food-preparation-belanja-segari

Food Preparation Seminggu Lebih Sat Set dengan eShop Segari

Jan 02, 2023

Teman Gita suka belanja bahan segar, tapi sering enggak habis karena belum sempat masak? Kamu bisa siasati hal itu dengan food preparation seminggu agar sayur dan buah yang kamu beli enggak mubazir. Memangnya, apa itu food preparation seminggu?

Kalau kamu belum pernah dengar, food preparation seminggu adalah salah satu metode mempersiapkan bahan segar menjadi siap masak. Selain menghemat waktu saat akan memasak, food preparation juga bisa memperpanjang umur bahan segar, lho!

Baca Juga: Belanja di Grand Indonesia & Foto Struknya dapet Voucher Belanja Lagi

Namun, kamu tetap enggak bisa sembarangan saat akan melakukan food preparation seminggu, nih. Teman Gita perlu cari tahu beberapa tips food preparation dan lokasi belanja bahan segar yang terjamin kualitasnya seperti di Segari.

Tips Melakukan Food Preparation Seminggu

Nah, kami sudah siapkan beberapa tips melakukan food preparation untuk Teman Gita. Simak sampai akhir ya biar bahan makananmu enggak terbuang sia-sia!

1. Rencanakan menu seminggu ke depan

rencana-menu-food-preparation-getplus

Tips pertama adalah dengan merencanakan menu masakan selama satu minggu ke depan. Sehingga, kamu bisa memutuskan akan membeli bahan segar apa saja. Metode ini tentunya bakal mencegah Teman Gita untuk membuang beberapa bahan yang sudah terbeli. Sayang, kan, kalau mubazir?

2. Ketahui cara menyimpan bahan makanan di kulkas

cara-menyimpan-food-preparation-getplus

Ketahui juga bahwa cara penyimpanan juga bakal memengaruhi umur simpan bahan makanan. Selain itu, setiap jenis bahan juga punya umur simpan yang berbeda-beda meskipun sama-sama kamu masukkan ke dalam kulkas. Jadi, kamu harus tahu umur dan cara menyimpan sayur, buah, daging ayam, sapi, ikan, maupun lainnya.

Nah, biar enggak bingung, Teman Gita bisa lihat perkiraan di bawah ini:

  • Sayur yang sudah dipotong-potong: 1 minggu dalam wadah tertutup;
  • Buah yang sudah dipotong-potong: 1 minggu dalam wadah tertutup;
  • Tumisan berbagai jenis daging: 3-4 hari dalam wadah tertutup;
  • Telur rebus: 1 minggu dalam wadah tertutup;
  • Kacang-kacangan yang sudah masak: 1 minggu.

3. Siapkan beberapa wadah untuk memisahkan bahan makanan

wadah-food-preparation-getplus

Tips berikutnya buat Teman Gita yang ingin melakukan food preparation adalah menyiapkan beberapa wadah untuk memisahkan berbagai bahan segar. Kamu bisa pakai thinwall atau kotak penyimpanan berwarna bening yang biasa dipakai untuk menyimpan bahan makanan, mulai dari bahan mentah hingga yang instan. Untuk mendapatkan umur simpan yang maksimal, kamu bisa pilih wadah kedap udara agar bahan-bahan itu enggak terkontaminasi bakteri meski sudah berada di dalam kulkas.

Lalu, pastikan juga kamu sudah menyiapkan bahan masak untuk menu esok hari. Teman Gita bisa mulai potong-potong sayur dan buah atau memarinasi daging-dagingan yang bakal dipakai. Selain bisa menghemat waktu, marinasi daging yang didiamkan semalaman juga bakal membuat bumbunya lebih menyerap, lho! Rasanya pasti jauh lebih nikmat, deh. Kamu pun bisa siapkan bumbu-bumbu masak dengan cara dibekukan atau disimpan dalam kulkas biasa.

4. Beri label pada bahan makanan

label-makanan-food-preparation-getplus

Nah, karena bahan segar yang kamu siapkan adalah untuk satu minggu ke depan, mungkin kamu lupa waktu konsumsi terbaik dari setiap bahan makanan tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang enggak kamu inginkan, Teman Gita bisa berikan label pada setiap bahan makanan supaya selalu terkontrol.

Misalnya, kamu bisa beri keterangan, “Telur rebus 31/01/23” yang berarti telur tersebut direbus pada 31 Januari 2023. Sehingga, kamu tahu bahwa telur tersebut bakal aman untuk konsmsi sampai tanggal 6-7 Februari 2023.

Butuh Beli Bahan buat Food Preparation? Di Segari Aja!

Sayangnya, tahu tips-tips melakukan food preparation aja belum cukup, Teman Gita. Kamu juga harus tahu di mana tempat membeli bahan segar berkualitas buat food preparation. Nah, kamu bisa beli di Segari aja supaya lebih sat set sat set! Segari bisa melayani pesananmu secara online, lho! Jadi, kamu enggak perlu keluar rumah dan cukup tunggu paket bahan segar datang di depan pintu rumahmu.

Segari juga sudah terdaftar sebagai marketplace di aplikasi GetPlus sehingga kamu bisa belanja dengan lebih untung. Pakai aja fitur eShop di aplikasi GetPlus dan dapatkan berbagai voucher diskon gratis maupun produk gratis setelah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Caranya mudah, kamu bisa baca step by step selengkapnya di sini.

Baca Juga: Dapatkan Voucher Karaoke di Inul Vizta dari GetPlus!

Food preparation ternyata enggak cuma bisa menghemat waktu memasak, tapi juga dapat memperpanjang umur simpan dari bahan segar. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi kebiasaan buang-buang bahan makanan, deh.
Kamu bisa ikuti tips melakukan food preparation di atas dan dapatkan bahan-bahan berkualitas cuma di Segari! Jangan lupa juga buat pakai aplikasi GetPlus biar kamu bisa makin untung. Download GetPlus sekarang juga, yuk!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !