kenali-tipe-pembeli-getplus

Kenali Tipe Pembeli Saat Belanja, Kamu Masuk yang Mana?

Okt 20, 2022

Saat gajian adalah saat yang tepat untuk berbelanja! Teman Gita sudah belanja apa saja nih? Mungkin bagi beberapa orang, kegiatan berbelanja hanyalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Namun, bagi orang lain, belanja merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Inilah yang membuat banyak tipe pembeli berbeda.

Teman Gita tahu nggak sih kalau sebenarnya masing-masing orang memiliki gaya berbelanja yang berbeda. Ada orang yang suka belanja online, namun ada juga yang langsung melesat ke mall. Kira-kira kamu masuk tipe yang mana nih?

Baca Juga: Bisa Ditiru, Inilah 7 Tips Belanja Hemat Mingguan Untukmu!

Tipe Pembeli Saat Berbelanja

Ada orang yang cukup dengan memandang barang idamannya sudah merasa bahagia. Ada juga yang baru lega ketika barang yang diinginkan ada dalam genggaman tangan. Oh, ada juga yang memang sudah mengincar produk tertentu tapi masih maju mundur karena menunggu promo.

Dari sini kita bisa tahu bahwa ada banyak jenis pembeli beserta gayanya masing-masing saat berbelanja. Kira-kira apa yang menyebabkan perbedaan ini? Hal paling mendasar yang mempengaruhi perbedaan gaya berbelanja adalah karena gaya hidupnya sendiri.

Berbagai gaya belanja ini ada yang bisa dipertahankan, tapi ada juga yang harus diperbaiki karena berdampak langsung pada finansial. Inilah alasan mengapa kamu harus mengetahui apa tipe gaya belanjamu. Dan jangan lupa untuk tetap hidup sesuai dengan kemampuan, jangan memaksakan gaya hidup. Nah, untuk sekedar informasi, berikut ini adalah tipe pembeli saat berbelanja.

1. Si Pemilih

Tipe ini biasanya nggak terlalu mempedulikan harga, karena lebih mengutamakan pada kualitas barang. Bagi tipe ini, nggak masalah untuk membeli 1 produk dengan harga cukup fantastis asalkan mendapatkan pelayanan oke. Ketika belanja via online juga, biasanya si pemilih ini akan mencari deskripsi detail produk dan review dari pembeli sebelumnya. Untuk tipe pemilih ini biasanya juga suka menggunakan barangnya dalam waktu lama.

2. Si Suka Lihat Doang

Tipe pembeli yang satu ini sebenarnya bisa dibilang bijak karena sangat suka melakukan survei secara mendalam dulu serta mencoba untuk menahan diri selama 1-2 hari untuk benar-benar mengetahui apakah hasrat belanja timbul karena memang kebutuhan atau hanya keinginan semata. Biasanya tipe ini akan menyimpan semua keinginan mereka di keranjang belanja dan nggak buru-buru harus checkout  karena kalap saat sedang diskon.

3. Si Ratu Diskon

Nah, inilah tipe yang sangat berkebalikan dengan sebelumnya. Jenis pembeli ini selalu update dengan segala jenis info promo dan diskon. Intinya, tipe pembeli ini terniat banget deh. Kalau kamu masuk dalam tipe ini, harus hati-hati karena kadang saat diskon kamu akan kalap membeli barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan. Saran yang baik untuk tipe ini adalah beli 1 barang yang benar-benar kamu butuhkan, walaupun nggak kena diskon.

4. Si Belanja Sebagai Hobi

Siapa bilang hobi hanya sebatas aktivitas biasa? Tipe pembeli ini menjadikan belanja sebagai hobinya. Dengan berbelanja, tipe satu ini akan bersemangat, bahkan belanja adalah gaya hidupnya! Tipe ini nggak perlu menunggu momen promo ataupun diskon. Prinsipnya adalah “Aku mau, aku beli!” Nah, sisi buruk dari tipe ini adalah ada yang sampai bela-belain untuk ngutang untuk membeli yang diinginkan.

5. Si Planner

Apakah kamu tipe yang suka membuat daftar dan jadwal belanja dari jauh-jauh hari? Kalau iya, maka kamu masuk ke tipe belanja planner ini. Si Planner akan mematuhi jadwal belanja, sehingga diluar itu, mereka nggak mau belanja. Nggak hanya disiplin soal waktu, tipe ini juga berhati-hati dengan budget. Anggaran sudah disusun sedemikian rupa sehingga nggak akan terjadi pembengkakan uang belanja.

6. Si Giver

Dari namanya, kita bisa tahu bahwa orang ini suka membeli barang dan cenderung memberikannya pada orang lain. Tipe ini biasanya lebih sering membelanjakan untuk orang lain dibandingkan dengan dirinya sendiri. Sebenarnya nggak salah dengan caranya memberikan hadiah untuk orang lain, tapi jenis ini harus hati-hati karena kadang terlalu mengutamakan orang lain sehingga lupa dengan kebahagiaan diri sendiri.

7. Si Therapy Shopper

Ada yang belanja karena ingin memberikan self-reward untuk diri? Sebenarnya ini sah-sah saja untuk dilakukan ketika kamu sudah berusaha dengan keras dan akhirnya bisa mencapai sesuatu. Namun, jangan sampai ini digunakan sebagai kedok pembangkit mood, dan malah membuat pengeluaran bulanan meningkat drastis. Biasanya tipe ini akan merasa bahagia setelah belanja. Namun, sebenarnya mereka nggak sepenuhnya membeli sesuatu yang mereka butuhkan. 

8. Si Social Shopper

Tipe satu ini biasanya nggak memiliki tujuan akhir dalam berbelanja. Orang ini akan senang berbelanja semata karena interaksi sosialnya.

Baca Juga: 8 Cara Makan Hemat di Akhir Pekan yang Bikin Hepi

Apapun gaya belanjamu atau kamu masuk kategori tipe pembeli yang manapun, yuk belanja online lewat eShop! Soalnya, kamu bisa nikmati s.d. 6% Poin GetPlus dan keuntungan lainnya dari GetPlus.

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !