perawatan-gigi-berlubang-kuning-getplus-aplikasi-cashback-reward

6 Tips Perawatan Gigi Kuning dan Berlubang yang Tepat

Mei 13, 2024

GoGetters pasti pengen punya gigi yang putih, bersih, dan bebas dari lubang, kan? Tapi, kadang justru kamu bisa alami masalah seperti gigi kuning atau lubang karena banyak faktor. Terus, apa yang bisa kamu lakukan? Tenang dulu! Kamu perlu perawatan gigi yang tepat supaya kondisi nggak makin parah. Nah, gimana caranya?

Tips Perawatan Gigi Berlubang

Kalau GoGetters punya masalah dengan lubang pada gigi, ini dia tips perawatan gigi berlubang yang bisa kamu terapkan daily:

1. Makan makanan yang kaya akan vitamin D, K1, dan K2

cara-menyimpan-food-preparation-getplus

Pertama dan yang paling penting, GoGetters harus cukupi kebutuhan vitamin harian, terutama vitamin D, K1, dan K2. Soalnya, ketiga vitamin ini bisa percepat proses pemulihan dan pembentukan gigi, terutama buat tutupi lubang. 

Idealnya, orang dewasa perlu asupan vitamin K1 dan K2 dosis 75-120 mcg per hari, dan 15 mcg per hari untuk vitamin D. Kamu bisa dapat dari suplemen khusus atau sumber makanan alami seperti sayur berdaun hijau, wortel, kacang-kacangan, kuning telur, daging sapi, dan ikan.

2. Sikat gigi dengan pasta gigi fluoride

pasta-gigi-fluoride-perawatan-gigi-berlubang-kuning-getplus-aplikasi-cashback-reward

Perawatan gigi berlubang juga berkaitan dengan jenis pasta gigi yang kamu gunakan, lho, GoGetters! Pastikan pasta gigimu dengan fluoride karena zat ini perkuat enamel atau lapisan pelindung gigi. Hasilnya, gigi nggak gampang lubang karena infeksi bakteri dan zat bahaya lainnya.

3. Kurangi konsumsi gula

baked-alaska-cafe-surabaya-ngabuburit-igors-pastry

Supaya gigi lubang nggak makin parah, GoGetters juga harus mulai kurangi seberapa sering kamu makan makanan manis atau minum minuman bergula. Kenapa? Bakteri di dalam mulut bakal ubah gula dalam menu manis jadi asam yang berpotensi kikis mineral pada enamel gigi. Akibatnya, lubang pun lebih gampang terbentuk dalam gigi.

Tips Perawatan Gigi Kuning

Terus, perawatan gigi seperti apakah yang harus GoGetters lakukan supaya warna nggak semakin menguning? Simak lengkapnya di sini, ya!

1. Kurangi minuman berkafein

Minum kopi dan teh memang nikmat banget buat temani waktu santai. Apalagi, kalau kamu butuh dosis kafein tambahan biar nggak ngantuk pas kegiatan. Tapi, better kamu mulai kurangi kalau gigimu sudah menguning! Soalnya, minuman berkafein punya zat tanin, zat pengikat yang gampang larut dalam air dan gampang nempel pada permukaan gigi. Nah, karena inilah warna gigi jadi nggak putih lagi.

2. Stop habit merokok

Ternyata, kopi dan teh bukan satu-satunya penyebab gigi kuning! Justru, tembakau pada rokok juga bisa berpengaruh pada warna gigi. Sebab, nikotin pada rokok bakal masuk ke pori-pori kecil permukaan gigi dan mengendap di sana. Lalu, kalau sampai terpapar oksigen di udara, zat itu bakal bikin gigi kuning. Jadi, supaya gigi kuning nggak makin parah, cobalah untuk stop merokok secara perlahan-lahan.

3. Rutin sikat gigi dan berkumur

Tips yang terakhir ini berkaitan banget sama dua poin di atas, GoGetters. Untuk menjaga warna gigi, kamu perlu sikat gigi dan kumur dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Soalnya, zat pada pasta gigi dan obat kumur bisa luruhkan kotoran yang nempel pada gigi. Selain itu, jangan lupa untuk kumur dengan air putih setelah minum kopi dan teh biar zat tanin nggak nempel pada permukaan gigi, ya!

Rekomendasi Perawatan Gigi Berlubang dan Kuning di Dokter

Selain keenam tips di atas, kamu juga bisa jalani perawatan gigi berlubang maupun kuning secara khusus di dokter gigi. Untuk atasi gigi lubang, dokter ahli bisa saja rekomendasi salah satu dari treatment berikut sesuai hasil pemeriksaan:

  • Tambal gigi;
  • Oles varnish dengan fluoride pada gigi;
  • Perawatan saluran akar gigi;
  • Pemasangan crown gigi;
  • Cabut gigi lubang.

Sementara itu, buat gigi yang menguning, ini dia pilihan treatment yang tersedia di dokter:

  • Scaling atau pembersihan gigi;
  • Bleaching dengan oleskan zat khusus pada gigi dan sinar dengan laser;
  • Pemasangan lapisan veneer.

Untuk perawatan gigi kuning dan berlubang yang lebih efektif, nggak ada salahnya GoGetters konsultasi ke dokter! Untungnya, sekarang merawat gigi udah lebih hemat dan gampang karena kamu bisa pakai aplikasi GetPlus. 

Caranya, setelah kamu selesai konsultasi dan treatment di klinik gigi partner GetPlus seperti Orange Dental atau Aesthetic Medical Dental Care, kamu tinggal foto struknya. Lalu, upload fotonya ke GetPlus untuk mendapatkan poin yang bisa kamu tukarkan dengan berbagai voucher diskon di menu Rewards! Untung abis, kan? Jadi, sebelum ke dokter gigi, jangan lupa download GetPlus dulu, ya! Terus, rawat gigimu barengan dengan bagian tubuh yang lainnya juga. Yuk, langsung aja simak tips kesehatan lainnya di Kata Gita.

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !