bahaya-polusi-udara-jakarta-getplus-aplikasi-cashback-reward

Hati-hati dengan 3 Efek Bahaya Polusi Udara Jakarta Ini!

Sep 06, 2023

Bahaya polusi udara Jakarta rasanya tidak kunjung membaik. Sebaliknya, kondisinya justru semakin parah. Menurut data IQAir pada 6 September 2023 pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara di Jakarta mencapai angka 151 dengan polutan utama PM2.5, yang menandakan status tidak sehat. Kita nggak bisa berdiam diri gitu aja, GoGetters. Soalnya, bahaya polusi udara Jakarta bisa mengancam kesehatan kita.

Wah, 3 Dampak Bahaya Polusi Udara Jakarta

Cemas rasanya tiap kali memikirkan polusi udara Jakarta. Soalnya, bukan cuma berdampak bahaya terhadap kesehatan fisik, masalah ini juga bisa memengaruhi kondisi kejiwaan. Ini dia beberapa dampaknya yang perlu kamu waspadai!

1. Infeksi saluran pernapasan

ispa-bahaya-polusi-udara-jakarta.

Hal ini berlaku juga pada polusi udara Jakarta. Dalam jangka pendek, bahaya polusi udara Jakarta bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan seperti sesak dada, iritasi tenggorokan, batuk, asma, hingga sulit bernapas.

Baca Juga: Bukan Egois, Ini Dia Pentingnya Self Love Buat Kamu!

2. Masalah kulit

daftar-moisturizer-untuk-kulit-berjerawat-getplus-bahaya polusi udara jakarta

Selain infeksi saluran pernapasan, polusi udara yang parah juga bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Kalau terpapar polusi terus-menerus, kulit kamu bisa mengalami iritasi, muncul jerawat, hingga penuaan dini yang biasanya ditandai dengan kerutan atau garis-garis halus. 

3. Penyakit kronis

penyakit-kronis-bahaya-polusi-udara-jakarta

Sedangkan dalam jangka panjang, bahaya polusi udara Jakarta bisa menyebabkan penyakit kronis seperti masalah jantung, paru-paru, hingga kanker. Bahkan, menurut hasil analisis β€˜The Global Burden of Disease Study’ pada tahun 2019, ditemukan adanya kenaikan risiko kematian akibat paparan polutan O3 dan PM2.5 dalam jangka panjang. 

Inilah Cara Mengatasi Polusi Udara Jakarta

Mengatasi polusi udara Jakarta membutuhkan proses dan birokrasi yang panjang. Untuk itu, kita bisa mulai dari diri sendiri untuk mengatasi bahaya polusi udara Jakarta. Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Tingkatkan kualitas udara dengan tumbuhan 

suasana-rindang-tanaman-desain-interior-rumah-minimalis-bahaya-polusi-udara-jakarta.

Kalau punya lahan terbuka di area tempat tinggal, kamu bisa melakukan urban farming dengan menanam berbagai tanaman anti-polutan yang dapat menyerap CO2. Contohnya seperti tanaman lidah mertua, pakis boston, lidah buaya, dan sirih gading. 

2. Hindari membakar sampah

bakar-sampah-bahaya-polusi-udara-jakarta.

Stop kebiasaan membakar sampah karena hal ini cuma bakal memperparah polusi udara Jakarta. Soalnya, pembakaran sampah menghasilkan gas klorin yang bisa merusak atmosfer bumi. Apalagi, aktivitas tersebut juga bakal melepas asap hitam, debu, dan CO2 ke udara. 

3. Uji emisi kendaraan bermotor secara rutin 

cara-merawat-mobil-matic-bengkel-bahaya-polusi-udara-jakarta

Luangkan waktu untuk melakukan uji emisi kendaraan bermotor milikmu. Kamu bisa membawanya ke bengkel yang mempunyai alat uji. Dengan cara ini, gas emisi yang keluar dari kendaraan bisa lebih terkendali sehingga mengurangi pencemaran lingkungan. 

4. Pasang air purifier ruangan

air-purifier-bahaya-polusi-udara-jakarta

Air purifier mampu menjernihkan udara di dalam ruangan, sehingga kamu bisa merasakan udara yang bersih dan minim polusi. Tapi, air purifier seperti apa yang sebaiknya kamu letakkan dalam ruangan?

Rekomendasi Merek Air Purifier untuk Tangkal Polusi Udara

Saat ini, ada banyak produk air purifier ruangan yang bisa kamu temukan di pasaran. Nah, beberapa rekomendasi berikut ini bisa membantu kamu menjaga kesehatan dari polusi secara optimal:

1. Levoit

Levoit Air Purifier Core P350 Pet Care cocok buat kamu yang punya hewan peliharaan di rumah. Dengan filtrasi yang kuat, air purifier ini nggak cuma mampu menjernihkan ruangan, tapi juga menyaring bulu hewan yang rontok. Apalagi, mesin air purifier Levoit cenderung hening sehingga nggak bakal mengganggu.

2. Sharp

Memiliki kombinasi teknologi dual action dalam bentuk HEPA filter dan ion plasmacluster, Sharp Air Purifier FP-F30Y-A/C/H mampu mengatasi udara kotor, virus, dan kuman secara cepat dan efektif. Kerennya lagi, air purifier ruangan satu ini juga dapat mempercepat sirkulasi udara berkat adanya fitur Anti Dust Mode.

3. Dyson

Kalau kamu mencari air purifier dengan desain futuristik, Dyson Cool Air Purifier Tower Fan adalah jawabannya. Dengan bentuk oval vertikal, air purifier ini juga bisa mempercantik interior ruangan. Tentu nggak cuma unggul soal penampilan, Dyson Cool Air Purifier Tower Fan juga dapat mengatasi 99,95% partikel kotor untuk menghasilkan udara bersih dan angin yang sejuk.

Nggak cuma mengancam kesehatan fisik, polusi juga bisa mengganggu kejiwaan. Karena itu, ayo sama-sama jaga kesehatan diri dari bahaya polusi udara Jakarta dengan memasang air purifier ruangan. Kamu bisa membelinya di eCommerce kesayangan melalui fitur eShop pada aplikasi GetPlus.

Baca Juga: 5 Kegiatan Sederhana Ini Tingkatkan Quality Time Bareng Si Kecil

Tersedia banyak produk dengan beragam promo menarik sehingga kamu bisa belanja sekaligus #UntungPakeGetPlus.Tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi GetPlus sekarang juga! Untuk informasi bermanfaat lainnya, kunjungi blog Kata Gita, ya!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel β†—
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !