tips-berapa-lama-bleaching-rambut-getplustips-berapa-lama-bleaching-rambut-getplus

Berapa Lama Bleaching Rambut? Cek Jawaban dan Tipsnya, yuk!

Feb 21, 2024

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menonjolkan kepribadian melalui penampilan luar, salah satunya adalah berkreasi dengan warna rambut. Namun, untuk melakukan hal tersebut, biasanya kamu perlu bleaching terlebih dulu agar nanti warna cat rambut bisa terlihat maksimal. Sebelum itu, kamu perlu persiapan matang mengingat proses bleaching yang cukup panjang. Memangnya, berapa lama bleaching rambut biasanya berlangsung?

Berapa Lama Bleaching Rambut Umumnya? 

Bleaching adalah teknik menghilangkan warna asli rambut menggunakan pewarna kimia. Pada umumnya, tahap awal bleaching adalah dengan memberikan bahan alkali untuk membuka kutikula rambut. Setelah itu, pemberian oksidatif dilakukan untuk melarutkan melanin alami pada rambut.

Waktu berapa lama bleaching rambut bisa berbeda-beda pada tiap orang, bergantung pada kondisi dan panjang rambut. Namun, umumnya proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit. Itulah kenapa kamu perlu meluangkan waktu khusus jika ingin mewarnai rambut.

Selain faktor waktu, rambut hasil bleaching juga membutuhkan perawatan khusus. Agar rambut kamu terlihat bagus dalam waktu lama, kamu perlu melakukan retouch warna. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa melakukannya sesering mungkin karena ada rekomendasi jarak waktu mewarnai rambut setelah bleaching.

Berapa Jarak Waktu Mewarnai Rambut setelah Bleaching yang Disarankan?

Idealnya, jarak waktu mewarnai rambut setelah bleaching adalah sekitar tiga bulan sekali. Hal ini berlaku untuk retouch warna yang sama maupun ganti warna baru. Kalau kamu mengecat rambut sebelum tiga bulan dari waktu bleaching, kondisi rambut kamu masih cenderung rapuh sehingga berisiko merusak tekstur rambut.

Soalnya, proses bleaching rambut memang merupakan perubahan besar, GoGetters. Rambut kamu bakal menerima bahan kimia yang, kalau frekuensinya terlalu sering, bisa berdampak negatif terhadap kesehatan rambut kamu. Maka dari itu, pertimbangkan matang-matang sebelum ambil keputusan bleaching rambut. Kalau memang sudah yakin, lakukan persiapan khusus terlebih dulu.

Persiapan Penting sebelum Bleaching Rambut

Kini, kamu sudah tahu berapa lama bleaching rambut dan rekomendasi jarak waktu mewarnai rambut setelah bleaching. Jika sudah yakin dengan keputusan tersebut, lakukan berbagai hal berikut ini untuk membersiapkan rambut sebelum bleaching.

  • Pastikan rambutmu sehat
pixie-bob-potongan-salon-rambut-jelang-hari-raya

Sebaiknya, jangan melakukan bleaching jika rambut kamu dalam kondisi rapuh, kering, atau rusak. Lalu, kalau baru-baru ini kamu juga menjalani treatment rambut menggunakan bahan kimia, sebaiknya tunggu minimal dua minggu sebelum bleaching. Kalau tetap dilakukan, risikonya adalah kondisi rambut kamu bakal lebih rusak.

  • Stop penggunaan alat styling untuk sementara
tips-berapa-lama-bleaching-rambut-getplus

Minimal seminggu sebelum bleaching, hentikan dulu penggunaan alat styling seperti catokan, hair dryer, roller, dan curling iron. Soalnya, alat styling seperti ini bisa menarik minyak alami dan kelembapan dari rambut, sehingga berisiko merusak rambut jika kamu melakukan bleaching. Dengan menghentikan pemakaian alat styling sementara, kamu bisa menjaga kelembapan helai-helai rambut sekaligus memulihkannya dari kerusakan akibat panas.

  • Jangan keramas sebelum bleaching
ide-aktivitas-valentine-single-salon-mall-kota-kasablankatempat-ngabuburit

Hindari keramas 1-2 hari sebelum bleaching agar minyak alami pada kulit kepala tidak terangkat. Soalnya, minyak alami tersebut berfungsi melindungi helai-helai rambut kamu. Terlebih, keramas atau cuci rambut juga bisa membuat kulit kepala tidak sengaja terkikis. Hal ini bisa berisiko menyebabkan iritasi saat kamu bleaching rambut.

  • Nutrisi rambut dengan hair oil

vitamin-tips-berapa-lama-bleaching-rambut-getplus

Meskipun rambut memiliki minyak alami, nggak ada salahnya menambahkan hair oil seperti minyak kelapa untuk menutrisi rambut. Hair oil dapat menjadi lapisan tambahan yang melindungi rambut, yakni dengan memperkuat rambut dan meminimalisir jumlah protein yang hilang dari rambut. Kamu bisa menggunakan hair oil tepat sebelum proses bleaching, ya, GoGetters!


Artikel Untukmu


  • Pilih salon yang terpercaya 

Nggak kalah penting, pastikan kamu melakukan bleaching di salon yang terpercaya, seperti Toni & Guy, Chandra Gupta, dan Cyberhair. Ketiga salon ini memiliki staf yang berpengalaman dalam menangani proses bleaching dan cat rambut, termasuk mengetahui jarak waktu mewarnai rambut setelah bleaching. 

Kabar baiknya lagi, kamu bisa lebih untung saat bleaching rambut di Toni & Guy, Chandra Gupta, atau Cyberhair karena ketiganya merupakan salon partner GetPlus. Setelah bleaching, upload struk transaksi menggunakan fitur Foto Struk di aplikasi GetPlus. Kamu bisa mengumpulkan poin GetPlus dari nilai transaksi tersebut, lalu menukarkan poin dengan berbagai rewards menarik!

Terjawab sudah waktu berapa lama bleaching rambut, yakni sekitar 30-60 menit. Tak kalah penting dari persiapan di atas, kamu juga perlu melakukan perawatan pasca-bleaching rambut untuk mencegah kerusakan. Rawatlah rambut menggunakan berbagai produk hair care yang bisa kamu beli melalui e-commerce via fitur e-Shop di aplikasi GetPlus. Dengan begitu, kamu dapat mengumpulkan poin GetPlus untuk di-redeem dengan berbagai rewards menarik. Makanya, download aplikasi GetPlus sekarang juga! Dapatkan juga berbagai info lifestyle lainnya dari KataGita, ya!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !