kelebihan-dan-kekurangan-daycare-getplus-aplikasi-cashback-reward

Catat Kelebihan dan Kekurangan Daycare, Tempat Penitipan si Kecil

Nov 12, 2023

Halo GoGetters! Siapa di antara kamu yang kerap merasa bingung untuk membagi waktu antara rutinitas pekerjaan dan mendampingi si kecil di rumah? Di era serba-dinamis seperti saat ini, banyak orang tua yang mulai melirik daycare sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Tapi, tunggu dulu! Sebelum memutuskan menitipkan buah hatimu di sini, ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan daycare.

7 Kelebihan dan Kekurangan Daycare

Buat orang tua yang masih bingung, apakah tempat ini bisa jadi solusi terbaik atau nggak, berikut kelebihan dan kekurangan daycare untuk si kecil. Simak sampai akhir, ya!

1. Ada kurikulum berstandar untuk anak

kurikulum-belajar-kelebihan-dan-kekurangan daycare-getplus-aplikasi-cashback-reward

Daycare itu nggak sekadar tempat penitipan anak, lho. Tempat ini punya kurikulum sehingga anak-anak akan diberi kesempatan untuk terus belajar dan berkembang. Aktivitas mereka selama berada di tempat itu akan disusun sedemikian rupa, mulai dari bermain sampai belajar. Ini tentunya membuat anak nggak mudah bosan dan selalu antusias datang ke daycare setiap harinya.

Baca Juga: 4 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Modern dan Nyaman

2. Bisa memberi anak kesempatan bersosialisasi

sosialisasi-kelebihan-dan-kekurangan daycare-getplus-aplikasi-cashback-reward

Bersosialisasi adalah aspek yang diperlukan oleh anak-anak karena hakikat manusia adalah makhluk sosial. Mengenal teman baru, bermain bersama, bahkan belajar menyelesaikan konflik bisa dilakukan si kecil di daycare. Ini adalah langkah awal bagi mereka untuk membangun keterampilan bersosial dan mengendalikan emosi yang penting untuk masa depannya.

3. Keamanan lebih terjamin

keamanan-kelebihan-dan-kekurangan-daycare-getplus-aplikasi-cashback-reward

Kebanyakan daycare itu sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan mutakhir. Selain CCTV, ada juga petugas keamanan yang berjaga di sekitar area daycare plus sistem akses yang terkontrol. Sehingga, ketika kamu lagi nggak bersama si kecil, GoGetters tetap bisa tenang karena tahu dia berada di lingkungan yang aman.

4. Nggak perlu repot membuat bekal untuk anak

Cara-menabung-untuk-menikah-bekal

Terkadang, sebagai wanita karier, kamu nggak punya waktu buat menyiapkan bekal buat si kecil. Tenang saja, beberapa daycare juga sudah sekaligus menyediakan makanan dan snack buat buah hatimu, kok. Selain praktis, menu makanan yang mereka tawarkan umumnya juga sudah dipastikan punya gizi seimbang untuk mendukung tumbuh kembang anak.

5. Keterbatasan jam operasional

jam-buka-kelebihan-dan-kekurangan-daycare-getplus-aplikasi-cashback-reward

Setiap daycare memiliki jam operasional masing-masing. Kalau kamu termasuk sebagai orang tua yang sering pulang terlambat atau membutuhkan fleksibilitas waktu, ini bisa menjadi hambatan tersendiri. Makanya, GoGetters wajib memastikan bahwa daycare yang kamu pilih punya jam operasional sesuai rutinitasmu.

6. Pengajar nggak bisa berfokus pada satu anak

Meskipun rasio pengajar dengan anak di daycare biasanya sudah memenuhi standar, tetap saja seorang pengajar di tempat ini harus membagi perhatiannya ke beberapa anak. Ini berarti ada kemungkinan bahwa si buah hatimu nggak mendapatkan pendampingan penuh dari tenaga pengajar atau pendamping seperti ketika mereka ada di rumah.

7. Ketimpangan antara pola asuh di rumah dan daycare

Setiap keluarga memiliki cara mendidik anak yang unik. Sehingga, nggak mengherankan kalau kemungkinan pola asuh di daycare itu berbeda dengan ketika mereka di rumah. Dampaknya, buah hatimu bisa bingung karena harus menerima dua pola asuh yang berbeda. Kamu perlu mengomunikasikan hal ini dengan pihak daycare untuk menyelaraskan pola pendekatan.

Rincian Biaya Daycare di Jabodetabek

Biaya daycare di Jabodetabek pastinya berbeda-beda, bergantung fasilitas, program, dan reputasi dari masing-masing tempat. Sebagai patokan, kamu bisa menyiapkan biaya daycare antara Rp2 juta hingga Rp5 juta per bulan biar aman. Kalau budget-mu terbatas, pastikan GoGetters nggak memilih layanan-layanan tertentu yang membuat biaya membengkak, ya!

Itulah panduan lengkap seputar kelebihan dan kekurangan daycare yang perlu kamu ketahui sebelum menitipkan buah hati ke sana. Nggak perlu khawatir soal aktivitas dan keamanannya karena semua sudah terjamin. GoGetters mungkin bisa menyesuaikan jam operasional daycare dengan rutinitasmu biar nggak menghambat satu sama lain.

Baca Juga: 7 Manfaat Menabung Bagi Anak dan 10 Tips Mengajarkannya dengan Asyik!

Soal biaya, kamu bisa menitipkan si kecil di daycare dengan harga murah berkat aplikasi GetPlus. Aplikasi ini sudah bekerjasama dengan Si Kepik Daycare, sehingga kamu bisa scan struk pembayaran dari daycare tersebut menggunakan fitur Foto Struk GetPlus. Kumpulkan poinnya dan tukarkan dengan berbagai rewards menarik.Mari download aplikasinya sekarang biar makin #UntungPakeGetPlus! Jangan lupa juga untuk mengunjungi blog KataGita untuk info lengkap seputar lifestyle!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !