pentingnya-self-love-getplus-aplikasi-cashback-reward

Bukan Egois, Ini Dia Pentingnya Self Love Buat Kamu!

Sep 04, 2023

Pentingnya self love apa sih? GoGetters, kamu mungkin sadar kalau belakangan ini banyak orang membahas soal pentingnya mencintai diri sendiri. Memangnya, apa itu self love? Sesuai namanya, self love adalah perasaan mencintai diri sendiri. Tapi, hal ini berbeda dari egois atau narsis, ya. Soalnya, self love lebih fokus pada penerimaan diri sendiri dengan rasa hormat, sehingga kamu bisa merasa bangga dan bahagia dengan hidup. Lantas, kenapa seseorang harus memiliki self love?

Penting, Inilah 4 Alasan dari Pentingnya Self Love

Setelah mengetahui apa itu mencintai diri sendiri, nggak kalah penting juga buat memahami pentingnya self love. Soalnya, dengan memperlakukan diri sendiri secara hormat dan penuh respek, sebetulnya kita telah membangun pondasi yang sehat dalam menjalani hidup, sehingga nantinya bisa merasakan berbagai manfaat berikut ini.

1. Meningkatkan kepuasan hidup

receiving-gifts-tes-love-language-keluarga-pentingnya-self-love

Salah satu pentingnya self love adalah kemampuan menerima diri sendiri, termasuk segala kekurangan yang kita punya. Namun, bukan berarti kita lantas nggak berusaha memperbaiki diri, ya. Maksudnya, kita paham dengan segala batasan yang kita punya, sehingga bisa fokus terhadap hal-hal yang memang bisa kita kontrol, yaitu diri sendiri. Dengan mindset seperti itu, kamu bisa lebih plong dalam menjalani hidup, baik saat situasi suka maupun duka. 

Baca Juga: 13 Inspirasi Gaya Potong Rambut Layer Pendek

2. Mendorong gaya hidup sehat

salad-menu-sarapan-sehat-getplus-cara-bahagia-pentingnya-self-love

Saat menerapkan self love, tentunya kamu bakal terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada diri sendiri. Hal ini juga mencakup kesehatan jasmani, GoGetters. Karena cinta dengan diri sendiri, kamu jadi termotivasi buat menjalankan gaya hidup sehat, seperti memperbaiki pola makan, lebih rajin olahraga, minum air putih yang cukup, dan nggak lagi begadang.

3. Menaikkan kepercayaan diri

layer-bob-potongan-salon-rambut-jelang-hari-raya-pentingnya-self-love

Pentingnya mencintai diri sendiri ternyata juga bisa berpengaruh terhadap kepercayaan diri, lho. Soalnya, kamu memiliki pandangan yang lebih baik terhadap diri sendiri, sehingga kamu bisa lebih menerima segala kondisi yang kamu miliki. Hasilnya, kamu pun nggak lagi insecure dengan diri sendiri, tapi justru lebih berani buat “merayakan” segala kelebihan dan kekurangan yang kamu punya. 

4. Melindungi diri dari masalah kesehatan mental

Olahraga-Rutin-dan-Teratur-cara-bahagiavisual-tips-menjaga-berat-badan-pentingnya-self-love

Membahas tentang apa pentingnya self love ternyata juga nggak jauh-jauh dari kesehatan mental. Saat kamu belum mencintai diri sendiri, perasaan insecure cenderung lebih mudah datang. Hal inilah yang sering membuat seseorang merasa nggak nyaman hingga berujung pada stres hingga depresi. 

Cek 5 Cara Menunjukkan Self Love

Sekarang kamu udah tahu, kan, tentang pentingnya mencintai diri sendiri dalam hidup? Mulai sekarang, ayo kita sama-sama menunjukkan self love dengan melakukan cara-cara berikut ini!

1. Mensyukuri apa yang dimiliki

Simpel tapi manjur, kira-kira itulah efek dari bersyukur. Bukan cuma mensyukuri barang-barang berharga yang kamu miliki, tapi juga kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Dengan begitu, kamu dapat lebih legawa dalam menerima diri, yang merupakan kunci pentingnya self love. 

2. Praktikkan awareness dalam tiap aktivitas

Awareness adalah kesadaran diri akan hal-hal yang kamu rasakan, baik yang dirasakan oleh hati maupun panca indra. Beberapa cara untuk meningkatkan awareness adalah menarik napas dalam-dalam, meditasi, serta lebih memperhatikan apa yang kamu dengar, sentuh, atau cium.

3. Tegaskan batasan dengan orang lain

Masih ingat, kan, kalau salah satu alasan pentingnya mencintai diri sendiri adalah meningkatkan kepuasan hidup? Hal ini bakal sulit kamu capai tanpa menegaskan batasan dengan orang lain. Maksudnya, prioritaskan diri kamu sendiri dulu, baru orang lain. Misalnya, kamu nggak perlu memikirkan pendapat orang lain saat melakukan sesuatu selama hal tersebut nggak merugikan.

4. Menjauhi pergaulan yang negatif

Mencintai diri sendiri bakal lebih sulit terwujud kalau orang-orang di sekitarmu cenderung toxic. Salah satu cirinya adalah kamu selalu merasa lelah tiap kali menghabiskan waktu bersama mereka, atau mereka justru membuatmu merasa insecure atas hal positif yang kamu lakukan. Kalau kamu merasakan pengalaman serupa, saatnya menjauhi pergaulan toxic tersebut.

5. Berikan self-reward 

Setiap kali berhasil mencapai sesuatu, nggak ada salahnya memberikan self-reward sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Hal ini juga termasuk pentingnya self love, lho. Kalau bingung mau memberikan apa ke diri sendiri, kamu bisa ikutan program Self-Love, Self-Reward dari GetPlus.

Melalui program ini, kamu dapat mengapresiasi diri sendiri dengan nyalon, nge-gym, atau perawatan di merchant kategori beauty & wellness pilihan. Kamu bakal dapat diskon 20% kalau menunjukkan ID GetPlus ke petugas merchant, serta mendapatkan bonus 10.000 poin setelah upload struk transaksi di aplikasi GetPlus! Jadi, self-reward kali ini bisa bikin kamu makin untung!

Baca Juga: Wow! 7 Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang Agar Terlihat Fresh

Pentingnya self love ternyata bisa meningkatkan kepuasan hidup, rasa percaya diri, motivasi agar lebih sehat, sampai mencegah masalah kesehatan mental. Makanya, ayo sama-sama mempraktikkan self love mulai sekarang! Salah satunya dengan ikutan program ‘Self-Love, Self-Reward’ dari GetPlus biar makin untung. Download aplikasinya sekarang juga biar nggak kelewatan programnya! Kamu juga bisa klik di sini untuk mendapatkan informasi seru lain dari GetPlus!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !