cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan-getplus

7 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan buat Anak Kos

Mei 05, 2023

Sebagai anak kosan, mengatur keuangan itu jadi hal yang penting banget. Tapi, gimana kalau mood lagi pengin banyak belanja atau jajan? Belum lagi, kebutuhan anak kos juga bisa mengalami peningkatan drastis karena situasi dan kondisi tertentu. Tenang, kamu bisa tetap hemat, kok, asal mengikuti tujuh cara hemat dalam membelanjakan uang jajan berikut ini!

Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Keuangan bisa diatur sedemikian rupa, kok, GoGetters. Kalau kamu nggak bisa mengontrolnya dari segi eksternal, ada cara hemat dalam membelanjakan uang jajan berikut ini.

1. Tentukan budget kebutuhan dan keinginan

budget-plan-tips-frugal-living-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan

First things first, tentukan dulu kebutuhan dan keinginanmu pada periode waktu tertentu. Misalnya, kamu bisa membuat daftar keperluan dan barang-barang yang diinginkan dalam jangka waktu satu bulan. Dari rincian tersebut, buatlah skala prioritas dan budget yang bisa kamu gelontorkan buat memenuhinya. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat karena terhindar dari perbuatan impulsif yang bikin GoGetters boros.

Baca Juga: Mau Menjalani Frugal Living? Ini 8 Tipsnya!

2. Kontrol pemakaian paylater

lunasi-utang-tips-frugal-living

Selain bikin daftar belanjaan yang sesuai dengan kemampuan dan skala prioritas, mengontrol keuangan dari sisi alat pembayaran juga jadi hal yang nggak kalah penting, lho, GoGetters. Soalnya, kini ada banyak sekali metode pembayaran yang simpel sehingga transaksi bisa diproses super cepat, misalnya seperti paylater.

Metode pembayaran paylater membuat kamu merasa terus memiliki uang yang cukup untuk belanja, sama halnya dengan kartu kredit. Padahal, nantinya bakal ada tagihan yang mesti kamu lunasi plus biaya administrasinya. Untuk itu, awasi dan batasi pemakaian paylater biar cashflow kamu tetap terkontrol, ya!

3. Jangan mudah tergiur produk baru

manfaatkan-barang-tips-frugal-living-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan

Saat GoGetters sudah stuck pada satu merek tertentu, biasanya kamu bakal cenderung loyal pada mereka. Nggak heran kamu bakal merasa ingin selalu membeli produk-produk baru yang dirilis oleh brand tersebut. Padahal, tindakan semacam ini bisa membuat arus keuangan kamu jadi nggak terkendali. Supaya terhindar dari hal itu, teguhkan niatmu biar nggak gampang tergoda dengan setiap produk atau layanan baru yang dihadirkan oleh brand tertentu.

4. Biasakan makan sebelum belanja

makan-aktivitas-seru-bersama-teman-kantor-tgif-getplus

Belanja saat sedang lapar juga bisa berakibat buruk buat kondisi finansial kamu, lho, GoGetters. Soalnya, kondisi perut yang nggak terisi membuatmu cenderung ingin memborong semua makanan ringan untuk stock di kosan. Makanya, biasakan untuk makan sebelum belanja biar kamu bisa menahan keinginan tersebut. Lalu, alokasikan uangnya untuk membeli berbagai kebutuhan lain yang lebih penting.

5. Jangan malu untuk mengembalikan & membandingkan

cek-harga-tips-frugal-living-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan

Sebagai anak kos, kamu tentu sudah biasa belanja kebutuhan sehari-hari. Artinya, kamu pastinya tahu harga ideal untuk setiap produk yang dibeli. Nah, kalau kamu merasa produk tersebut mahal, jangan ragu buat membandingkan dengan pilihan lainnya yang lebih miring. Jangan takut juga untuk mengembalikan produk yang rusak, kedaluwarsa, atau yang nggak kamu butuhkan. Tapi, pastikan tempatmu belanja menawarkan pengembalian barang gratis, ya!

6. Buat catatan keuangan

Nggak hanya merencanakan kebutuhan selama satu bulan ke depan, membuat catatan keuangan juga berperan penting buat memonitor arus kas kamu. Sebab, catatan keuangan ini nantinya bisa jadi bahan evaluasi buat GoGetters sehingga bisa lebih hemat lagi pada bulan berikutnya. Kamu jadi tahu mana saja produk-produk yang bisa dibeli dengan harga lebih miring atau nggak perlu dibeli sama sekali.

7. Manfaatkan promo

tips-belanja-kebutuhan-lebaran-transmart-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan juga bisa dengan memanfaatkan berbagai promo yang tersedia. Bukan saja tersedia di berbagai merchant untuk transaksi langsung, promo-promo ini juga bisa kamu pakai saat bertransaksi online.

Buat kamu yang hobi belanja online, pastikan GoGetters selalu standby di setiap tanggal kembar. Misalnya, nantikan promo tanggal 5 bulan Mei (5.5) atau tanggal 6 bulan Juni (6.6). Dengan begitu, kamu bisa dapat barang yang masuk wishlist, tapi dengan harga lebih murah.

Nah, ada lagi cara hemat dalam membelanjakan uang jajan, yaitu pakai fitur Foto Struk atau eShop dari GetPlus. Dengan fitur tersebut, kamu jadi bisa mengumpulkan poin dengan scan struk belanja kamu atau dapatkan barang kebutuhan yang lebih murah di eShop GetPlus. Yuk, instal aplikasinya sekarang di App Store maupun Google Play Store dan belanjalah dengan makin #UntungPakeGetPlus!

Baca Juga: Mengatur Keuangan pakai Jasa Financial Planner, Perlu Nggak sih?

Kalau masih bingung, kamu bisa klik di sini buat tanya-tanya soal GetPlus. Jangan lupa juga kunjungi blog GetPlus untuk mendapatkan berbagai informasi terkini dan menarik seputar lifestyle!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !