tips-mengatur-tunjangan-hari-raya-getplus

Ini 6 Tips Mengatur Tunjangan Hari Raya (THR) Biar Nggak Ludes!

Mar 17, 2023

Hari Raya Idul Fitri selalu jadi momen yang paling ditunggu-tunggu, ya, apalagi saat tiba waktunya bagi-bagi THR. Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah THR, kan? Ya, bagi-bagi Tunjangan Hari Raya atau THR adalah salah satu budaya Lebaran yang paling mengasyikkan. Inilah salah satu kesempatan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang sebanyak-banyaknya.

Namun, gimana ya cara mengatur Tunjangan Hari Raya biar uangnya nggak langsung ludes? Setidaknya, masih ada sisa yang bisa disisihkan supaya nggak langsung merasa bokek begitu Idulfitri lewat. Nah, berikut ini ada enam tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatur THR supaya nggak langsung habis! Simak, yuk!

1. Sisihkan untuk menabung

tabungan-tips-mengatur-tunjangan-hari-raya

Tips pertama untuk mengatur Tunjangan Hari Raya adalah segera sisihkan sebagian untuk ditabung. Kalau kamu sudah dapat THR, sebaiknya jangan langsung dibuat check out ini itu, tetapi sisihkan beberapa bagian ke dalam tabungan, ya. Supaya nggak tergoda buat ambil diam-diam, pakai rekening yang berbeda untuk dikhususkan sebagai tabungan.

Baca Juga: Uang THR Masih Sisa? Alokasikan ke Investasi Ini Aja Yuk

Selain itu, untuk meminimalisir keinginan mengambil uang tabungan, kamu bisa taruh uangnya untuk diinvestasikan. Banyak investasi yang ramah pemula dan tidak perlu keahlian mendalam, seperti reksa dana misalnya. Kalau diinvestasikan, uang kamu justru bisa berkembang dan membantu kamu mencapai financial goals.

2. Gunakan untuk melunasi pinjaman

Masih punya tanggungan pinjaman? Segera lunasi dulu! Begitu dapat Tunjangan Hari Raya, pakai sebagian uangnya untuk melunasi kewajiban yang ada, misalnya cicilan motor, kartu kredit, KUR, pinjaman online, paylater, dan sebagainya. Sebaiknya, sisihkan uang THR 30-50% untuk dialokasikan ke tanggungan pinjaman. Prioritaskan tanggungan yang perlu dilunasi terlebih dahulu, ya!

3. Pakai untuk beli kebutuhan Lebaran

belanja-lebaran-tips-mengatur-tunjangan-hari-raya

Nggak bisa dimungkiri kalau kebutuhan Lebaran itu banyak banget. Mulai dari tiket perjalanan buat mudik, baju baru, kue dan suguhan Lebaran, hingga amplop THR “salam tempel” buat keluarga dan kerabat. Maka dari itu, kamu bisa manfaatkan uang Tunjangan Hari Raya kamu untuk membeli berbagai keperluan lebaran.

Supaya lebih hemat, kamu bisa belanja kebutuhan Lebaran lewat e-commerce yang harganya relatif lebih rendah. Apalagi kalau kamu belanjanya pakai eShop dari GetPlus, kamu bisa dapatkan poin reward buat ditukar jadi voucher untuk beli jajan dan belanja, lho!

4. Buat skala prioritas

Supaya THR nggak langsung ludes, sebaiknya kamu hindari lapar mata yang bisa memicu pembelian yang sebenarnya nggak perlu. Untuk menghindari hal ini, buatlah skala prioritas kebutuhan, mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan mana yang bisa dibeli nanti-nanti saja. Utamakan kebutuhan primer dulu. Kalau sudah, baru belanja untuk kebutuhan hiburan, healing, dan sebagainya.

5. Alokasikan uang untuk donasi dan zakat

donasi-zakat-tips-mengatur-tunjangan-hari-raya

Tunjangan Hari Raya adalah uang yang kamu dapatkan sekali dalam setahun dalam momen yang penuh berkah. Karenanya, sisihkan sebagian THR kamu untuk berdonasi atau bayar zakat supaya rezeki kamu lebih bermakna. Apalagi, membayar zakat adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam di bulan Ramadan.

Kabar baiknya, kamu bisa berdonasi dan bayar zakat lewat aplikasi GetPlus! Bekerja sama dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), GetPlus bisa bantu salurkan, bahkan melipatgandakan donasi yang kamu berikan, lho! Pada menu “Rewards” di aplikasi GetPlus, kamu bisa pilih nominal yang ingin kamu donasikan. Nantinya, BAZNAS akan menggunakannya untuk membeli paket sembako, lalu membagikannya kepada yang membutuhkan.

6. Gunakan sebagai dana mudik tambahan

Bagi kamu anak rantau yang mudik setiap tahun menjelang lebaran, kamu juga bisa manfaatkan Tunjangan Hari Raya yang kamu dapat untuk dana mudik tambahan. Misalnya buat beli sembako untuk orang tua, baju atau kue-kue untuk saudara, dan sebagainya. Pulang kampung tanpa tangan kosong itu rasanya happy banget, lho! Melihat senyum terukir di wajah orang-orang tersayang pun bikin hati jadi tenteram!

Apa pun keputusanmu saat mengelola uang Tunjangan Hari Raya, pastikan kamu sudah mempertimbangkannya dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau masih punya kewajiban, lunasi terlebih dahulu. Susun skala prioritas supaya uang THR nggak langsung habis terpakai.

Nah, supaya lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa gunakan GetPlus. GetPlus adalah aplikasi loyalty yang bisa berikan poin dan rewards menarik hanya dengan foto struk belanjaan kamu. Jadi, kalau kamu habis belanja di merchant yang sudah bekerja sama dengan GetPlus, jangan buang struknya! Foto struk tersebut, lalu unggah di aplikasi GetPlus.

Baca Juga: GetPlus Bagi Berkah Ramadan 1444H: Poin & Reward Berlimpah

Tenang saja, saat ini sudah banyak merchant yang bekerja sama dengan GetPlus. Beberapa brand besar seperti Hush Puppies, Heavenly Blush, sampai tiket.com pun sudah join! Yuk, buruan download aplikasinya biar ikut #UntungPakeGetPlus!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !