tes-love-language-keluarga-getplus

Yuk, Tes Love Language Keluarga Biar Makin Saling Sayang!

Mei 14, 2023

Tanggal 15 Mei rutin diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional. Memang, sih, rasa sayang terhadap keluarga nggak mengenal waktu. Tapi, kalau selama ini kamu kesulitan mengungkapkan perasaan sayang tersebut kepada anggota keluarga, mungkin melakukannya pada Hari Keluarga Internasional bisa jadi ide terbaik. Agar bisa menunjukkan rasa sayang secara nyaman, kamu dan keluarga bisa ikut tes love language dulu, ya!

Apa Itu Love Language?

Love language atau bahasa cinta adalah cara setiap orang mengekspresikan rasa kasih sayangnya kepada orang terdekat, termasuk keluarga.

Konsep ini pertama kali ada dari buku The 5 Love Languages karya pastor Gary Chapman, PhD yang terbit di tahun 1992. Sejak saat itu, love language sudah semakin populer di berbagai kalangan. 

Tapi, pada akhir tahun 2023 lalu, perusahaan tes kepribadian di Amerika Serikat bernama Truity menemukan bahwa sebenarnya ada 7 love language dari survei mereka terhadap 500.000 pengguna. 

Karena setiap orang itu unik, pastinya love language setiap individu bakalan berbeda. Makanya, tes love language untuk mengetahui “cara komunikasi” setiap anggota keluarga itu penting banget.

Manfaat Tes Love Language untuk Keluarga

Menjalani tes love language untuk keluarga akan membawa sejumlah manfaat, di antaranya mengurangi miskomunikasi antara anggota keluarga sehingga hubungan satu sama lain pun bakal terasa lebih erat. Gimana nggak? 

Kalau kamu tahu gimana orang tua, pasangan, atau anak akan merasa dicintai dengan jenis-jenis ungkapan tertentu, kamu pastinya bisa mendekati mereka dengan lebih baik. Pada akhirnya, suasana keluarga akan lebih harmonis karena semua orang merasa bahagia.

Rekomendasi Website Tes Love Language

Selain mengamati atau bertanya secara langsung, nggak ada salahnya GoGetters menyelesaikan kuis untuk tes love language secara online. Caranya, kamu tinggal mengunjungi website 5 Love Languages untuk kuis berbahasa Inggris atau Satu Persen untuk versi bahasa Indonesia.

Tapi, kedua website sebelumnya baru menyediakan hasil berdasarkan 5 love language tradisional. Kalau kamu mau coba tes love language yang lebih up-to-date dengan 2 hasil baru, kamu bisa mencoba kuis berbahasa Inggris dari website Truity.

Terus, jawablah semua pertanyaan sejujurnya untuk mendapatkan hasil yang akurat dan kirimkan link hasilnya ke anggota keluargamu.

Rekomendasi Kegiatan Family Bonding sesuai Love Language

Udah tahu love language masing-masing? Yuk, tingkatkan hubungan antara anggota keluarga dengan rekomendasi kegiatan ini berdasarkan hasil tesmu!

1. Words of affirmation

words-of-affirmation-tes-love-language-keluarga

Kamu atau anggota keluarga dapat hasil ini dari tes love language? Artinya, kamu merasa dicintai saat menerima kata-kata yang mendukung. Untuk family bonding yang lebih hangat dengan pemilik love language ini, sempatkan waktu untuk memuji jerih payah dan pencapaian mereka. Bahkan, kamu juga bisa menyampaikan ungkapan sesederhana “aku sayang kamu”, lho!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Restoran Mewah Buat Makan Bareng Keluarga Tersayang

2. Physical touch

physical-touch-tes-love-language-keluarga

Pemilik love language jenis physical touch suka menjalin kontak fisik dengan orang tercinta. Jadi, kalau orang tua atau buah hatimu mendapatkan hasil ini, buatlah mereka merasa disayangi dengan memberikan pelukan hangat sebelum berkegiatan. Selain itu, kamu juga bisa menepuk punggung atau bahu mereka dengan lembut saat mereka sedang bersedih.

3. Acts of service

act-of-service-tes-love-language-keluarga

Ada anggota keluarga GoGetters yang memiliki jenis love language berupa acts of service? Ini tandanya mereka merasa berarti saat mereka berkesempatan membantu dengan tindakan nyata. Kamu bisa memenuhi kebutuhan emosional mereka dengan meminta mereka mengambilkan barang atau menawarkan diri untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tertentu. 

4. Receiving gifts

receiving-gifts-tes-love-language-keluarga

Sesuai namanya, pemilik love language ini senang banget saat menerima gift atau hadiah. Tapi, bukan berarti kamu harus membeli barang yang mahal karena hal terpenting bagi mereka adalah makna dan ketulusan dari hadiah tersebut. Misalnya, GoGetters bisa kasih barang sesuai dengan hobi anggota keluarga. Biar hemat, nggak ada salahnya belanja di merchant yang udah join GetPlus untuk mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan berbagai rewards.

5. Quality time

ide-aktivitas-valentine-single-kumpul-keluarga-cara-bahagia-quality-time-tes-love-language-keluarga

Untuk anggota keluarga yang dapat hasil quality time dari tes love language, kamu bisa menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama tanpa gangguan dari orang lain maupun barang-barang elektronik tertentu. Nah, salah satu aktivitas yang cocok buat quality time bersama keluarga adalah nonton film family-friendly. 

Supaya budget bulanan tetap aman, cobalah nonton bioskop di Cinepolis dan jangan lupa pakai GetPlus biar dapat dobel poin. Caranya, setelah pesan tiket bioskop, upload foto tiket yang belum disobek ke aplikasi GetPlus. Nantinya, kamu bakal menerima poin buat di-redeem dengan aneka voucher diskon yang menarik.

6. Shared experience

nenek sedang bercerita dengan cucu nya

Ini dia salah satu love language yang baru muncul belakangan ini. Sesuai namanya, orang yang memiliki love language shared experience akan merasa dicintai kalau keluarga mereka menyempatkan waktu untuk beraktivitas bersama mereka, sesimpel apapun itu. Contohnya, berangkat ke sekolah atau tempat kerja bersama, memasak bersama, atau selfie bareng.

Tapi, apa bedanya dengan love language quality time di bagian sebelumnya? Kalau quality time lebih menekankan mencoba kegiatan baru bersama-sama tanpa distraksi apa pun, shared experience justru lebih berfokus pada kegiatan aktif yang dilakukan bareng-bareng. 

Misalnya, daripada sekadar nonton film sambil duduk bersebelahan sebagaimana quality time, orang-orang dengan love language shared experience suka diajak berdiskusi tentang apa yang mereka paling sukai dari film tersebut setelah selesai menonton.

7. Emotional security

pasangan yang sedang melakukan quality time

Apa kamu atau anggota keluargamu suka menanyakan pertanyaan yang lebih “mendalam” saat lagi curhat tentang masalah atau keseharian? Besar kemungkinan, kamu punya love language baru yang berikutnya: emotional security.

Orang-orang dengan love language satu ini merasa lebih dekat sama keluarga kalau mereka bisa bercerita tentang apa keinginan, ketakutan, dan harapan terbesar mereka.  Pokoknya, semua hal mendalam tentang emosi mereka, deh.

Untuk membuat anggota keluargamu yang berkomunikasi dengan bahasa cinta ini merasa lebih dihargai, coba dengarkan setiap kata-kata mereka secara aktif. Rangkum inti pembicaraan mereka menurut pemahamanmu, minta konfirmasi dari mereka, dan jangan takut bertanya dengan “mengapa” atau “bagaimana” untuk menggali kisah mereka.

Seru juga, kan, ikutan tes love language biar kamu dan keluarga bisa saling menunjukkan rasa sayang dengan cara yang nyaman? Apalagi, pada momen Hari Keluarga Internasional seperti sekarang, kamu jadi bisa memanfaatkan momen ini untuk menunjukkan cinta kepada keluarga. 

Pas banget, dalam rangka Hari Keluarga Internasional, GetPlus bagi-bagi dobel poin spesial melalui promo Family Day! Kamu cuma perlu foto struk belanja di semua merchant, mall, supermarket, dan minimarket (nggak termasuk Indomaret dan Alfamart) yang udah jadi partner GetPlus. Yuk, dapatkan promonya dengan download aplikasi GetPlus di Android atau iOS dan nikmati family time makin #UntungPakeGetPlus!

Baca Juga: 9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Harus Diketahui Setiap Calon Ibu Rumah Tangga

Mau tahu update terbaru tentang lifestyle dan spot nongkrong asyik di lokasimu? Kunjungi laman blog GetPlus di sini dan jangan sungkan buat mengontak GetPlus kapan pun kamu butuh bantuan saat menggunakan aplikasinya!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !