manfaat-minum-kopi-hitam-getplus-aplikasi-cashback-reward

Coffee Lover, Ini 5 Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Tubuh

Mei 06, 2024

Banyak orang mengira bahwa kopi cuma untuk melawan kantuk aja. Padahal meminum kopi hitam itu punya manfaat baik buat tubuh, lho! Yes, selain bisa boost fokus dan energi, kopi juga bisa menjaga kesehatan. Gimana artinya? Daripada bingung, mending GoGetters simak penjelasan soal manfaat minum kopi dari dokter di bawah ini!

Manfaat Minum Kopi Hitam Apa Saja?

Secara umum, manfaat minum kopi itu ada banyak. Lima di antaranya bakal dijelasin di bawah ini. Buat GoGetters yang masih enggan ngopi, simak paparan berikut dengan baik, ya!

Pertama: Mengurangi risiko kanker

American Cancer Society meriset, salah satu manfaat minum kopi hitam adalah dapat mengurangi risiko kanker, seperti kanker hati, kanker prostat, kanker endometrium, maupun kanker mulut dan tenggorokan. Menurut situs Harvard School of Public Health, hal ini karena oleh kandungan kopi hitam yang dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker dan cegah penyebarannya.

Kedua: Menstabilkan gula darah

Kopi bisa menstabilkan kadar gula dalam darah. Pengaruh ini ada kaitannya dengan diabetes. Tapi, buat para penderita diabetes tipe 2, kamu mungkin perlu lebih berhati-hati karena kopi bisa punya dua kemungkinan, yaitu menaikkan kadar gula darah atau justru menurunkannya. Supaya bebas dari risiko tersebut, GoGetters bisa consult dulu dengan dokter soal aturan minum kopi ini.

Ketiga: Menjaga fungsi dan kesehatan otak

Kopi bisa menjaga fungsi dan kesehatan otak, lho! Efek positif kopi pada otak antara lain meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, dan ngurangin risiko depresi. Bahkan, Neuro Practical juga menyebutkan bahwa manfaat minum kopi itu bisa untuk mencegah decrease fungsi otak pada orang dengan parkinson dan alzheimer.

Keempat: Menjaga kesehatan organ hati

Kopi dapat menjaga kesehatan organ hati dengan cara detoxifying sel-sel kanker. Hal ini juga disebutkan oleh Journal of Clinical Gastroenterology yang meriset bahwa kopi dapat mengurangi jumlah lemak dalam organ. Tapi, masih butuh riset lebih lanjut untuk buktikan khasiat ini.

Kelima: Merawat kesehatan jantung

Siapa bilang kopi nggak baik buat jantung? Justru minum kopi setiap hari dalam kadar sedang dapat merawat kesehatan jantung. Harvard School of Public Health bahkan telah riset bahwa minum kopi 4 gelas per hari dapat decrease risiko stroke dan jantung 20% dibandingin dengan yang nggak minum sama sekali. 

Cara Terbaik Mendapatkan Manfaat Kopi Menurut Dokter

Kopi memang bisa jadi dua mata pisau kalau kamu nggak tahu aturan minum. Berikut adalah cara terbaik dapetin manfaat kopi menurut dokter.

1. Perhatikan batas minum yang aman

Perbanyak-Minum-Air-Putih-tips-menjaga-berat-badanorange-warna-baju-yang-cocok-untuk-kulit-kuning-langsat

Kopi bisa kasih manfaat baik buat kesehatan tubuhmu, asal GoGetters tahu batas minum yang aman. Gimana maksudnya? Seorang ahli diet dari Amerika Serikat, Adiena Pierson, mengatakan bahwa kopi dapat menyehatkan sekaligus menekan nafsu makan kamu. Tapi, ini bukan berarti bahwa kopi bisa menjadi replacement makan, ya!

2. Kurangi penggunaan bahan tambahan

Agar kamu bisa dapetin manfaat minum kopi hitam secara optimal, hindari pakai bahan tambahan. Bahan seperti gula, sirup perisa, susu kental manis, bubuk kayu manis dapat increase kadar gula dalam darah. GoGetters boleh ganti dengan madu, stevia, atau gula kelapa yang lebih aman.

3. Ketahui waktu yang tepat untuk minum kopi

Alangkah baiknya kalau kamu tahu jam terbaik buat minum kopi. Journal of Clinical Sleep Medicine meriset bahwa meminum kopi 6 jam sebelum tidur dapat nurunin kualitas tidur. Alternatifnya adalah GoGetters bisa minum sebelum jam 14.00. Atau mengurangi kadar kafein pada kopi yang kamu minum.

Ternyata, minum kopi nggak selamanya buruk, lho! Manfaat minum kopi hitam justru bisa mengurangi risiko kanker, stabilin gula darah, menjaga fungsi dan kesehatan otak, menjaga kesehatan organ hati, serta merawat jantung. Tapi, pastikan kamu meminum kopi hitam ini tanpa tambahan bahan-bahan lainnya, ya!


Merchant Untukmu


Buat kamu yang pengin ngopi, pastiin kamu memilih coffee shop yang udah jadi partner GetPlus, seperti Livingstone, Flash Coffee, Eastern Kopi TM, Kopi Oey, Kopi Ulon, dan banyak lagi lainnya. Dengan mampir ke kedai-kedai kopi tersebut, kamu jadi bisa scan struk payment pakai fitur Foto Struk dari GetPlus. Lalu, kumpulkan poin dan tukarkan dengan voucher diskon dari menu Rewards! Ngopi jadi makin #UntungPakeGetPlus!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !