cara-menabung-untuk-beli-rumah-getplus-aplikasi-cashback-reward

Gaji Kecil? Ini Cara Menabung untuk Beli Rumah Idaman!

Jul 10, 2023

GoGetters yang baru mulai bekerja dengan gaji pas-pasan mungkin merasa bahwa menabung untuk beli rumah idaman itu mustahil. Soalnya, kebutuhan sehari-hari sudah menggunung, sehingga uang yang bisa ditabung juga lebih sedikit. Tapi, jangan berkecil hati dulu! Bahkan, dengan gaji bulanan 1 juta pun, kamu tetap bisa mewujudkan impianmu, kok. Yuk, simak cara menabung untuk beli rumah impianmu di sini!

7 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta

Seiring dengan perkembangan zaman, tren investasi dan usaha sampingan semakin populer. Banyak orang kini menyadari pentingnya memiliki sumber penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari atau mencapai tujuan finansial jangka panjang seperti membeli rumah. Nah, buat kamu yang memiliki gaji bulanan Rp1 juta, jangan khawatir! Meskipun terasa lebih berat, masih ada langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk menabung dan mewujudkan impian membeli rumah idaman.

1. Buat rencana keuangan yang mendetail

Cara-menabung-untuk-beli-rumah-rencana-keuangan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat rencana keuangan yang mendetail. Mulailah dengan menentukan berapa persen dari gaji bulananmu yang akan dialokasikan untuk setiap pos pengeluaran, seperti makanan, transportasi, tagihan bulanan, dan kebutuhan lainnya. Dengan memiliki rencana keuangan yang jelas, kamu akan lebih mudah mengatur keuanganmu dan mengetahui berapa banyak yang bisa kamu tabung setiap bulannya.

Baca Juga: Tips Hemat ala Anak Kos biar Bisa Investasi, Yuk Coba!

2. Tentukan jangka waktu dan goals menabung

melunasi-utang-Cara-menabung-untuk-beli-rumah

Selanjutnya, tentukan jangka waktu dan tujuan menabungmu. Pilihlah jangka waktu yang realistis untuk mencapai target tabunganmu. Misalnya, berapa lama kamu ingin mencapai target tabungan yang diperlukan untuk membeli rumah dan di mana lokasi rumah impianmu. Dengan menentukan goals yang jelas, kamu akan lebih termotivasi dan fokus saat menabung.

3. Pastikan kamu nggak punya utang yang menunggak

melunasi-utang-Cara-menabung-untuk-beli-rumah

Sebelum memulai menabung untuk membeli rumah, pastikan kamu nggak memiliki utang yang menunggak, ya! Utang yang masih belum diselesaikan dapat menjadi beban tambahan yang mengganggu proses menabungmu. Selesaikan terlebih dahulu utang-utang tersebut agar kamu bisa fokus pada tujuan menabung untuk membeli rumah.

4. Buka rekening khusus untuk menabung

Cara-menabung-untuk-beli-rumah-jangka-waktu

Untuk lebih teratur dalam menabung, buka rekening khusus yang digunakan hanya untuk menampung dana tabunganmu. Dengan memiliki rekening khusus, uang tabunganmu nggak akan tercampur dengan uang untuk keperluan sehari-hari. Hal ini membantu kamu dalam mengontrol dan mengatur pengeluaran serta meminimalkan godaan untuk menggunakan uang tabungan.

5. Pertimbangkan usaha sampingan

usaha-sampingan-Cara-menabung-untuk-beli-rumah

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memiliki usaha sampingan. Tren usaha sampingan semakin populer karena dapat memberikan sumber penghasilan tambahan. Kamu bisa mencoba berbagai cara, seperti menjadi freelancer atau membuka thrift shop untuk menjual barang bekas yang sudah nggak kamu pakai. Pendapatan dari usaha sampingan ini bisa menjadi tambahan untuk menabung, dan siapa tahu, dapat membantumu untuk mencapai target lebih cepat.

6. Jangan lupa investasi untuk cara menabung untuk beli rumah yang mudah

investasi-Cara-menabung-untuk-beli-rumah

Investasi adalah langkah bijaksana untuk mengembangkan uang tabunganmu. Meskipun gaji bulananmu cuma Rp1 juta, tapi ada berbagai instrumen investasi yang stabil dan bisa dimulai dari nominal kecil, salah satu contohnya adalah reksa dana. Melalui investasi reksa dana, uang tabunganmu dapat tumbuh lebih cepat dan membantu kamu mencapai impian memiliki rumah.

7. Terapkan gaya hidup hemat

daftar-belanja-kebutuhan-tips-hemat-ala-anak-kos-gaya-hidup-hemat-cara-menabung-untuk-beli-rumah

Terakhir, terapkan gaya hidup hemat dalam keseharianmu. Hal ini mencakup beberapa hal, seperti membuat keputusan yang bijaksana dalam pengeluaran, contohnya dengan membandingkan harga barang sebelum membeli, mencari promo, atau menggunakan aplikasi GetPlus untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Dengan GetPlus, kamu bisa mendapatkan foto struk belanja, eShop, tukar loyalty points, dan melakukan survey supaya dapat mengumpulkan poin.

Baca Juga: Mau Menjalani Frugal Living? Ini 8 Tipsnya!

Cara Menabung untuk Beli Rumah Jadi Mudah dengan GetPlus

Dengan menerapkan ketujuh poin di atas, kamu dapat menjalani cara menabung untuk beli rumah impianmu dengan gaji Rp1 juta aja. Ingatlah untuk membuat rencana keuangan yang mendetail, menentukan jangka waktu dan goals, menyelesaikan utang, membuka rekening khusus, mempertimbangkan usaha sampingan, melakukan investasi, dan menerapkan gaya hidup hemat. Jangan lupa juga untuk mendapatkan lebih banyak tips dan informasi seputar cara menabung dan membeli rumah di blog GetPlus. Instal juga aplikasi GetPlus untuk mendapatkan berbagai keuntungan menarik lainnya! Mari, gapai rumah impianmu bersama GetPlus dan jangan pantang menyerah untuk menabung, ya!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !