cara hidup sehat getplus aplikasi cashback dan reward

4 Cara Hidup Sederhana yang Nggak Bikin Sengsara

Jun 09, 2023

Sebagian dari GoGetters pasti punya mimpi untuk bisa hidup glamour. Tapi, nggak sedikit juga yang bermimpi untuk bisa hidup sederhana dan tetap bahagia. Namun, menerapkan pola hidup yang sederhana bukanlah hal mudah, lho. Dibutuhkan niat dan penanaman mindset yang mungkin membutuhkan waktu lama. Meski sulit, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan hidup sederhana. Apa aja, sih?

4 Cara Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Buat GoGetters yang ingin punya simple life, ada empat cara hidup minimalis atau sederhana yang bisa kamu lakukan nih! Yuk, simak bersama-sama lewat poin-poin berikut!

1. Terapkan pola pikir minimalis

act-of-service-tes-love-language-keluarga-cara-hidup-sederhana

Pola hidup sederhana yang pertama adalah dengan menerapkan pola pikir minimalis. Seseorang dengan mindset seperti ini pastinya akan lebih mudah dalam menjalani hidup. Dengan konsep hidup sederhana, kamu juga jadi akan mudah bersyukur dan menikmati apa yang hidup berikan padamu hari ini. Memangnya, seperti apa konsep hidup minimalis?

Baca Juga: 7 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan buat Anak Kos

Hal yang nampak dalam pola hidup satu ini adalah pemenuhan pada kebutuhan-kebutuhan penting aja, misalnya pangan, sandang, papan, dan sekolah. Selain keempat hal tersebut, sifatnya lebih ke fleksibel atau nggak harus dimiliki. Nah, kalau prioritasnya hanya empat, hidupmu pastinya bakal lebih sederhana, kan?

2. Membuat perencanaan anggaran bulanan

cara-hidup-sederhana

Tips berikutnya yang penting buat kamu lakukan jika ingin menjalani hidup yang sederhana adalah dengan membuat perencanaan anggaran bulanan. Seorang yang menerapkan konsep hidup minimalis pastinya tak ingin hal-hal berjalan sembarangan di luar rencana. Rencana keuangan bisa memenuhi hal tersebut. Kamu pun jadi lebih terkontrol saat harus membelanjakan sesuatu.

3. Kurangi impulsive buying

daftar-belanja-kebutuhan-tips-hemat-ala-anak-kos-cara-hidup-sederhana

Salah satu hal yang harus mulai ditinggalkan kalau GoGetters ingin menjalani hidup sederhana adalah impulsive buying. Kamu mungkin aja pernah membeli barang tanpa banyak berpikir, padahal barang tersebut bukanlah sesuatu yang GoGetters butuhkan. Nah, itulah yang disebut impulsive buying.

Membeli barang yang bukan merupakan kebutuhan memang bisa memberikanmu kesenangan, tapi hal itu hanya sesaat aja, lho! Makanya, lebih baik GoGetters memusatkan pada kebutuhan utama aja, ya! Kamu juga bisa mencari tahu gimana caranya membuat skala prioritas dan menerapkannya dalam urusan belanja ini.

4. Terapkan smart shopping

tips-belanja-kebutuhan-lebaran-transmart-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan-cara-hidup-sederhana

Pola hidup sederhana yang terakhir adalah dengan menerapkan smart shopping. Seiring bertambahnya tahun, harga barang-barang tentunya mengalami peningkatan sesuai inflasi. Akibatnya anggaran belanja pun makin besar.

Tapi, kamu nggak usah khawatir karena sekarang sudah ada yang namanya GetPlus. Dengan aplikasi ini, GoGetters jadi bisa pakai fitur Foto Struk buat scan nota pembelian atau belanja di eShop GetPlus buat dapetin banyak poin. Nantinya, kamu bisa tukarkan poin-poin tersebut jadi voucher belanja, produk, atau saldo e-wallet. Seru, kan?

3 Manfaat Menerapkan Cara Hidup Sederhana

Di atas mungkin sudah disebut kalau hidup sederhana itu bisa bikin kamu lebih enjoy life. Nah, masih ada lagi manfaat hidup minimalis lainnya yang bisa GoGetters lihat di bawah ini!

1. Jadi bisa lebih bersyukur

Manfaat hidup sederhana yang bisa bikin GoGetters lebih enjoy adalah kamu jadi bisa mudah bersyukur dengan menjalani pola hidup ini. Sebagai manusia, rasa tidak pernah puas pastinya pernah menghampirimu. Tapi, dengan menerapkan hidup minimalis, kamu jadi bisa mengerti gimana arti cukup dan fokus pada hal-hal lain yang sifatnya lebih kekal.

2. Melatih pengelolaan keuangan

Selain manfaat tersebut, hidup sederhana juga bisa dibilang melatih kemampuanmu dalam mengelola keuangan. Sudah tahu, kan, kalau kebiasaan orang yang menjalani simple life itu pasti membuat rencana pengeluaran? Nah, itulah manfaat membuat budgeting setiap bulan, biar kamu nggak membeli hal-hal di luar yang sudah GoGetters rencanakan.

3. Meningkatkan rasa tanggung jawab

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, saat GoGetters lebih berhati-hati dalam membeli barang, tentunya kamu akan memiliki sense of belonging yang lebih tinggi terhadap barang itu. Nah, karena rasa kepemilikan itulah, GoGetters pastinya jadi lebih menyayangi hal-hal yang sudah berhasil dibeli dan berusaha merawatnya sebaik mungkin.

Baca Juga: Kenali Tipe Pembeli Saat Belanja, Kamu Masuk yang Mana?

Di tengah kemajuan zaman yang bikin hidup kita jadi punya banyak sekali pilihan, menerapkan hidup sederhana itu bisa jadi semacam kontrol buat kembali ke hal-hal yang matters. GoGetters jadi lebih mudah bersyukur, terlatih mengelola keuangan, dan punya tanggung jawab terhadap apa yang sudah dimiliki. Yuk, terapkan simple life dengan mengikuti empat cara hidup di atas!

Pelajari berbagai informasi menarik seputar inspirasi seru-seruan bareng GetPlus melalui laman KataGita GetPlus. Terus update dengan berbagai promo menarik yang kami sediakan di laman promo GetPlus. Download GetPlus sekarang di PlayStore atau di AppStore

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !