4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock yang Wajib Kamu Tahu

Feb 07, 2024

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki indeks ultraviolet (UV) yang tinggi dari paparan sinar matahari. Paparan sinar UV ini dapat merusak kulit hingga menyebabkan kulit kering, kusam, menggelap, muncul kerutan dan garis halus, hingga risiko kanker. 

Oleh sebab itu, kita perlu melindungi kulit dengan sunscreen dan sunblock agar terhindar dari efek buruk paparan sinar UV. Meskipun terdengar sama, sunscreen dan sunblock sebetulnya berbeda, lho. Memangnya apa perbedaan sunscreen dan sunblock?

Apa Itu Sunscreen dan Sunblock?

Baik sunscreen dan sunblock merupakan produk skincare yang berfungsi melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Namun, kalau membahas tentang apa bedanya sunscreen dan sunblock, kita bisa melihat dari sifat kerjanya. 

Sunscreen bekerja secara kimiawi, sedangkan sunblock bekerja secara fisik. Dengan cara kerja kimiawi, sunscreen mampu menyerap sinar UV dan menyaringnya agar nggak menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kulit.

Sementara itu, sunblock bekerja secara fisik dengan menjadi penghalang antara kulit dan sinar UV. Ia membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit. Ketika kulit terpapar sinar matahari, sunblock akan memantulkan sinar UV untuk mencegahnya masuk lebih jauh ke dalam lapisan kulit. Tentunya, masih ada faktor lain yang membedakan sunscreen dan sunblock. Apa saja?

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Apa bedanya sunscreen dan sunblock yang bagus untuk wajah juga bisa kamu lihat dari berbagai faktor lain, mulai dari cara kerja dan pakai, tekstur produk, kandungan aktif, hingga level proteksi. Yuk, GoGetters, cek masin-masing detailnya di bawah ini!

  • Cara kerja dan pakai

Walaupun sunscreen dan sunblock sama-sama mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, keduanya bekerja dengan cara berbeda. Sesuai penjelasan di atas, sunscreen akan menyerap sinar UV agar nggak mencapai kulit. Di sisi lain, sunblock membangun lapisan fisik pada permukaan kulit untuk menghalangi sinar UV.

  • Tekstur produk

Perbedaan sunscreen dan sunblock juga bisa kamu lihat dari teksturnya, GoGetters. Umumnya, sunscreen punya tekstur yang lebih ringan sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Hal tersebut berbeda dari tekstur sunblock yang cenderung lebih kental dan “berat”. Itulah kenapa biasanya sunblock butuh waktu lebih lama untuk menyerap pada kulit.

  • Kandungan aktif

Kandungan atau bahan aktif pun nggak boleh terlewatkan saat membahas tentang apa bedanya sunscreen dan sunblock. Soalnya, kandungan sunscreen didominasi oleh bahan kimia seperti oxybenzone, avobenzone, dan octinoxate. Kandungan kimia inilah yang bekerja menyerap sinar UV agar tidak menembus lapisan dalam kulit. Di sisi lain, mayoritas sunblock mempunyai kandungan mineral seperti seng oksida atau titanium oksida untuk memantulkan sinar UV.

  • Level proteksi

Karena adanya perbedaan cara kerja, tekstur, serta kandungan, sunscreen dan sunblock pun menawarkan level proteksi yang berbeda pula. Pada umumnya, sunscreen hanya mampu melindungi kulit dari sinar UVB, tapi beberapa produk memberikan perlindungan terhadap sinar UVA pula. Sedangkan, mayoritas sunblock dapat memproteksi kulit secara menyeluruh dari UVA dan UVB.

Artikel Untukmu

Pilih Sunscreen atau Sunblock yang Bagus untuk Wajah? 

Baik sunscreen dan sunblock sama-sama penting untuk melindungi kulit kamu, GoGetters. Kamu bisa menyesuaikan pemakaiannya dengan aktivitas yang kamu lakukan. Misalnya kalau kamu melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, sebaiknya gunakan sunblock yang mampu memberikan proteksi menyeluruh.

Salah satu rekomendasi sunblock yang bagus untuk wajah adalah Holika Holika Make Up Sun Cream Tone Up. Dengan kombinasi Centella Asiatica Extract dan SPF 50+ PA+++, sunblock satu ini dapat melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV sekaligus memberikan efek antioksidan yang menenangkan. Bahkan, ia juga bisa meratakan warna kulit untuk menghasilkan flawless finish.

Namun, kalau kamu lebih sering beraktivitas di dalam ruangan, sunscreen dengan tekstur ringan seperti Azarine Hydrasoothe Sunscreen merupakan pilihan tepat. Teksturnya berbentuk gel dingin sehingga cepat menyerap pada kulit. Mengandung Green Tea, Aloe Vera, Royal Jelly, dan Resveratrol, Azarine Hydrasoothe Sunscreen bakal melindungi kulitmu dari paparan sinar UV sekaligus menjaga kelembapannya.

Kini, kamu sudah nggak bingung lagi dengan perbedaan sunscreen dan sunblock, kan? Keduanya sama-sama penting untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV. Sesuaikan saja penggunaannya dengan kebutuhan aktivitas kamu, contohnya seperti Holika Holika Make Up Sun Cream Tone Up untuk aktivitas outdoor dan Azarine Hydrasoothe Sunscreen untuk aktivitas indoor.

Kedua produk tersebut bisa kamu beli di toko fisik Watsons dan Guardian di mall partner GetPlus, seperti Grand Indonesia, Mall Kelapa Gading, Pakuwon Mall, dan Tunjungan Plaza. Setelah itu, upload bukti belanja sunscreen dan sunblock tersebut melalui fitur Foto Struk di aplikasi GetPlus. Kamu bisa mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan rewards menarik, lho

Makanya, yuk, buruan download aplikasi GetPlus agar lebih untung saat belanja di berbagai merchant partner! Biar makin cantik, klik di sini untuk mendapatkan info perawatan kulit lainnya dari KataGita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !