tips-menabung-untuk-menikah-getplus-aplikasi-cashback-reward

Tips Menabung untuk Menikah, Pasti Bisa!

Sep 18, 2023

Setiap pasangan tentunya ingin bisa merayakan pernikahan sesuai impian. Hal ini membutuhkan budget yang nggak sedikit, apalagi kalau kamu berencana mengundang banyak tamu. Nggak perlu khawatir, kamu bisa mewujudkan impian tersebut selama menerapkan tips menabung untuk menikah. Semakin cepat kamu menabung, tentunya makin besar pula manfaat yang bakal kamu dapatkan.

Keuntungan Punya Tabungan untuk Menikah

Dengan menyiapkan tabungan sejak jauh-jauh hari, kamu dan pasangan bisa meringankan tanggungan biaya menikah. Plus, adanya tabungan juga mendorong kamu buat disiplin mengutamakan kebutuhan. Pada akhirnya, hal ini dapat membiasakan kamu dan pasangan untuk belajar mengelola keuangan, yang tentu bakal berguna banget di kehidupan rumah tangga nanti.

Baca Juga: Ramalan Shio Paling Mujur di Tahun Kelinci 2023

Tapi, gimana kalau kamu punya rencana menikah dalam waktu cepat, misalnya satu tahun saja? Sedangkan, gaji kamu bisa dibilang terbatas. Dengan kondisi seperti ini, apakah masih mungkin untuk memiliki tabungan menikah?

Tips Menabung untuk Menikah dalam Waktu 1 Tahun atau Kurang 

Gaji terbatas bukanlah halangan untuk memiliki tabungan menikah, bahkan dengan target menikah dalam waktu satu tahun. Bahkan dengan gaji Rp3 juta atau kurang sekalipun, kamu masih bisa mewujudkan pernikahan impian. Ini dia cara menabung untuk menikah dalam waktu 1 tahun!

  • Kurangi frekuensi jalan-jalan atau makan di luar
makan-aktivitas-seru-bersama-teman-kantor-tgif-getplus-tips-menabung-untuk-menikah

Selama satu tahun, usahakan untuk mengurangi frekuensi jalan-jalan atau makan di luar. Dating bareng pasangan bisa tetap seru walaupun berlangsung di rumah, kok. Kamu bisa masak bersama, maraton nonton series, atau main board game. Alihkan budget jalan-jalan dan makan di luar ke tabungan menikah.

Katakanlah setiap bulan kamu dan pasangan menghabiskan uang Rp500.000 untuk nge-date di luar. Dalam setahun, kamu bisa mengumpulkan uang Rp6 juta untuk menambah tabungan menikah. Lumayan banget, kan?

  • Terapkan konsep pre-wedding yang sederhana
barang-couple-kado-pernikahan-untuk-sahabattips-menabung-untuk-menikah

Kalau sesi foto pre-wedding termasuk dalam anggaran pernikahan, kamu bisa melakukan penghematan pada pengeluaran satu ini. Terapkan konsep foto pre-wedding yang sederhana, bahkan kamu tidak perlu menyewa jasa fotografer. 

Sebagai gantinya, kamu bisa foto sendiri bersama pasangan di photobox. Alternatifnya, bisa juga mengumpulkan foto-foto sejak zaman pacaran bersama pasangan untuk dijadikan kolase, atau memilih beberapa yang terbaik untuk dicetak. Dengan begini, cara menabung untuk menikah dalam waktu 1 tahun pun nggak mustahil dilakukan.

Cara Tambah Penghasilan untuk Tabungan Nikah

Setelah berusaha menerapkan tips menabung untuk menikah, gimana kalau ternyata progress-nya nggak sekencang yang kamu harapkan?

Untuk situasi seperti ini, kamu perlu memperkuat cara nabung buat nikah gaji 3 juta dengan menambah penghasilan. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, misalnya mengajak pasangan untuk jualan bareng saat car free day (CFD) atau mencari side job sebagai freelancer sesuai keahlian kamu. Nantinya, penghasilan tambahan ini bisa kamu masukkan ke tabungan menikah.

Investasi yang Bantu untuk Menabung

investasi-Cara-menabung-untuk-beli-rumah-cara nabung buat nikah gaji 3 juta

Selain menabung, kamu juga berinvestasi untuk membiayai pernikahan impian. Apalagi, bunga dari investasi biasanya lebih besar daripada tabungan bank biasa, sehingga bisa lebih menguntungkan. Kabar baiknya lagi, saat ini sudah tersedia produk investasi dengan jangka waktu pendek, sehingga nanti investasi tersebut bisa kamu jual menjelang acara pernikahan. 

Beberapa contohnya adalah reksa dana pasar uang dan tabungan emas. Modal awal untuk investasi ini pun nggak terlalu besar, bahkan ada reksa dana yang memungkinkan kamu buat investasi mulai dari Rp10.000 aja. Benar-benar membantu buat menabung untuk menikah, bukan?


Promo Untukmu

BLOG-VISUAL-TREASURY-getplus

Tips Menghemat Pengeluaran

Meski terdengar menantang, cara nabung buat nikah gaji 3 juta bukanlah hal yang mustahil. Selain disiplin menabung, kamu dan pasangan juga perlu menghemat pengeluaran yang kurang perlu. Demi mewujudkan pernikahan impian, cobalah membawa bekal dari rumah ke kantor daripada selalu beli di luar setiap hari. Cara lainnya bisa dengan mengurangi frekuensi beli kopi, mencari promo terbaik saat shopping, hingga kencan hemat seperti yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Annyeong! Cek 3 Potongan Comma Hair Ganteng ala Oppa

Dengan menerapkan tips menabung untuk menikah, semoga kamu dan pasangan bisa segera mewujudkan pernikahan impian. Selain cara nabung di atas, kamu juga bisa lebih hemat dengan menggunakan aplikasi GetPlus. Kalau belanja keperluan di merchant yang sudah terdaftar dalam GetPlus, kamu bisa menukar struk dengan poin. Nantinya, kamu dapat menukarkan kumpulan poin tersebut dengan berbagai rewards menarik, termasuk voucher investasi yang bisa kamu tambahkan ke tabungan menikah. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan download aplikasinya biar bisa #UntungPakeGetPlus dan lebih hemat saat belanja! Jangan lupa juga kunjungi blog Kata Gita untuk mendapatkan banyak tips informatif lain!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !