sejarah-tren-fusion-croissant-geprek

Croissant Adalah: Sejarah dan Tren Fusion dari Croissant Geprek

Mei 07, 2023

Selain baguette, salah satu kuliner Prancis yang GoGetters pasti kenal adalah croissant. Meskipun cara pembuatannya nggak mudah, roti Prancis satu ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang buttery dan teksturnya yang garing dan flaky

Saking disukainya, hidangan satu ini sampai dimodifikasi menjadi beragam hidangan unik, lho! Sebut aja beberapa hidangan dari Croissant Geprek yang dari namanya aja mungkin udah bikin GoGetters bingung. Tapi sebelum itu, simak dulu asal-usul croissant, yuk!

Mengenal Asal-usul Croissant dan Berbagai Macam Olahannya

Ada banyak cerita mengenai bagaimana sebenarnya asal-usul croissant. Namun, semua cerita tersebut dianggap hanya sebagai legenda aja karena nggak dapat dibuktikan kebenarannya. Satu hal yang jelas, croissant merupakan ‘keturunan’ dari roti asal Austria, kipferl. Roti ini memiliki berbagai macam bentuk, dengan salah satu variannya berbentuk sabit seperti croissant. Bedanya, roti satu ini rasanya lebih manis, berisi kacang atau isian lainnya, dan teksturnya lebih dense.

Baca Juga: Ada Igor’s Pastry, Ini 6 Cafe Surabaya yang Pas buat Ngabuburit!

Kipferl ini dipopulerkan oleh seorang baker asal viena, August Zang, yang memiliki toko di Paris. Karena warga sekitar menyukainya, mereka pun mengadaptasi pastry tersebut dan menyebutnya croissant, sesuai bentuknya yang crescent atau sabit. Akhirnya, Sylvain Claudius Goy menjadi orang pertama yang membuat resep croissant versi Prancis pada tahun 1915.

Secara tradisional, croissant terbagi menjadi dua jenis, yaitu croissant au beurre dan croissant ordinaire. Bedanya, croissant au beurre dibuat dengan menggunakan mentega murni yang lebih mahal, sedangkan croissant ordinaire dibuat menggunakan margarin yang terjangkau. 

Croissant Jadi Fusion Food?

Bagi yang belum tahu, fusion food merujuk pada makanan yang terbuat dari gabungan dua atau lebih resep dari kebudayaan yang berbeda. Umumnya, hal ini terjadi sebagai bentuk lokalisasi sebuah resep dari luar negeri atau sekadar eksperimen semata. Salah satu contoh fusion food yang terkenal adalah American sushi. Ini merupakan gabungan antara sushi tradisional dari Jepang dengan topping keju leleh, spicy mayo, alpukat, dan masih banyak lagi bahan ala Amerika lainnya.

Di Indonesia sendiri, fusion food juga menjadi jenis makanan yang sering GoGetters temukan sehari-hari. Salah satunya yang terbaru adalah croissant geprek, gabungan antara pastry dari Prancis dengan olahan geprek ala Indonesia. Lalu, bagaimana jadinya?

Croissant Geprek, Hadirkan Paduan Kuliner Prancis dan Nusantara 

Ya, GoGetters nggak salah baca. Di Indonesia, kamu bisa menemukan menu croissant geprek yang, sesuai namanya, merupakan gabungan antara croissant dari Prancis dan olahan geprek dari Indonesia. Jadi, kamu bisa merasakan croissant yang garing dan flaky, dicampur dengan rasa pedas yang nendang dari sambal gepreknya. Bagi pencinta makanan pedas, bisa jadi menu satu ini cocok banget untuk kamu.

Kalau kamu penasaran banget dengan fusion food satu ini, kamu bisa datang ke Croissant Geprek yang buka beberapa cabang di Surabaya. Memangnya, ada menu apa aja di tempat makan unik satu ini?

Menu Croissant Geprek Surabaya, Ada Apa Aja?

Menu dari Croissant Geprek ada bermacam-macam, mulai dari yang manis hingga savory. Untuk yang manis misalnya, ada croissant terbul yang merupakan croissant geprek dengan topping keju dan cokelat, serta croissant berry chiz dengan topping bluberi. Sedangkan untuk menu savory, ada croissant geprek udang salsa, croissant geprek chick mush, croissant burger, dan yang menjadi favorit pelanggan, croissant geprek ayam bajak.

Selain croissant geprek, ada juga menu pomme frites yang merupakan kentang goreng dengan berbagai macam topping unik. Untuk melengkapi kunjunganmu, ada juga beragam minuman segar dengan varian rasa yang unik.

Makan Roti Enak Jadi Hemat Pakai GetPlus!

Jadi penasaran sama menu-menu yang ditawarkan oleh Croissant Geprek? Tunggu apa lagi? Langsung aja kunjungin tempat makan satu ini! Kalau mau lebih untung sewaktu beli makanan atau minuman di resto ini, jangan lupa gunakan GetPlus, ya! Memangnya, gimana caranya agar bisa lebih untung beli pastry ini pakai GetPlus?

Mudah aja, GoGetters hanya perlu mengunggah foto struk pembelian di resto ini pada aplikasi GetPlus. Nantinya, kamu akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan menjadi berbagai macam rewards, termasuk voucher makan, lho! Penawaran yang menarik, kan? Makanya, download GetPlus sekarang dan nikmati promonya!

Baca Juga: 5 Resep Menu Sarapan Sehat Kekinian, Gampang Banget!

Kalau kamu butuh rekomendasi restoran asik lainnya selain resto ini, kunjungi blog GetPlus aja! Dan kalau kamu mau tahu lebih lengkap lagi tentang bagaimana caranya makin #UntungPakeGetPlus, hubungi GetPlus di sini!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !