tips-frugal-living

Mau Menjalani Frugal Living? Ini 8 Tipsnya!

Mar 03, 2023

Nggak bisa dimungkiri lagi kalau kenaikan harga itu pasti terjadi seiring bertambahnya tahun. Karenanya, nggak mengherankan kalau kini ada banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup lebih hemat, yaitu frugal living. Memangnya, apa itu frugal living?

Frugal living adalah gaya hidup yang menekankan penghematan uang dengan menekan biaya pengeluaran. Tujuannya adalah mencapai stabilitas keuangan dan mengurangi tingkat stres dengan menjalani gaya hidup yang lebih sederhana. Kalau GoGetters juga mau menirunya, simak delapan tipsnya di bawah ini, yuk!

Tips Menjalani Frugal Living

Frugal living adalah gaya hidup yang bisa bantu kamu menghemat uang, mengurangi stres, dan menjalani gaya hidup yang lebih berkelanjutan. Berikut delapan tips menjalaninya!

1. Buat catatan budget secara rutin

budget-plan-tips-frugal-living

Buat catatan budget secara rutin bermanfaat melacak pendapatan dan pengeluaran. Jadi, kamu bisa mengidentifikasi, area mana yang memungkinkan untuk lebih dihemat. Catatan ini akan membantumu lebih mudah mengidentifikasi pengeluaran yang nggak perlu dan membuat keputusan keuangan yang tepat. Contoh, kalau kamu sadar sudah menghabiskan terlalu banyak uang untuk makan di luar, kamu bisa mengubah kebiasaan belanja tersebut biar nggak over-budget.

Baca Juga: Simak 5 Tips Liburan Hemat dengan Sambung Akun GetPlus dan tiket.com

2. Sisihkan sebagian dari gaji untuk ditabung

Menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung bisa memastikan stabilitas keuangan dan keamanan keuangan jangka panjang. Tabungan ini bisa kamu pakai untuk menutupi biaya nggak terduga atau mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Punya tabungan juga bisa mengurangi stres dan memberikan rasa aman secara finansial, lho! Sebab, frugal living bukan hanya soal mengurangi pengeluaran, tapi juga membuat pilihan untuk membangun masa depan keuangan yang berkelanjutan.

3. Lunasi utang yang masih ada

lunasi-utang-tips-frugal-living

Tips selanjutnya adalah melunasi utang yang masih ada untuk meningkatkan kesehatan keuangan secara keseluruhan dan mengurangi tekanan keuangan. Kalau kamu punya utang, sebagian besar pendapatan akan dipakai untuk membayar utang tersebut sehingga bisa membatasi kemampuanmu untuk menabung dan berinvestasi di masa depan. Dengan melunasi utang yang ada, kamu bisa punya lebih banyak uang untuk ditabung atau demi mencapai tujuan keuangan lainnya.

4. Pertimbangkan tempat tinggal yang lebih kecil

Berikutnya, coba pertimbangkan tempat tinggal yang lebih kecil karena ini bisa secara signifikan mengurangi biaya perumahan dan menurunkan biaya utilitas. Dengan memilih tempat tinggal yang lebih kecil, kamu juga bisa menghemat uang untuk furniture dan perawatan rumah, lho. Memilih tempat tinggal yang lebih kecil efektif mengurangi pengeluaran dan hidup sesuai kemampuanmu sambil tetap menikmati gaya hidup yang nyaman.

5. Manfaatkan barang yang masih bisa dipakai

manfaatkan-barang-tips-frugal-living

Dengan memanfaatkan barang yang masih bisa dipakai, kamu sudah mengurangi pengeluaran dan pemborosan yang nggak perlu, GoGetters. Memperbaiki atau menggunakan kembali barang yang masih memiliki value pastinya bisa menghemat uang karena nggak perlu beli barang baru. Selain itu, memanfaatkan barang yang masih bisa dipakai juga lebih ramah lingkungan, lho!

6. Tumbuhkan dana dengan investasi

Tips ini bertujuan untuk membantumu membangun keamanan finansial dan meningkatkan kekayaan. Dengan berinvestasi di saham atau reksa dana, kamu berpotensi memperoleh pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekening tabungan tradisional. Berinvestasi juga menjadi cara yang efektif untuk menumbuhkan dana serta mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

7. Selalu cek ulang dan bandingkan harga

cek-harga-tips-frugal-living

Meskipun simple, mengecek ulang dan membandingkan harga sebelum membeli sesuatu tentu punya pengaruh yang sangat signifikan. Dengan membandingkan harga di berbagai toko atau pengecer online, kamu bisa menghemat uang untuk pembelian sehari-hari. Plus, cara ini juga efektif untuk menghindari over-paying.

8. Beli barang kebutuhan dengan diskon

Terakhir, usahakan untuk beli barang kebutuhan, seperti bahan makanan atau perlengkapan mandi, dengan diskon agar kamu bisa mengurangi pengeluaran sehari-hari dan menyimpannya untuk jangka panjang. Selain itu, membeli dalam jumlah besar juga bisa membantu menghemat uang untuk barang-barang yang nggak mudah rusak. Misalnya, membeli satu pak besar tisu toilet bisa jauh lebih murah daripada membeli pack yang lebih kecil secara terus-menerus.

Siapa bilang frugal living itu sulit? Kamu bisa mengirit pengeluaran setiap bulan tanpa harus takut stres karena nggak ada hiburan, kok! Untuk mendukung gaya hidup hematmu, GetPlus punya berbagai macam fitur yang praktis banget!

Baca Juga: Wajib Tahu, 4 Tips Berburu Barang Branded Berkualitas Tanpa Takut Tekor

Ada fitur Foto Struk untuk dapetin poin GetPlus dan menukarnya dengan berbagai rewards, eShop buat dapetin bonus dari transaksi di merchant atau eCommerce, Convert Points buat kamu yang ingin tukerin poin jadi rewards di GetPlus, Investasi untuk tukerin poin yang kamu dapetin dari belanja sehari-hari jadi produk investasi, hingga eWallet buat dapetin saldo dengan menukar poin. Yuk, nikmati semua kelebihannya dengan download GetPlus sekarang!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !