weight-training-adalah-getplus-aplikasi-cashback-reward

Weight Training adalah Kunci Tubuh Ideal, Simak Tipsnya di sini!

Apr 15, 2024

GoGetters yang lagi pengen membentuk tubuh pastinya sudah tahu kalau porsi makan dan frekuensi olahraga yang pas itu penting. Tapi, ternyata olahraga cardio saja nggak cukup untuk mendapatkan tubuh ideal! Justru, latihan weight ialah komponen lain yang juga kamu perlukan, lho. Kenapa memangnya? Biar tahu jawabannya, yuk, kita kenalan sama serba-serbi weight training di sini!

Weight Training Adalah…

Sebenarnya, weight training adalah nama lain dari latihan beban. Nah, sesuai artinya, gerakan olahraga ini mengharuskanmu mengangkat beban seperti dumbbell atau barbel saat sedang bergerak. Berbeda dengan olahraga cardio untuk memacu jantung, tujuan weight training adalah melatih otot tubuh.

Manfaat Weight Training

Lantas, kenapa weight training itu penting buat mendapatkan tubuh ideal? Ini dia penjelasan selengkapnya, GoGetters!

  • Memperkuat otot
Olahraga-Rutin-dan-Teratur-cara-bahagiavisual-tips-menjaga-berat-badan-pentingnya-self-love

Seperti yang sudah disebutkan, fungsi utama weight training adalah untuk melatih otot. Semakin sering kamu melakukan latihan ini, tentunya otot kamu juga akan makin kuat. Hasilnya, rajin latihan beban bisa bikin tubuh kamu makin berbentuk dan kencang, lho.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh
Perbanyak-Minum-Air-Putih-tips-menjaga-berat-badanorange-warna-baju-yang-cocok-untuk-kulit-kuning-langsat

Manfaat weight training untuk otot berkaitan banget sama metabolisme tubuh, GoGetters. Dengan massa otot yang lebih banyak, tubuhmu akan lebih sering membakar energi saat kamu lagi bergerak maupun beristirahat karena otot butuh banyak kalori. Terus, latihan ini juga membantu bakar lemak, sehingga kamu makin nggak gampang gemuk, deh.

  • Melindungi diri dari cedera

Weight training bisa bikin otot kamu menopang tubuh lebih lama dan bergerak dengan lebih fleksibel. Terutama, untuk bagian seperti lutut, pinggang, pinggul, dan pergelangan kaki. Jadi, kamu nggak gampang keseleo atau cedera pas lagi mengangkat barang berat. Apalagi, rutin latihan beban juga bisa bikin postur dan keseimbangan tubuhmu lebih bagus!

Contoh Weight Training untuk Pemula

Apa saja contoh weight training yang bisa kamu coba sebagai pemula? Banyak, kok! Ini dia berbagai gerakannya:

  • Lat pulldown: Duduk di mesin pulldown dengan posisi tegak, pegang besi yang menggantung di bagian atas mesin dengan kedua tangan, lalu tarik besinya ke bawah dan pastikan lenganmu sejajar dengan bahu. Ulangi sebanyak 3 set.
  • Kettlebell swing: Rentangkan kaki sampai selebar bahu, ambil bola kettlebell di lantai dengan kedua tangan sambil ambil napas, angkat dan ayunkan kettlebell sambil buang napas hingga sejajar dengan dada. Ulangi beberapa kali, dan letakkan kettlebell setelah selesai.
  • Dumbbell squat: Pegang dua buah dumbbell di masing-masing tangan, rentangkan kaki hingga selebar bahu, jongkok sambil mengencangkan perut otot tanpa membungkuk, dan berdiri lagi.
  • Dumbbell bench press: Berbaring dengan posisi telentang di atas bangku datar, pegang dumbbell di samping dada, tarik napas dan angkat dumbbell setinggi mungkin hingga otot dada kamu ketarik, lalu turunkan dan ulangi lagi.

Tips Melakukan Weight Training dengan Tepat

Untuk mengurangi risiko cedera saat melakukan weight training, jangan lupa terapkan tips keamanan di bawah ini, ya, GoGetters!

  • Hindari olahraga secara berlebihan: Untuk pemula, sebaiknya kamu latihan beban maksimal sebanyak 12-15 kali pengulangan saja dalam satu sesi. Lalu, jangan lupa beri jeda waktu istirahat antara setiap set selama 30 detik sampai 1 menit agar kamu nggak lesu.
  • Jaga postur saat angkat beban: Jangan pernah mengangkat beban dengan punggung membungkuk karena ini bakal bikin punggung bawahmu nyeri. Justru, punggung kamu harus tetap tegak.
  • Jangan mengangkat beban yang terlalu berat: Pemula dalam weight training sebaiknya mulai dengan beban maksimal 1 kg dulu biar nggak gampang terjatuh dan terluka. Saat kamu udah makin mahir, jangan lupa sesuaikan bobotnya dengan batas kemampuan sendiri.

Sekarang, kamu sudah tahu kalau weight training adalah latihan pelengkap olahraga cardio buat mendapatkan tubuh ideal. Jadi, jangan lupa jadwalkan waktu latihan beban dalam rencana olahragamu, ya! Kalau kamu baru pertama kali coba weight training, jangan lupa perhatikan tips keamanan di atas dan jangan ragu-ragu minta bantuan dari ahlinya.

Baca Juga:

Misalnya, kamu bisa olahraga di Anytime Fitness Taman Anggrek atau Bintaro untuk latihan bersama instruktur berpengalaman. Nah, karena gym ini partner GetPlus, kamu bisa daftar ID GetPlus kamu untuk mengumpulkan poin hingga 2% dari total transaksi! Habis itu, poinnya bisa kamu tukarkan dengan aneka voucher diskon yang hemat banget. Tertarik? Yuk, download GetPlus sekarang biar makin untung! Terus, lengkapi olahragamu dengan tips kesehatan lainnya di KataGita supaya selangkah lebih dekat sama bentuk tubuh idaman!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !