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu masih bingung gimana tips nabung untuk liburan? Temukan jawaban lengkap berikut ini, yuk!

1. Pertama, Tentukan tujuan dan budget liburan

Hal pertama yang mesti kamu tahu adalah tujuan dan budget liburan. Total income dan persentase untuk dana liburan akan pengaruhi ke mana kamu pergi. Usahakan kamu selalu sesuai diri saat memilih tempat liburan agar nggak terlalu memaksa kondisi finansial yang mungkin belum siap.


Promo Untukmu


2. Kedua, Pilih tempat nabung terbaik

Tempat save uang jadi faktor berikutnya yang nggak kalah penting kalau kamu lagi nabung buat liburan. Sekarang ini banyak, kok, bank digital yang tawarin bebas biaya administrasi dan transfer yang akan hemat outcome selagi menabung. Semoga kamu temukan tempat nabung terbaik untuk capai tempat liburan impian, ya!

3. Ketiga, Tumbuhkan aset dengan invest

Bukan cuma nabung biasa, kamu juga bisa siapkan dana liburan dengan tumbuhkan kekayaan pakai invest. Mulailah invest bersama GetPlus yang bisa manfaatin poin di aplikasi GetPlus untuk beli produk invest di DBS, LakuEmas, MiL.k, Qoala, Treasury, Una, UOB TMRW. Cek dan redeem voucher invest di menu Rewards, ya!

4. Keempat, Manfaatkan rewards dari poin loyalty

Buat dukung liburan bareng family, kartu kredit BCA punya program convert rewards ke GetPlus. Kamu jadi bisa tukar poin Reward BCA ke poin GetPlus dengan nominal yang sama persis, misal 10.000 poin BCA sama dengan 10.000 poin GetPlus. Tapi, jumlah itu juga bisa berubah sesuai promo yang sedang jalan. 



Untuk syarat dan ketentuan, kartu kredit harus bercap BCA CARD, VISA, Mastercard, atau JCB. Lalu, pastiin kamu nggak pakai kartu kredit di saat yang bersama supaya transaksi berhasil.
Gimana, mudah kan cara mengelola keuangan rumah tangga? Maksimalkan tabungan dengan manfaatin Rewards dari BCA untuk redeem voucher invest atau transaksi di merchant finansial GetPlus seperti DBS, LakuEmas, MiL.k, Qoala, Treasury, Una, UOB TMRW lewat apps GetPlus. Liburan bareng family jadi makin #UntungPakeGetPlus! Dapatkan juga insight menarik lainnya seputar gaya hidup di blog Kata Gita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !