intermittent-fasting-adalah-getplus-aplikasi-cashback-reward

Cara Diet Intermittent Fasting yang Tepat. Bisa Cepat Turunkan Berat Badan!

Feb 16, 2024

Menurunkan berat badan bukanlah proses yang instan mengingat ada banyak faktor yang perlu kamu perhatikan. Selain makan makanan bergizi dan rutin berolahraga, kamu juga perlu mengatur pola makan sehari-hari. Nah, untuk mencapai target berat badan kamu, intermittent fasting bisa jadi salah satu metode diet yang kamu terapkan.

Intermittent Fasting Adalah...

Intermittent fasting adalah metode diet di mana kamu ditentukan untuk berpuasa selama jangka waktu tertentu. Umumnya, waktu puasa yang disarankan adalah 16 jam, tapi kamu bisa menyesuaikannya dengan melihat kondisi dan kemampuan tubuh kamu. Selama berpuasa, kamu masih diperbolehkan untuk minum, tetapi tidak boleh makan. Di luar waktu puasa tersebut, barulah kamu bebas menikmati makanan yang kamu suka.

Manfaat Melakukan Diet Intermittent

Karena kesibukan sehari-hari, mungkin banyak dari kamu yang pola makannya menjadi berantakan. Nah, intermittent fasting adalah metode diet yang tepat karena bisa membantu kamu untuk memperbaiki pola makan sehari-hari. Selain itu, Metode ini juga dapat memberikan banyak manfaat, seperti:

  1. Melatih ketahanan tubuh agar tetap berfungsi meskipun tidak mendapat asupan makanan selama jangka waktu tertentu.
  2. Mengendalikan kolesterol dan tekanan darah.
  3. Membantu tubuh mengalami perbaikan sehingga turut meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk merasakan seluruh manfaat tersebut, kamu perlu melakukan intermittent fasting dengan tepat. Bagaimana caranya?

Cara Diet Intermittent 

Intermittent fasting adalah metode diet yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh kamu. Terdapat beberapa metode yang dapat kamu pilih, yaitu:

  1. Metode 5:2: kamu boleh makan seperti biasa selama lima hari dalam seminggu tanpa batasan kalori. Namun, pada dua hari berikutnya kamu perlu membatasi konsumsi kalori hingga ¼ dari kebutuhan harian.
  2. Metode 16:8: Berpuasalah selama 16 jam, kemudian makan selama delapan jam berikutnya. Kamu bebas menentukan waktu makan dan puasa, tetapi pastikan untuk melakukannya secara konsisten.
  3. Metode Eat-Stop-Eat: Pilihlah 1-2 hari dalam seminggu untuk berhenti makan selama 24 jam penuh. Pada hari-hari lainnya, kamu bisa makan seperti biasa sambil tetap menjaga asupan yang sehat.

Dengan memilih metode yang sesuai, kamu bisa menjalankan intermittent fasting dengan lebih nyaman, namun tetap efektif. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter gizi kesayanganmu lho, agar hasilnya lebih maksimal! 

Kesalahan Intermittent Fasting yang Perlu Dihindari

Banyak orang sudah menerapkan intermittent fasting, namun hasil penurunan berat badan tak kunjung terlihat. Bisa jadi, mereka tanpa sadar melakukan beberapa kesalahan yang membuat hasilnya tidak optimal. Agar hal ini tidak terjadi di kamu, hindari berbagai kesalahan intermittent fasting berikut ini, yuk! 

  1. Porsi Makan Terlalu Sedikit atau Terlalu Banyak

   Hindari makan berlebihan maupun terlalu sedikit saat tidak berpuasa. Pastikan kamu makan makanan sehat dan bergizi seimbang, seperti sayur, buah-buahan, ikan, dengan tetap memperhatikan asupan kalori yang masuk. Jika terlalu sedikit, misalnya kurang dari 1.200 kalori/hari, massa otot kamu bisa berkurang dan memperlambat metabolisme tubuh.

  1. Kurang Minum Air Putih Intermittent fasting masih 

Intermittent fasting masih memperbolehkan kamu untuk minum. Namun, hindari minuman manis karena dapat memperlambat proses penurunan berat badan. Sebagai gantinya, perbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  1. Makan Makanan yang Berlemak dan Bergula 

   Makanan tinggi gula dan lemak juga termasuk kesalahan saat melakukan intermittent fasting. Hal ini dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah dengan cepat, membuat tubuh rentan mengalami diabetes dan gangguan ginjal. Gantilah dengan makanan yang mengandung indeks glikemik rendah. Seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, kacang-kacangan, telur, dan ikan.

  1.  Puasa Terlalu Lama dan Sering

   Meskipun puasa adalah fokus utama dari intermittent fasting, bukan berarti kamu harus berpuasa dalam waktu yang terlalu lama dan sering, seperti 48-72 jam. Hal ini justru tidak baik untuk kesehatan, karena puasa terlalu lama dan sering dapat menyebabkan tubuh stres dan berisiko mengganggu fungsi organ.

Contoh Menu Intermittent Fasting

Agar intermittent fasting memberikan hasil yang optimal, hindari kesalahan-kesalahan di atas dan imbangi dengan konsumsi menu diet yang sehat. Banyak jenis makanan yang bisa kamu kombinasikan untuk membuat menu diet intermittent fasting. Berikut beberapa contoh yang bisa kamu coba:

  • Salad ayam dengan lada hitam, olive oil, dan citroen;
  • Omelet isi tuna, tomat, bayam, dan lada hitam;
  • Green smoothies dari campuran bayam, brokoli, apel hijau, dan wortel;
  • Ayam bakar, tomat, dan alpukat.

Selama dilakukan dengan cara yang benar, metode diet intermittent fasting ini adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Untuk memudahkan kamu membuat menu diet intermittent fasting, kamu bisa berbelanja bahan masakan tanpa takut harga mahal melalui Segari via fitur eShop di aplikasi GetPlus! 

Selain diet yang sehat, imbangi pula dengan rutin berolahraga agar hasilnya lebih optimal. Biar lebih semangat, yuk gabung di pusat kebugaran seperti Ikigai Fitness atau Anytime Fitness. 

Kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan karena Segari, Ikigai Fitness, dan Anytime Fitness merupakan partner GetPlus. Dengan bertransaksi di ketiga tempat tersebut, kamu dapat mengumpulkan poin GetPlus  yang nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai rewards menarik, lho!

Yuk, langsung download aplikasi GetPlus di smartphone kamu! Biar makin sehat, klik di sini  untuk mendapatkan tips sehat lainnya dari KataGita!Pelajari beragam tips gaya hidup menerik nan hemat lainnya melalui laman blog Kata Gita GetPlus. Anda juga dapat melihat beragam penawaran menarik melalui laman promo GetPlus.

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !