gerakan-olahraga-mengecilkan-perut-buncit-dalam-1-minggu-getplus-aplikasi-cashback-reward

15 Gerakan Mengecilkan Perut, Buncit Hempas dalam 1 Minggu

Okt 09, 2023

Kamu punya perut buncit? Lakuin gerakan mengecilkan perut berikut ini agar buncit hempas dalam 1 minggu. Sebelum membahas lebih rinci mari pelajari beragam faktor yang membuat perut buncit.

Ada beberapa faktor yang membuat perut jadi buncit, antara lain pola makan buruk dan kurangnya olahraga. Nah, kalau kamu ingin terhindar dari hal itu, cobalah untuk melakukan gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu dan ikuti pola hidup sehat. Seperti apa contoh gerakan yang bisa mengecilkan perut buncit berikut pola hidup yang baik? Simak tipsnya berikut bersama-sama, yuk, GoGetters!

Daftar Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu

Nggak perlu susah-susah mencari gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu, kamu cukup lakukan empat contoh berikut dengan pengulangan tersendiri pada tiap bagian.

1. Burpees

Burpees merupakan salah satu contoh gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu. Panduan gerakannya sendiri bisa kamu lihat pada gambar artikel ini. Dengan begitu, artinya burpees adalah gerakan yang memadukan plank, squat, serta lompatan sekaligus.

Baca Juga: Coba Olahraga Para Seleb Ini Biar Tetap Fit Kala Pandemi, Yuk!

2. Flutter kick

Berikutnya, ada flutter kick yang bisa kamu lakukan dengan tidur telentang di lantai. Untuk memulainya, coba angkat kedua kaki menjauh dari atas lantai. Lakukan gerakan menendang ke atas pada salah satu kaki dan biarkan kaki satunya mengambang rata-rata air. Letakkan kedua tanganmu di sisi tubuh atau taruh di bawah punggung menuju pantat sebagai bantalan.

3. Mountain climber

GoGetters pasti sudah nggak asing lagi dengan gerakan satu ini. Supaya bisa mempraktikkan mountain climber, coba posisikan tubuh seperti akan full plank, kemudian ayun kakimu secara bergantian seperti mendaki puncak.

4. Bicycle crunch, gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu

Ini juga jadi gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan dengan berbaring. Bedanya dengan poin kedua adalah kaki diangkat secara menekuk, lalu posisikan kedua telapak tangan di belakang kepala. Lakukan gerakan mengayuh sepeda dengan telentang.

5. Sit-up

Sit-up merupakan salah satu latihan otot untuk mengecilkan perut yang patut dicoba karena caranya sangat mudah. Soalnya, kamu tinggal berbaring telentang, letakkan kedua tangan di belakang kepala, dan tekuk lutut ke atas. 

Lalu, kencangkan otot perut saat kamu berusaha duduk tegak, dan kembalilah berbaring secara perlahan. Ulangi terus gerakan ini hingga 3-5 set.

6. Turkish get-up

Untuk mencoba olahraga mengecilkan perut yang satu ini, kamu perlu alat bantu kettlebell, alias bola besi dengan pegangan karet di atasnya. Caranya, berbaringlah ke arah kiri dan pegang kettlebell dengan tangan kanan. 

Kemudian, luruskan tangan kiri hingga membentuk sudut 45 derajat dan angkat tangan kanan ke atas hingga lurus. Jika sudah, bersimpuhlah pada satu lutut dan lipat untuk kembali ke posisi berbaring seperti semula secara perlahan.

7. Leg Extension

Olahraga mengecilkan perut yang satu ini bisa kamu lakukan dengan mudah sambil rebahan di atas kasur, lho! Untuk langkah-langkahnya, duduklah di atas ranjang sambil setengah berbaring dan letakkan siku di belakang bahu. 

Terus, jangan lupa untuk merapatkan dan meluruskan kedua kakimu, lalu tekuk lutut hingga dekat dengan dada dan tarik kaki ke depan berulang kali tanpa menyentuh ranjang. Selagi melakukannya, pastikan kamu meregangkan otot perut bawah, bukannya punggung bawah, ya!

8. Plank

Bicara soal olahraga untuk mengecilkan perut buncit, tentunya kita nggak bisa melupakan plank! Latihan klasik ini bertujuan untuk mengencangkan otot perut dengan mudah karena langkah-langkahnya.

Pertama, kamu perlu telungkup dulu di atas alas olahraga atau kasur. Lalu, mulailah bertumpu dengan lengan bawah dan jari-jari kaki sebelum mengangkat badan serta pinggulmu secara perlahan hingga posisinya sejajar. Tahan posisi ini selama 10-30 detik sampai perut terasa terbakar, dan untuk efek yang maksimal, ulangi sebanyak 3-5 kali. 

Alternatif lainnya, kamu juga bisa menahan posisi plank sambil menghadap samping untuk sekalian mengecilkan pinggang, lho!

9. Hip lift

Ada lagi olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan sambil bersantai di atas kasur, yaitu hip lift

Caranya, berbaringlah telentang dulu dan letakkan kedua tangan di samping badan. Selanjutnya, pastikan telapak kakimu bertumpu dengan sejajar dan sempurna di atas permukaan, dan angkat pinggul hingga membentuk 90 derajat. 

Selama mengangkat pinggulmu, jangan lupa berikan tekanan pada otot perut hingga meregang, tapi pastikan posisi lututmu tetap menghadap langit-langit. Kalau sudah, turun secara perlahan dan ulangi gerakan ini sebanyak 15-20 kali repetisi agar otot perut lebih terbakar.

10. Side Plank

Gerakan mengecilkan perut berikutnya yaitu plank dengan posisi tubuh menyimpang ke kanan atau ke kiri, lengan sejajar dengan bahu, dan kaki diluruskan. Saat side plank bertumpulah pada lengan bawah dan sisi kaki. Lalu, angkat pinggang dan pinggul dari lantai hingga seluruh tubuh Anda berada pada posisi lurus diagonal dari kepala hingga kaki.

Tahan posisi tersebut selama 10 detik dan lakukan 8–12 kali pengulangan. Lakukan juga gerakan ini pada sisi tubuh lainnya.

11. Skipping

Skipping merupakan salah satu olahraga kardio yang efektif membakar lemak jika dilakukan dengan benar dan konsisten. Gerakan mengecilkan perut yang satu ini membutuhkan tali yang diayun ke depan dan memutari tubuh, kita akan melompati tali tersebut agar tidak terinjak.

12. Medicine Ball Burpees

Gerakan mengecilkan perut berikutnya menggunakan alat bantu berupa bola. Caranya yaitu dengan berdiri dengan kaki selebar bahu, angkat bola dengan kedua tangan di depan dada, rentangkan bola ke atas kepala, lalu banting bola ke tanah dengan sekuat tenaga sampai posisi tubuh membungkuk, pastikan kunci otot perut kamu. 

13. Side to Side Medicine Ball Slams

Masih menggunakan alat bantu bola. Gerakan mengecilkan perut berikut ini dimulai dengan berdiri dengan kaki selebar bahu, pegang bola di depan dada.

Lalu, lempar bola dari tangan kiri ke tangan kanan dengan posisi tubuh dan kaki sedikit memutar ke kanan. Begitu juga saat dilakukan ke sisi kiri. 

14. Overhead Medicine Balls

Gerakan mengecilkan perut berikutnya dilakukan dengan berdiri tegak sembari mengangkat bola ke atas kepala dengan lengan diluruskan. Lalu jatuhkan bola ke arah depan dan bawah sekuat tenaga hingga memantul ke tanah.

Saat mendarat setelah membanting bola, posisi tubuh seperti sedang squat dan rentangkan tangan ke depan dan telapak tangan menghadap tanah.

15. Lunges

Cara melakukan lunges yaitu berdiri tegak ngan salah satu kaki ke depan. Kemudian tekuk kedua kaki hingga membentuk sudut 90 derajat. Posisikan lutut kaki belakang lurus saat ditekuk, dan badan harus tetap tegak. Kembalikan kaki ke posisi semula, lakukanlah berulang-ulang.

4 Cara Mengecilkan Perut secara Alami

Siapa bilang mengecilkan perut itu harus pakai suplemen diet? Ada empat cara mengecilkan perut secara alami yang mudah untuk GoGetters tiru, kok.

1. Kontrol porsi makan untuk imbangi gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu

Mengontrol porsi makan adalah jalan ninja menuju perut yang ramping alami. Kamu bisa lakukan ini dengan mengurangi setiap porsi makan atau menerapkan intermittent fasting yang sudah seizin dokter atau ahli gizi.

2. Seimbangkan porsi olahraga aerobik dan pembentukan otot

Hasil yang maksimal perlu menyeimbangkan porsi olahraga antara aerobik dengan pembentukan otot. Jadi, buatlah variasi olahraga setiap minggunya, semisal olahraga jogging, yoga, pilates, atau nge-gym di fitness centre pilihanmu.

3. Jangan lewatkan jadwal makan

Menurunkan berat badan dan mengecilkan perut itu nggak harus dilakukan dengan cara melewatkan jadwal makan. Kalau kamu ingin hasil yang lebih sehat, sebaiknya tetap ikuti jadwal makan, tapi kurangi porsinya sedikit demi sedikit.

4. Perbanyak serat dan karbohidrat kompleks

Mengonsumsi makanan tinggi serat dan karbohidrat kompleks memang pilihan paling benar kalau GoGetters ingin mengecilkan perut dalam waktu singkat. Cobalah untuk memperbanyak asupan buah, oatmeal, telur, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan biar kenyang lebih lama.

Rekomendasi Alat Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Kalau home workout tanpa alat rasanya kurang menyenangkan buat kamu, GoGetters bisa coba olahraga dengan beberapa tools olahraga, seperti dumbbell, side wheel, stepper atau climber, dan tali skipping. Semua alat olahraga untuk mengecilkan perut itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di offline store maupun online store, kok. Jadi, jangan bikin kamu punya banyak alasan untuk nggak olahraga, ya!

Lebih Suka Ngegym? Cobain di Anytime Fitness, Gym Partner GetPlus

Makanya segera pakai aplikasi GetPlus. Kalau kamu subscribe, pastikan untuk mendaftar ID GetPlus atau nomor telepon atau email saat melakukan pembayaran di kasir Anytime Fitness untuk kumpulin Poin GetPlus!

Baca Juga: Stay Healthy! Simak 6 Cara Agar Tetap Sehat Walau Sering Begadang

Gimana, makin semangat melakukan gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu dengan GetPlus, kan? Download aplikasinya sekarang dan nikmati keuntungan berupa voucher dan poin seperti detail di atas! Dapatkan juga lebih banyak insights seputar gaya hidup yang menarik dari blog KataGita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !