biaya-ke-korea-selatan-getplus-aplikasi-cashback-reward

Yuk Healing, Ini Rincian Biaya ke Korea Selatan untuk Jalan-jalan

Agu 09, 2023

Mau jalan-jalan ke Korea Selatan buat mampir ke spot K-drama favorit kamu atau sekedar main ke tempat wisata hits? Sebelum berangkat, ada baiknya kamu simak detail biaya ke Korea Selatan dulu biar persiapanmu makin oke!

6 Hal yang Harus Disiapkan untuk Liburan ke Korea Selatan

Dengan mengetahui 6 barang berikut, GoGetters jadi bisa mempersiapkan persiapan detail budget liburan ke Korea Selatan dengan lebih baik. 

1. Baju sesuai musim

biaya-ke-korea-selatan-baju-musim

Berbeda halnya dengan di Indonesia, musim di Korea Selatan ada 4 macam, yakni musim semi, panas, dingin, dan gugur. Kalau GoGetters datang di musim selain gugur, maka enggak banyak biaya tambahan yang perlu kamu keluarkan. Kamu bisa membawa pakaian yang sudah ada. 

Baca Juga: 5 Lokasi Staycation Dekat Jakarta buat Liburan Tahun 2023

Tapi kalau kamu pergi liburan dalam kurun waktu akhir tahun hingga Februari, maka ada tambahan biaya ke Korea Selatan yang perlu kamu persiapkan, yaitu baju-baju winter. Contohnya, coat atau sweater,yang harganya kisaran ratusan ribu. Kamu bisa membelinya di offline store ataupun di marketplace yang lebih praktis. Kalau ingin tips yang lebih terjangkau, kamu bisa membeli barang-barang preloved atau thrift, ya. 

2. Visa turis

biaya-ke-korea-selatan-visa-turis

Pergi liburan ke luar negeri bukan hal yang mudah loh. Ada persyaratan administrasi yang wajib kamu lengkapi, yaitu visa turis. Pengajuan visa turis bisa kamu lakukan melalui Korea Visa Application Center (KVAC). 

Ada berbagai macam visa turis yang bisa kamu miliki bergantung pada seberapa lama kamu akan liburan di sana. Kisaran biaya liburan ke Korea Selatan berkaitan dengan pengajuan visa berkisar antara Rp800 ribuan sampai Rp1,5 jutaan. 

3. Paspor yang masih berlaku

biaya-ke-korea-selatan-paspor

Ada persyaratan dokumen penting lain yang wajib GoGetters miliki sebelum melakukan pengajuan visa, yaitu paspor. Kalau kamu masih belum punya paspor, maka kamu perlu mengajukannya lewat imigrasi di kotamu. Masa berlakunya adalah 10 tahun setelah tanggal penerbitan. Tapi, kalau sudah punya paspor sebelumnya, kamu tinggal pastikan saja apa paspormu masih berlaku, ya.

Biaya ke Korea menyangkut pembuatan paspor ini enggak terlalu mahal kok. Paspor biasa biayanya sekitar Rp350.000,00 dan e-paspor hampir 2 kali lipatnya, yakni Rp650.000,00. Biaya ini juga berlaku sama untuk biaya perpanjangannya. 

4. Agenda perjalanan

biaya-ke-korea-selatan-paspor-agenda-perjalanan

Saat pergi liburan, kamu juga wajib menyiapkan agenda perjalanan dong. Enggak mungkin kan kalau kamu asal pergi saja tanpa riset tempat? Kalau begitu, nantinya perjalananmu bisa-bisa malah semrawut loh. 

GoGetters bisa menyiapkan agenda perjalanan atau itinerary dengan mandiri. Kalau ingin lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan jasa pembuatan itinerary yang tersedia di platform seperti  Tiket.com. Harganya mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu bergantung pada paket yang GoGetters pilih.  

5. Barang pribadi

biaya-ke-korea-selatan-barang-pribadi

Saat pergi liburan, akan lebih bijak kalau GoGetters membawa barang-barang pribadi yang travel friendly dan multifungsi. Jadi, kapasitas kopermu nanti bisa lebih mencukupi. Kamu juga perlu riset barang pribadi apa yang cocok untuk kamu bawa di musim dan aktivitas liburan yang akan kamu lakukan, ya. 

6. Snack halal

biaya-ke-korea-selatan-snack-halal

Enggak seperti Indonesia, Korea Selatan bukanlah negara mayoritas muslim yang menyediakan berbagai makanan halal. Mungkin saat ini sudah ada beberapa makanan di Korea Selatan yang sudah menerapkan label halal, tapi bisa dibilang enggak banyak dan masih sulit ditemukan. 

Buat GoGetters yang muslim, ada baiknya kalau kamu membawa sekitar 5 snack halal dari rumah untuk menemani perjalananmu. Perlu dicatat juga kalau makanan yang kamu bawa sudah sesuai dengan aturan bea cukai, ya. 

Rincian Biaya ke Korea Selatan

Dari list barang-barang di atas dapat disimpulkan bahwa cukup banyak barang yang perlu GoGetters dan tentunya kamu perlu tahu tambahan budget liburan ke Korea Selatan tersebut. Mulai dari persyaratan dokumen yang pastinya lebih dari Rp1 juta. Di luar hal tersebut, seperti itinerary, pakaian, snack dan barang pribadi lainnya juga tidak terlalu berbeda. Jadi kalau ditotal bisa mencapai Rp2 jutaan.  

Baca Juga: Simak 5 Tips Liburan Hemat dengan Sambung Akun GetPlus dan tiket.com

Kalau ingin liburanmu lebih untung, GetPlus punya solusinya nih. GoGetters bisa #DapetinLebih dengan menukar poin GetPlus yang kamu punya dengan Milk Coin dengan hadiah GRATIS trip ke Korea Selatan. Tunggu apa lagi? Dapetin #UntungPakeGetPlus dengan download aplikasi GetPlus atau baca rekomendasi seru lainnya di sini!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !