tips-liburan-ke-jogja-bagi-pemula-getplus-aplikasi-cashback

5 Tips Liburan ke Jogja untuk Pemula biar Hemat dan Puas

Nov 04, 2023

Siapa yang nggak kenal dengan Yogyakarta? Dikenal lewat julukannya sebagai Kota Pelajar, Jogja nyatanya nggak cuma bisa jadi tempat menuntut ilmu, tapi juga selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Hal itu antara lain karena kota ini merupakan pusat kebudayaan Jawa, ditandai dengan keberadaan Keraton, Taman Sari, hingga Malioboro sebagai bukti kejayaan masa lalu yang masih bisa dinikmati hingga saat ini.

Apakah GoGetters ingin mengunjungi Yogyakarta dalam waktu dekat? Sebelum kamu berangkat ke sana, ada baiknya GoGetters menyimak tips liburan ke Jogja bagi pemula berikut ini.

Tips Liburan ke Jogja untuk Pemula

Jogja memang punya harga yang relatif rendah, mulai dari penginapan sampai makanannya. Tapi, kamu tetap perlu tips liburan ke Jogja bagi pemula biar mantap bepergian.

1. Ketahui waktu liburan yang tepat

Musim kemarau memang menjadi waktu yang paling ideal untuk berkunjung ke Jogja. Cuaca cerah memungkinkanmu untuk berkeliling kota tanpa gangguan cuaca. Tapi, ada satu hal yang perlu kamu ingat, yakni cobalah menghindari masa liburan sekolah atau hari raya. Sebab, tempat-tempat wisata akan dipadati pengunjung dan harga penginapan cenderung naik pada saat ini.

2. Pesan tiket dan penginapan seawal mungkin


Promo Untukmu


Nggak mau biaya liburan ke Jogja membengkak gara-gara tiket pesawat atau kereta yang mahal? Makanya, segera amankan tiketmu dari jauh-jauh hari, begitu pula dengan penginapan. Dengan booking duluan, kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dan pilihan kamar yang lebih beragam.

3. Bawa barang secukupnya

Tips liburan ke Jogja bagi pemula yang selanjutnya adalah membawa barang secukupnya aja. Di musim kemarau, mestinya kamu nggak perlu bawa baju-baju tebal yang menghabiskan ruang penyimpanan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan bawaanmu dengan durasi liburan, ya! Sisakan sedikit ruang kosong di tasmu untuk oleh-oleh.

4. Tentukan tempat wisata dan kuliner yang mau dikunjungi

Sebagai pusat kebudayaan Jawa, Jogja punya banyak destinasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Makanya, buat daftar tempat yang ingin kamu kunjungi sebelum pergi berlibur, misalnya seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, atau Pantai Parangtritis. Jangan lupa juga untuk mendatangi beberapa tempat kuliner khas, seperti Gudeg Yu Djum, Sate Klathak Pak Pong, atau Bakpia Pathok 25.

5. Jangan sungkan menawar saat belanja

Satu hal yang paling seru saat berbelanja di Jogja adalah sistem tawar-menawarnya. Biasanya, wisatawan yang nggak tahu metode ini akan langsung mengiyakan harga dari penjual. Padahal, harga awal cenderung dua kali lebih mahal dari harga semestinya.


Baca Juga


Contoh Itinerary Paket Wisata Jogja

GoGetters masih belum menentukan destinasi wisata selama liburan ke Jogja? Kamu bisa contoh itinerary paket wisata Jogja di bawah ini untuk durasi liburan selama 3 hari 2 malam, ya!

  • Hari 1 – Awali harimu dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta, lanjut ke Taman Sari, dan tutup rangkaian hari pertama dengan belanja dan kulineran di Malioboro;
  • Hari 2 – Bangunlah lebih awal untuk menuju ke Candi Borobudur, lanjut ke Candi Prambanan, dan jangan lupa mampir ke Candi Ratu Boko untuk menikmati matahari tenggelam di sana;
  • Hari 3 – Saatnya menikmati keindahan pantai! Kamu bisa eksplorasi Pantai Indrayanti yang ada di Gunung Kidul sebelum lanjut kuliner di sepanjang Jalan Kaliurang.

Rincian Biaya Liburan ke Jogja

Dari semua hal yang perlu kamu pikirkan, biaya liburan ke Jogja tentu jadi pertimbangan utama yang akan memengaruhi seluruh agenda dan itinerary. Simak perkiraannya berikut, yuk!

  • Transportasi – Tiket pesawat atau kereta api bisa bervariasi, bergantung dari mana kamu berangkat. Tapi, kamu bisa taruh kisaran harga antara Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta untuk sekali berangkat;
  • Penginapan – Jogja menawarkan banyak pilihan penginapan, mulai dari hostel murah hingga yang berbintang. GoGetters bisa perkirakan anggaran mulai dari Rp600 ribu sampai Rp1,2 juta untuk tiga malam;
  • Makan – Karena harga makanan di Jogja cukup terjangkau, siapkan budget sekitar Rp300 ribu sampai Rp500 ribu untuk makan selama tiga hari;
  • Biaya masuk objek wisata – Tiket objek wisata Jogja itu juga bervariasi, bergantung dari jenis wisatanya. Siapkan aja budget antara Rp300 ribu sampai Rp500 ribu;
  • Oleh-oleh – Siapkan budget sekitar Rp200 ribu hingga Rp2 jutaan kalau kamu ingin memborong oleh-oleh khas Jogja, mulai dari bakpia, gudeg kering, hingga kerajinan batik.

Kabar gembira buat kamu, GoGetters! Liburanmu ke Jogja kini bisa lebih hemat karena aplikasi GetPlus. Dengan fitur sambung akun Tiket.com di GetPlus, kamu bisa menikmati berbagai promo menarik dan mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang kamu lakukan. Lalu, tukarkan poin tersebut dengan berbagai rewards menarik. Yuk, instal aplikasinya sekarang biar makin #UntungPakeGetPlus!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel β†—
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !