Sering Boros? Ini Cara Menghemat Kuota agar Paket Data Awet!

Nov 13, 2023

Di era super-canggih seperti sekarang, kuota internet ibarat napas buat smartphone kamu. Nggak bisa dipungkiri, mulai dari ngobrol, kerja, belajar, sampai nonton drakor favorit, semua butuh kuota. Makanya, cara menghemat kuota itu penting banget buat memastikan paket datamu awet dan dompet nggak jebol. Simak, yuk, beberapa cara menghemat kuota biar kuota kamu bisa irit seirit-iritnya!

Cara Menghemat Kuota

Pengguna provider apa pun, simak penjelasan di bawah ini, yuk, karena akan ada empat cara menghemat kuota yang bisa kamu lakukan. Simak sampai akhir, ya!

1. Batasi penggunaan aplikasi streaming

Siapa yang nggak suka nonton video atau mendengarkan musik online? Padahal, dua aktivitas itulah yang akan membuat kuotamu cepat habis. Tipsnya, kalau lagi nonton, GoGetters bisa pilih kualitas gambar yang lebih rendah. Meskipun HD itu enak dilihat, tapi kuota juga harus dihemat, kan?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film tentang Persahabatan, Bikin Nangis Bombay!

2. Utamakan penggunaan WiFi

Salah satu cara paling simpel yang sering terlupakan adalah mengutamakan penggunaan WiFi. Usahakan untuk selalu mencari WiFi gratisan yang aman, mau itu di mall, kafe, atau sekolah. Dengan cara itulah kuota seluler kamu bisa ditabung buat keadaan mendesak.

3. Gunakan aplikasi media sosial versi Lite

Facebook Lite, Twitter Lite, kawan-kawan Lite lainnya dibuat untuk menghemat kuota para penggunanya. Karena fitur-fitur di aplikasi versi ini cenderung lebih simpel, makanya nggak banyak makan data. Pas banget buat kamu yang aktif di media sosial.

4. Pasang limit penggunaan kuota di smartphone

Ini nih cara cerdas supaya kamu nggak over kuota. Di pengaturan smartphone GoGetters, biasanya ada fitur buat set limit pemakaian data per hari atau per bulan. Setelah mengatur hal ini, kamu bisa mendapat peringatan saat pemakaian kuotamu sudah melebihi batas.

Cara Menghemat Kuota Indosat

GoGetters adalah pengguna setia Indosat yang pengin menghemat kuota bulanan? Nggak usah khawatir. Di aplikasi myIM3, ada fitur cek riwayat pemakaian kuota yang bisa kasih tahu kamu berapa total penggunaan kuota selama periode waktu tertentu. Dengan begitu, kamu bisa tahu ke mana saja habisnya kuotamu selama ini, apakah ke aplikasi entertainment atau untuk browsing. Harapannya, di bulan depan kamu bisa tahu cara menghemat kuota Indosat, jadi hanya dipakai untuk hal-hal yang penting aja.

Cara Menghemat Kuota Telkomsel

Sementara itu, buat kamu yang menggunakan provider Telkomsel, GoGetters bisa memanfaatkan fitur Jaga Pulsa dan Jaga Tagihan sebagai cara menghemat kuota Telkomsel. Dua fitur ini bisa bantu kamu untuk mengontrol pengeluaran kuota dan pulsa. Sehingga, ketika paket datamu habis, pulsa nggak akan langsung ludes buat menjalankan aplikasi yang ada di smartphone-mu. Kalau ingin menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi MyTelkomsel, ya!

3 Penyebab Kuota Boros

Nah, biar kuota makin irit, penting buat GoGetters mengenali tiga penyebab kuota boros. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Auto sync dan update

Zaman sekarang, semua serba-otomatis, termasuk update aplikasi. Padahal, proses inilah yang bikin kuotamu cepat habis. Makanya, cek pengaturanmu dan matikan auto-sync untuk email, foto, dokumen, dan update aplikasi secara otomatis. Sebagai gantinya, GoGetters bisa melakukan ini saat terkoneksi dengan WiFi.

2. Game online dan live streaming

Dua aktivitas inilah yang paling seru sekaligus paling memakan banyak kuota, apalagi kalau game atau live stream-nya berkualitas HD. Jadi, buat GoGetters yang ngaku gamers sejati, bijak-bijaklah dalam memilih game dan sesi streaming-mu, ya!


Promo Untukmu


3. Penggunaan GPS setiap saat

GPS memang sahabat baik buat yang suka nyasar di jalanan. Tapi, kalau fitur ini terus-menerus aktif, kuota internet kamu bisa terkuras, lho! Makanya, kalau GoGetters sudah hafal jalannya, lebih baik matikan GPS dan nikmati perjalananmu.

Baca Juga: Kapan Hari Ayah Nasional? Ini Sejarah & Daftar Hadiah untuk Ayah

Nah, GoGetters, sekarang kamu sudah tahu, kan, penyebab kuota boros termasuk cara menghematnya? Biar kamu bisa makin hemat, jangan lupa gunakan aplikasi GetPlus buat dapat poin yang bisa kamu tukar dengan berbagai rewards menarik. Download aplikasinya sekarang biar kamu makin #UntungPakeGetPlus! Jangan lupa juga buat mampir ke blog KataGita, tempatnya info dan tips keuangan yang bisa bikin kamu makin cermat dan hemat!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !