cara-beli-tiket-pesawat-murah-getplus-aplikasi-cashback-reward

Lakuin 13 Tips Beli Tiket Pesawat Murah Anti Boncos!

Jan 19, 2024

Tahukah GoGetters bahwa ada tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa beli tiket pesawat murah? Kalau belum tahu, yuk simak bocorannya berikut ini!

Pas lagi pesan tiket pesawat buat jalan-jalan ke luar kota atau negeri, pernahkah GoGetters merasa harganya menguras dompet? Terutama, untuk perjalanan pulang pergi? Eits, tunggu dulu! Justru, beli tiket pesawat untuk healing enggak harus selalu mahal, kok. Soalnya, ada berbagai tips beli tiket pesawat murah supaya kamu punya lebih banyak sisa uang untuk bersenang-senang. Apa saja tipsnya?

Terbongkar! Ini 13 Tips Beli Tiket Pesawat Murah

Kalau kamu mau mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih terjangkau, langsung saja ikuti keenam cara beli tiket pesawat murah di bawah ini, yuk!

1. Pesan tiket dari jauh-jauh hari

Semakin dekat dengan tanggal keberangkatan, harga tiket pesawat bisa naik drastis. Apalagi, kalau kamu punya rencana jalan-jalan saat musim liburan yang ramai. Jadi, tips beli tiket pesawat murah yang pertama yaitu pastikan kamu memesan tiket sebelum hari H, ya! 

Idealnya, coba pesan tiket penerbangan domestik 1-3 bulan sebelum tanggal perjalanan. Lalu, untuk penerbangan internasional, kamu perlu membeli tiket 2-8 bulan sebelum hari H keberangkatan.

2. Ketahui high season sebelum memesan

budget-plan-tips-frugal-living-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan-tips-hemat-ala-anak-kos-cara mengatur keuangan pribadi

Cara beli tiket pesawat murah yang berikutnya dan enggak kalah penting adalah mengetahui waktu high season. Sebenarnya, high season itu apa? Istilah ini merujuk kepada waktu yang paling sibuk untuk penerbangan, contohnya saat liburan Idulfitri, Natal, Tahun Baru, dan libur sekolah. Pada waktu tersebut, harga tiket pesawat akan lebih mahal dibandingkan off-season, atau hari biasa. Sebaliknya, di luar itu, harganya jadi lebih murah.

Jadi, GoGetters dapat mempertimbangkan waktu off-season untuk jalan-jalan, nih. Keuntungan lainnya jika kamu jalan-jalan pada waktu off-season, obyek wisata yang akan kamu kunjungi juga akan lebih sepi pengunjung. Sehingga kamu tidak perlu khawatir berdesakan.

Berikut beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan untuk bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah:

  • Terbang di hari kerja
  • Terbang lebih pagi
  • Beli tiket menjelang tengah malam

3. Beli tiket satu per satu untuk rombongan

pesan-tiket-tips-mudik-lebaran

Apa GoGetters punya rencana jalan-jalan sama keluarga atau teman? Kalau bisa, sebaiknya kamu mencoba cara beli tiket pesawat murah yang satu ini: beli tiket untuk masing-masing orang alih-alih secara serentak. Kenapa? Soalnya, bisa saja jumlah bangku yang tersisa di maskapai penerbangan enggak bisa menampung semua orang di rombonganmu. Jadi, kamu enggak akan melihat harga tiket yang paling murah sesuai ukuran kelompokmu. 

Sebagai solusi, kamu dapat memesan tiket secara individual untuk mengamankan harga yang paling terjangkau. Lalu, kalau diperlukan, kamu bisa membeli tiket kedua paling murah untuk sisa anggota rombonganmu.

4. Pertimbangkan bandara alternatif

biaya-ke-korea-selatan-barang-pribadi

Mungkin saja, GoGetters pernah dapat tips untuk membeli tiket pesawat ke bandara tertentu karena lebih dekat dengan hotel atau tempat wisata yang mau dikunjungi. Tapi, untuk bandara yang lebih populer, enggak menutup kemungkinan harga tiketnya bisa lebih mahal. Tenang, masih ada tips beli tiket pesawat murah yang bisa kamu coba!

Kuncinya, pilih tiket penerbangan ke bandara lain yang masih bertetanggaan dengan kota tujuanmu. Terus, setibanya di bandara alternatif tersebut, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lain seperti bus atau kereta yang murah.

5. Pantau informasi promo secara berkala

tips-trik-berburu-promo-maret

Biasanya, maskapai penerbangan akan mengadakan promo berupa potongan harga tiket atau upgrade kelas tempat duduk secara gratis secara berkala. Jadi, kalau kamu pengen lebih berhemat pas jalan-jalan, pastikan kamu enggak melewatkan kesempatan tersebut! Caranya, kamu bisa mengikuti akun media sosial resmi tiap maskapai atau aplikasi pesan tiket travel dan terus memantau post di profil untuk informasi tentang promo penerbangan ke kota tujuanmu.

6. Bandingkan harga tiket di platform offline dan online

cafe-surabaya-barat-getplus-aplikasi-cashback-reward

Dengan banyaknya pilihan di zaman sekarang, kamu bisa pesan tiket pesawat secara online maupun offline. Tapi, sebenarnya lebih murah beli tiket pesawat online atau langsung? Jawabannya sangat bergantung pada banyak faktor, sehingga bisa berubah-ubah setiap saat. 

Untuk mengetahuinya sendiri, kamu bisa coba bandingkan harga tiket pesawat untuk jadwal dan rute penerbanganmu di konter bandara, travel agency, serta aplikasi pesan tiket online. Saat membandingkan, jangan lupa cek kembali apakah harga yang tertera sudah termasuk biaya lain seperti booking fee, ya! Jadi selalu pantau apakah lebih murah beli tiket pesawat online atau langsung untuk dapat promo terbaik ya.

7. Bayar dengan Mata Uang Berbeda

Jika kamu berencana jalan-jalan ke luar negeri dan akan eksplor beberapa kota di sana yang memerlukan perjalanan udara. Sebaiknya jangan memesan tiket saat masih di indonesia.

Cobalah untuk membeli tiket pesawat saat sudah di negara tujuan dan menggunakan mata uang setempat. Kalau kamu beli saat masih di Indonesia dan menggunakan mata uang rupiah, sistem akan membaca kamu sebagai turis dan harganya seringkali lebih mahal.

8. Pilih Rute Baru yang Ditambahkan Maskapai

Biasanya maskapai akan melakukan penurunan harga hingga 20% untuk penerbangan yang dilakukan dari bandara baru. Opsi ini merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang suka eksplorasi.

9. Pilih Maskapai LCC

Tips selanjutnya biar kamu bisa beli tiket pesawat murah adalah dengan cara memilih maskapai Low Cost Carrier (LCC). Fasilitas yang bakal kamu rasakan memang nggak semewah itu, tapi tarif pesawat ini bakalan lebih murah saat dipesan jauh-jauh hari. Jenis pesawat ini beda dari maskapai full-service yang harganya cenderung merata selama satu tahun.

10. Perhatikan Kombinasi Hari Keberangkatan dan Kepulangan

GoGetters wajib memperhatikan hari dan tanggal keberangkatan maupun kepulangan, sebab keduanya bisa menentukan harga jual tiket. Misalnya, kamu bakal memperoleh tarif tertinggi kalau memilih perpaduan hari Jumat dan Minggu, Sabtu dan Senin, atau Sabtu dan Minggu. Biar bisa lebih hemat, kamu bisa pilih kombinasi hari di weekdays, seperti Selasa dan Kamis, Rabu dan Jumat, atau Minggu dan Rabu.

11. Coba Pilih Maskapai Yang Berbeda untuk Transit

Kalau rutemu mengharuskan transit di bandara yang berbeda, biasanya kamu bisa pilih satu jenis maskapai penerbangan atau lebih. Nah, kalau maskapai pilihanmu punya kelas prestisius, usahakan untuk memadukannya dengan jenis maskapai lain yang lebih murah. Jadi, kamu akan merasakan experience dari dua perusahaan pesawat yang berbeda. Tapi, kalau toh harganya jadi lebih murah, kenapa nggak?

12. Perhatikan Notifikasi dari Price Alert

GoGetters pengin mendapatkan harga maskapai termurah? Pastikan kamu sering-sering mengecek aplikasi pemesanan tiket, ya! Dengan begini, kamu jadi tahu estimasi harga termurah dan termahal yang sering ditawarkan oleh pihak maskapai untuk penerbangan ke destinasi yang kamu inginkan. Jangan lupa bandingkan dengan beberapa maskapai lainnya, ya!

Nah, biar kamu nggak terlewat mendapatkan kesempatan pesawat memperoleh harga termurah, aktifkan notifikasi price alert yang biasanya bisa kamu lakukan dari aplikasi tertentu. Cara ini bikin GoGetters bisa langsung gercep buka aplikasi saat ada peringatan harga termurah dari maskapai tertentu yang sesuai budget akomodasi liburanmu.

13. Gunakan Metode Pembayaran yang Berlaku untuk Promo

Aplikasi pemesanan tiket biasanya mendukung jenis-jenis pembayaran tertentu, mulai dari transfer, virtual account, e-wallet, dan lain-lain. Kamu tinggal pilih metode pembayarannya mana yang lagi menawarkan promo. Lalu, pastikan kamu punya alat pembayaran yang lagi kasih promo atau kalau perlu GoGetters bisa bikin akun dulu. Poin pentingnya adalah kamu bisa dapatkan harga termurah buat liburan!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Tempat Camping di Bandung yang Viewnya Cantik

Tips Beli Tiket Pesawat Murah Pakai Aplikasi GetPlus

Selain membandingkan harga di platform online dan offline, ada juga tips tiket pesawat murah yang patut kamu coba yaitu pakai aplikasi GetPlus. Kini ada fitur GetPlus Travel yang membantumu mendapatkan promo dari merchant yang bekerjasama, salah satunya tiket.com. Lakukan cara berikut ini untuk dapetin tiket pesawat murah pakai aplikasi GetPlus

Kamu akan mendapatkan double poin di tiket.com dan GetPlus. Nah, Poin GetPlus dari pembelian tiket tersebut bisa kamu tukarkan dengan berbagai rewards berupa produk, voucher belanja, atau saldo e-Wallet di aplikasi GetPlus, lho! Menarik, kan?

Sekarang, GoGetters sudah tahu cara dan tips beli tiket pesawat murah untuk jalan-jalan dengan lebih hemat. Buat bikin kegiatan healing-mu di luar kota makin hemat, jangan lupa download aplikasi GetPlus sebelum berangkat, ya! Pelajari juga beragam merchant GetPlus lainnya yang memiliki promo menarik.Terus, pastikan kamu enggak melewatkan tips lifestyle lain yang enggak kalah menarik di blog KataGita biar liburanmu tambah seru!


Merchant Untukmu


Artikel Untukmu


Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !