cara-membersihkan-kaca-getplus-aplikasi-reward-cashback

Simak Cara Membersihkan Kaca yang Buram Jadi Kinclong!

Jul 19, 2023

Hai, GoGetters! Pasti kamu sering kali dibuat pusing dengan kaca jendela yang kotor atau buram, kan? Jangan khawatir, berikut ini sejumlah tips dan trik mudah untuk membuat kaca jendela kita jadi kinclong dan bening lagi. Jendela yang bersih nggak hanya bikin rumah kelihatan lebih cerah, tapi juga membiarkan sinar matahari masuk dengan lancar. Yuk, ikuti cara membersihkan kaca ini dengan mudah dan tepat!

1. Tunggu cuaca mendung

Untuk cara membersihkan kaca yang pertama, pastikan kamu membersihkan kaca jendela pada hari yang nggak terlalu panas atau terik, misalnya saat cuaca mendung atau di pagi hari. Sebab, kalau kita mengelap kaca saat matahari lagi terik-teriknya, air pembersihnya bakal cepat kering di jendela dan meninggalkan noda yang susah hilang. Kamu pasti malas kan kalau harus membersihkan jendela dua kali kerja.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Dalam Rumah Ini Bisa Perkuat Imun Tubuh Loh

2. Lap kotoran dan debu yang menempel pada kaca

Sebelum mulai membersihkan kaca jendela, pakai kain lap yang bersih dan lembut untuk mengusap kotoran, debu, atau serpihan kecil yang nempel di jendela. Gosok pelan-pelan dengan gerakan melingkar biar kotorannya terangkat dan nggak bikin goresan di kaca.

3. Pastikan jendela sudah kering

Sebelum pakai cairan pembersih, pastikan GoGetters mengeringkan jendela dulu. Gunakan kain lap yang bersih dan kering, gosok permukaan kaca dengan lembut supaya kelembapannya hilang. Langkah ini bakal mencegah bercak air atau noda yang muncul sewaktu kita sedang membersihkan kaca.

4. Gunakan kain dan wiper yang halus

Waktu mengikuti cara mengelap kaca jendela, pastikan kamu pakai kain lap dan wiper yang halus biar nggak merusak permukaan kaca. Hindari pakai kain atau spons kasar yang bisa bikin goresan di kaca. Kain mikrofiber jadi pilihan yang paling tepat, sebab seratnya lembut dan nggak bakal meninggalkan serpihan di kaca.

5. Semprotkan produk pembersih

Ada beberapa pilihan produk pembersih yang bisa kamu pakai buat mengelap kaca jendela. Misalnya, bisa pakai pembersih kaca yang dijual di toko, atau kamu juga bisa buat sendiri pembersih alami dengan campur air dan cuka atau air perasan lemon. Kalau kamu memilih pembersih kaca dari toko, jangan lupa ikutin petunjuk penggunaannya yang ada di kemasannya ya.

Cara Membersihkan Kaca yang Buram secara Alami

Kamu sudah menjalankan gaya hidup minim limbah dan ingin membersihkan kaca pakai bahan-bahan alami? Bisa, kok! Berikut tiga cara yang bisa GoGetters coba.

1. Air dan cuka

Air dan cuka adalah dua komposisi yang bisa kamu campurkan sebagai cairan pembersih kaca alami. Setelah mencampurkan dua bahan ini dengan perbandingan yang sama, semprotkan ke permukaan kaca yang buram. Lalu, lap menggunakan spons bersih dan gunakan sikat gigi kalau noda yang menempel terlalu sulit diangkat.

2. Tepung maizena

Bahan berikutnya yang bisa kamu pakai adalah tepung maizena. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan tepung maizena sebanyak satu sendok teh, tambahkan sabun mandi satu sendok teh, lalu campur dengan air secukupnya. Aduk hingga merata, lalu semprotkan ke permukaan kaca. Gunakan spons yang bersih saat membersihkan. Kalau sudah kering, barulah GoGetters bisa mengelap kaca dengan kain.

3. Mentega dan kayu putih

Bahan ketiga adalah mentega dan kayu putih. Percampuran keduanya bisa membersihkan noda-noda membandel yang menempel di kacamu, misalnya noda bekas lem stiker. Setelah memberikan mentega dan kayu putih, gosok permukaan kaca dengan perlahan. Cara ini juga bisa kamu lakukan di permukaan selain kaca yang terkena noda bekas lem.

Rekomendasi Produk untuk Membersihkan Jendela sampai Bersih

1. Wiper khusus kaca

Wiper-khusus-kaca-cara-membersihkan-kaca
(Sumber: Pexels)

Pakai wiper khusus yang didesain khusus buat membersihkan kaca jendela. Wiper ini punya karet halus dan lentur yang bisa membersihkan kaca dengan efektif tanpa meninggalkan goresan.

Rekomendasi produk: Wiper Kaca Sprayer Nagoya

Wiper kaca yang satu ini bukan hanya berfungsi sebagai pembersih kaca, tapi juga penyemprot cairan pembersih. Kamu jadi nggak perlu lagi bawa semprotan kemana-mana karena sudah dalam satu alat.

Rekomendasi produk: Lion Star, IKEA Lillnaggen, Wiper Nagata 346L

Rekomendasi pertama yang bisa kamu beli adalah Lion Star. Dengan Harga Rp11 ribu aja, kamu bisa dapetin tools yang berwarna-warni ini. Gagangnya juga cukup panjang, kok, jadi nyaman buat membersihkan permukaan kaca.

IKEA Lillnaggen bisa jadi rekomendasi berikutnya. Keunggulan produk ini adalah pada tampilannya yang minimalis, tanpa mengurangi fungsinya. Harganya juga cuma Rp13 ribuan aja, lho!

Terakhir, ada WIper Nagata 346L dengan spons dan karet pada permukaannya untuk membersihkan sisa-sisa sabun. Harga produk ini memang sedikit lebih mahal dari dua rekomendasi sebelumnya, yaitu Rp25 ribuan.

2. Kain lap

kain-lap-cara-membersihkan-kaca
(Sumber: Pexels)

Pilih kain lap yang terbuat dari bahan mikrofiber. Kain ini ampuh buat mengangkat kotoran dan debu dari kaca tanpa merusak permukaannya.

Rekomendasi produk: Kanebo

Kain lap mircofiber dari Kanebo sudah sangat terkenal akan kemampuannya dalam menyerap cairan, khususnya yang berbahan dasar air. Penggunaan kain lap Kanebo akan mempercepat pengeringan kaca jendela sehingga proses pengelapan jadi lebih efektif tanpa meninggalkan noda bercak bekas air.

Rekomendasi produk: IKEA Tekla, David Palmer Microfiber Serbaguna, Kenmaster Synthetic Cloth

IKEA Tekla adalah produk kain lap yang bisa kamu beli karena harganya murah dan tahan lama. Lap ini bisa kamu pakai buat membersihkan permukaan jendelamu. Kekurangannya cuma satu, lap ini kurang bisa menyerap air yang mungkin akan memengaruhi hasil pembersihan jendela.

David Palmer Microfiber Serbaguna adalah kain lap dengan harga super murah! Cuma Rp600 aja, kamu bisa dapetin kain lap berbahan microfiber yang bisa menyerap dengan baik. Pilihan warnanya juga menarik-menarik banget, lho!

Kenmaster Synthetic Cloth adalah salah satu produk kanebo yang biasa dipakai buat membersihkan motor. Nggak cuma itu, kamu juga bisa pakai lap ini buat membersihkan jendela. Harganya Rp11 ribu, tapi permukaannya cepat kering dan sudah dilengkapi dengan wadah penyimpanan.

3. Pembersih kaca

pembersih-kaca-cara-membersihkan-kaca
(Sumber: Pexels)

Ada banyak produk pembersih kaca di pasaran yang bisa kamu pilih berdasarkan harga dan kualitasnya. Pilih produk yang sesuai dengan selera atau bisa juga berdasarkan rekomendasi dari teman atau keluarga.

Rekomendasi produk: Cling Glass Cleaner

Produk dari PT Wings Surya, sebuah perusahaan lokal yang dikenal memproduksi produk rumah tangga, produk ini mampu mengelap kaca yang berjamur atau pecah, Cling Glass Cleaner juga dapat mengelap noda dan kotoran yang menempel pada material keramik, stainless steel, plastik dan kayu.

Rekomendasi produk: Mr Muscle Windex Spray, Kenmaster Obat Jamur Kaca, Yuri Fresh Blue Glass Cleaner

Cairan pembersih yang bisa kamu beli buat membersihkan kaca adalah Mr Muscle. Harganya cuma Rp11 ribuan, tapi kamu sudah bisa dapetin cairan dalam botol berukuran 500 ml ini! Ditambah lagi, ada anti-bakteri di dalamnya, lho!

Cobain juga Kenmaster Obat Jamur Kaca yang bisa diaplikasikan ke permukaan kaca atau mobil. Produk ini punya formula yang sangat ringan sehingga aman buat dipakai untuk membersihkan peralatan masak. Dapatkan produk ini dengan harga Rp9 ribu aja!

Yuri Fresh Blue Glass Cleaner adalah produk kreasi anak bangsa yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp15 ribu aja. Kemasannya yang berupa botol semprot membuat produk ini lebih mudah diaplikasikan ke permukaan kaca.

Itu dia beberapa tips simpel buat mengelap kaca jendela yang buram sampai cling. Oh ya, kalau belanja barang rekomendasi di supermarket, jangan lupa foto struknya pakai aplikasi GetPlus biar bisa dapat poin dan nikmati banyak keuntungannya. Atau, kalau GoGetters lebih suka belanja online, intip eShop di aplikasi GetPlus buat beli barang keperluan sehari-hari dengan mudah dan aman. Yuk, segera download aplikasi GetPlus sekarang juga dan bikin hidup jadi lebih praktis dan hemat!

Baca Juga: Cari Hampers? Catat 7 Sabun dan Shampo Bayi yang Bagus

Pelajari berbagai informasi menarik seputar inspirasi seru-seruan bareng GetPlus melalui laman Kata GitaTerus update dengan berbagai promo menarik yang kami sediakan di laman promo GetPlus.

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !