7 Tempat Camping di Bandung dengan View Cantik, Dijamin Adem!

Feb 23, 2024

Sedang jenuh dengan hiruk pikuk ibu kota, tapi mager kalau harus pergi terlalu jauh? Nggak perlu bingung, kamu bisa menjernihkan pikiran dengan menikmati pemandangan indah dan hawa dingin di Bandung. Supaya lebih dekat dengan alam, nggak ada salahnya untuk sekalian camping bareng teman atau keluarga. Apalagi, ada banyak tempat camping di Bandung yang menarik buat kamu coba. Cek daftar rekomendasinya berikut ini, yuk!

Rekomendasi Tempat Camping di Bandung

Bandung nggak pernah membosankan buat dikunjungi. Bahkan buat yang mau camping pun, kamu punya banyak pilihan dengan beragam suasana dan pemandangan. Mulai dari area Ciwidey sampai Pangandaran, ini dia beberapa tempat camping di Bandung yang worth it kamu pertimbangkan:

  • Ranca UpasΒ 

Rekomendasi pertama adalah Ranca Upas yang sudah terkenal di kalangan wisatawan Bandung maupun luar kota. Berlokasi di Ciwidey, Ranca Upas merupakan area bumi perkemahan yang berdiri di lahan 215 Hektare dengan ketinggian 1.700 mdpl. Banyak area camping yang dapat kamu pilih, seperti Kawa Putih, Karaha Bodas, Patuha, Galunggung, dan Cilember.

Soal peralatan camping, kamu juga nggak perlu khawatir karena Ranca Upas menyediakannya secara lengkap dan kamu bisa menyewanya. Selama camping di sini, kamu bisa melakukan outbond, melihat rusa, hingga berendam di kolam air panas.

  • Punceling Pass

Selain Ranca Upas, tempat camping di Ciwidey yang nggak kalah menarik buat kamu kunjungi adalah Punceling Pass. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Punceling Pass menyajikan pemandangan alam yang asri dengan udara segar. Selain camping, masih banyak aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan, seperti mengunjungi kebun stroberi, bermain paintball, off-road, berendam di air panas, hingga menaiki kayak.

  • Pepedan HillsΒ 

Beralih dari tempat camping di Ciwidey ke Pangandaran, kamu akan menemukan Pepedan Hills. Tersedia area camping ground di mana kamu bisa membangun tenda yang dibawa sendiri maupun menyewa dari pihak pengelola. Selain menyuguhkan suasana tenang dan sejuk, tempat camping di Bandung ini juga cukup terkenal akan pemandangan sunset yang indah. Fasilitasnya pun sudah cukup memadai, mulai dari akses jalan, area parkir, toilet, warung jajanan, hingga tempat ibadah.

  • Camping Ground BatuhiuΒ 

Masih di area Pangandaran, kamu juga bisa camping di Camping Ground Batuhiu. Tempat ini tidak menyediakan sewa peralatan camping, sehingga kamu harus membawa tenda sendiri. Namun, kamu nggak perlu khawatir soal fasilitas dasar karena sudah tersedia toilet, warung makan, musala, area parkir, gazebo, hingga toko oleh-oleh.

Berbeda dari ketiga tempat camping di Bandung sebelumnya yang berada di area pegunungan, Batuhiu merupakan pantai yang dikelilingi tebing terjal. Jadi, bersiaplah camping sambil menikmati suara debur ombak dan pemandangan sunset yang memanjakan mata.


Artikel Untukmu


  • Gunung Putri LembangΒ 

Buat yang mencari tempat camping di Bandung bawa tenda sendiri, kamu bisa mendatangi Gunung Putri Lembang. Kalau tertarik ke sini, kamu perlu tracking selama kurang-lebih 30 menit. Tapi tenang aja, medannya relatif mudah sehingga ramah pemula. Sesampainya di camping ground Gunung Putri Lembang, kamu bakal disambut pemandangan Lembang yang indah dengan suasana asri dan sejuk. Cocok buat healing dari kepenatan!

  • Bukit MokoΒ 

Selain Gunung Putri Lembang, masih ada Bukit Moko yang juga termasuk tempat camping di Bandung bawa tenda sendiri. Saat sudah sampai di sini, usahakan untuk mengunjungi Puncak Bintang yang jaraknya sekitar 200 meter saja.Β 

Sebaiknya, datanglah pada pada malam hari agar kamu bisa menikmati pemandangan gemerlap lampu Kota Bandung dan hamparan bintang di langit yang jernih. Tapi kalau datang pada pagi atau siang hari pun, kamu juga akan mendapatkan pemandangan indah berupa hamparan pegunungan dan hutan pinus yang memanjakan mata.

  • Pineus Tilu Camp Ground

Beralih ke tempat camping di Pangalengan, terdapat Pineus Tilu Camp Ground yang berlokasi di tepi Sungai Palayangan. Dengan deretan hutan pinus dan suara gemericik air dari sungai, tempat camping di Bandung ini memiliki lingkungan yang syahdu dan tenang. Selama camping, kamu bisa memancing di fasilitas kolam ikan yang tersedia, rafting di Sungai Palayangan, sampai mengadakan pesta barbeque.

Yuk, segera jadwalkan liburan dengan mengunjungi tempat camping di Bandung! Kalau kamu mau beli tiket pesawat, hotel, atau sewa mobil, kamu bisa pesan lewat tiket.com. Biar lebih hemat, sambungin akun tiket.com dan GetPlus-mu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan double points dari transaksi yang dilakukan. Nantinya, kumpulan poin tersebut bisa kamu redeem dengan berbagai rewards menarik, lho!Β 

Merchant Untukmu

Makanya, download aplikasi GetPlus agar kamu lebih untung saat belanja online, termasuk belanja perlengkapan camping! Kalau butuh rekomendasi tempat liburan lain yang nggak kalah seru, kunjungi blog KataGita, ya!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel β†—
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !