makanan-khas-Kalimantan-getplus-aplikasi-cashback-reward

15 Makanan Khas Kalimantan yang Nikmat, Wajib Coba!

Sep 15, 2023

Berencana buat liburan akhir tahun di Indonesia, tapi masih bingung menentukan destinasi? Pulau Kalimantan bisa menjadi salah satu opsi terbaik, GoGetters. Nggak cuma menyuguhkan keindahan alam yang memukau, tersedia pula beragam makanan khas Kalimantan yang nikmat buat dicoba. Kira-kira menu apa yang wajib masuk bucket list kuliner kamu? Yuk, cek berbagai rekomendasinya di bawah ini!

Rekomendasi Makanan Khas di Tiap Daerah

Pulau Kalimantan terbagi menjadi lima provinsi, yakni Kalimantan Timur, Barat, Selatan, Utara, dan Tengah. Tiap daerah punya makanan khas Kalimantan dengan cita rasa berbeda. Ada apa aja, sih?

A. Kalimantan Timur

Apa makanan khas Kalimantan Timur yang populer? Ini dia beberapa di antaranya yang nikmat abis:

1. Nasi bekepor

Menu sarapan populer satu ini adalah nasi yang dicampur dengan minyak sayur, rempah-rempah, dan ikan asin setelah dimasak dalam ketel besi.

2. Sate payau

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate payau khas Kalimantan Timur terbuat dari daging rusa yang dimasak dengan kecap manis hingga empuk.

3. Pisang gapit 

Makanan khas Kalimantan Timur satu ini terdiri dari pisang bakar yang dijepit dan disajikan dengan saus durian gurih. Cocok buat teman minum teh panas!

B. Kalimantan Barat

Sementara itu, apa makanan khas Kalimantan Barat? Berikut beberapa di antaranya yang populer: 

1. Ale-ale

Kalau kamu main ke daerah Ketapang, jangan lupa coba ale-ale: sup kerang putih bening yang disajikan dengan bumbu pedas, gurih, dan fresh!

2. Asam pedas tempoyak

Tempoyak adalah makanan khas Kalimantan Barat yang terdiri dari hasil fermentasi ikan patin dengan kuah bumbu pedas dan asam.

3. Kiam ko kwe

Familiar dengan carrot cake Singapura? Kiam ko kwe juga hampir mirip! Makanan peranakan Tionghoa satu ini dibuat dari tepung beras kukus yang disajikan dengan topping daging ayam cincang.

C. Kalimantan Selatan

Kalau kamu mampir ke Kalimantan Selatan, jangan lupa cicipi makanan ini, ya!

1. Soto banjar

Beda dengan soto biasa, soto banjar khas Kalimantan Selatan punya banyak isi: suwiran ayam kampung, telur rebus, bihun, telur, sayur, dan potongan ketupat sebagai pengganti nasi.

2. Cacapan asam

Menu khas Kalimantan Selatan ini terbuat dari potongan buah mangga muda, belimbing wuluh, ramania, atau binjau yang direndam dalam air asam.

3. Sate tulang

Meski bernama sate tulang, daging bakar tusuk khas Kalimantan Selatan ini terbuat dari potongan leher, kulit, dan lemak yang digiling dengan bumbu, lalu dibakar di atas arang.

D. Kalimantan Utara

Selanjutnya, yuk, kita move on ke apa makanan khas Kalimantan Utara di bawah ini! 

1. Daging masak bumbu hangus

Meski bernama hangus, daging sapi bakar ini sama sekali nggak gosong! Soalnya, efek kehitamannya berasal dari bumbu cabai, bawang bombay, pala, merica, dan kecap manisnya yang meresap sempurna.

2. Gangan manok

Mau menu yang lebih ringan? Cobalah sup gangan manok yang terdiri dari bakso daging ayam giling dengan kuah kaldu, irisan bayam, oyong, dan ayam suwir.

3. Gence ruan

Gence ruan adalah olahan khas Kalimantan Utara yang terdiri dari ikan haruan bakar kering dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan air asam jawa.

E. Kalimantan Tengah

Terakhir, apa makanan khas Kalimantan Tengah? Ini dia daftarnya:

1. Kalumpe

Kalumpe adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang cocok buat vegetarian karena terdiri dari tumbukan daun singkong halus dengan kuah kental. Nah, kuah gurihnya hadir dengan rasa dari bawang merah, sereh, lengkuas, kayu manis, dan cabai.

2. Juhu umbut rotan

Kapan lagi kamu melihat rotan dijadikan bahan makanan? Di Kalimantan Tengah, tunas rotan muda berpadu dengan kuah rempah gurih yang kental untuk menghasilkan sup juhu umbut rotan, lho.

3. Terong mapui

Terong mapui pada dasarnya adalah terong ungu besar yang dibakar dengan lumuran bumbu cabai rawit, terasi, garam, dan sereh. Rasanya asam, manis, dan pedas!

Tips untuk Persiapan Liburan ke Kalimantan

Nikmatnya beragam makanan khas Kalimantan di atas merupakan alasan legit untuk segera booking tiket liburan ke pulau tersebut. Agar liburan akhir tahunmu aman dan nyaman, lakukan beberapa tips ini untuk persiapan sebelum berangkat.

  • Siapkan uang tunai yang cukup

Saat ini, memang sudah banyak tempat makan di Kalimantan yang menyediakan pembayaran nontunai. Tapi, beberapa tempat masih mengharuskan kamu untuk membayar dengan uang tunai, apalagi kalau tempat tersebut berada di daerah yang cukup terpencil.

  • Buat agenda perjalanan yang jelas

Mengingat ada banyaknya makanan khas yang menarik buat dicoba, kamu perlu membuat agenda perjalanan agar bisa efisien waktu dan tenaga. Misalnya, kamu memutuskan untuk liburan akhir tahun di Kalimantan Barat. Nah, biar bisa puas menikmati sebanyak mungkin kuliner lokal, tentukan tempat makan mana aja yang mau kamu datangi. 

  • Bawa pakaian yang nyaman dan lotion anti-nyamuk

Namanya juga liburan, pasti kamu bakal keliling ke banyak tempat. Makanya, kenakan pakaian yang bisa menyerap keringat supaya kamu nyaman jalan-jalan. Nggak kalah penting, sediakan juga lotion anti-nyamuk yang bakal berguna banget saat malam hari. Soalnya, nyamuk yang muncul setelah sunset bisa berisiko membawa virus demam berdarah. 

Sambil liburan akhir tahun nanti, jangan lupa cicipi berbagai makanan khas sesuai rekomendasi di atas. Buruan booking tiket akomodasinya sekarang juga biar nggak kehabisan, GoGetters! Untungnya, sekarang kamu bisa booking tiket pesawat, reservasi hotel, sampai sewa mobil buat kulineran dengan mudah via tiket.com melalui GetPlus Travel.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan ala Orang Jepang Ini Bikin Keuangan Aman

Cukup buka aplikasi GetPlus, lalu masuk ke menu Travel buat booking akomodasi yang kamu mau untuk liburan. Serunya lagi, saat ini GetPlus sedang mengadakan promo PayDay Travel Festival selama tanggal 25 sampai 3 setiap bulannya. Dengan promo ini, kamu bisa convert airasia points atay Krisflyer Miles untuk menangin voucher hotel Rp600.000 dan langsung dapetin bonus 10.000 Poin GetPlus. Liburan jadi makin hemat, kan? Apalagi, kamu bisa menukar Poin GetPlus tersebut dengan aneka voucher menarik pada menu Rewards GetPlus.Makanya, yuk, buruan download aplikasinya biar bisa merasakan #UntungPakeGetPlus buat liburan akhir tahun! Untuk rekomendasi kuliner maupun tempat liburan lainnya, kamu bisa intip di sini!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !