cara-mengelola-keuangan-getplus-aplikasi-cashback-reward

8 Cara Mengelola Keuangan yang Ampuh untuk Pribadi dan Usaha

Des 25, 2023

Mengelola keuangan itu penting banget, lho, GoGetters! Nggak hanya buat finansial pribadi, keuangan bisnis tentunya juga mesti di-manage dengan baik. Nah, biar kamu paham dua-duanya, kami udah siapin empat cara mengatur keuangan pribadi dan empat cara mengelola keuangan bisnis. Cari tahu detailnya sampai akhir, ya!

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Buat mengatur keuangan pribadi, sebenarnya ini akan lebih mudah daripada mengelola keuangan bisnis. Tapi, GoGetters tetap perlu menerapkan empat step di bawah ini.

1. Prioritaskan kebutuhan primer dulu

sofa-multifungsi-tempat-penyimpanan-desain-interior-rumah-minimalis

Langkah pertama yang mesti kamu perhatikan kalau ingin mengatur keuangan pribadi adalah memahami dan memprioritaskan kebutuhan primer, seperti makanan, tempat tinggal, dan kesehatan. Kalau kamu ingin kehidupan yang aman dan tenteram, cobalah untuk memprioritaskan ketiga hal itu dulu sebelum memikirkan pengeluaran lainnya.

Baca Juga: Oh, Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Efektif

2. Gunakan rumus budgeting 50/30/20

budget-plan-tips-frugal-living-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan-tips-hemat-ala-anak-kos-cara mengatur keuangan pribadi

Selain memprioritaskan kebutuhan primer, GoGetters juga bisa menggunakan metode sederhana 50/30/20. Maksudnya adalah kamu bisa mengalokasikan 50% dari penghasilanmu untuk kebutuhan primer, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan atau investasi.

Contoh, kalau penghasilanmu adalah Rp5 juta sebulan, maka alokasikan Rp2,5 juta untuk kebutuhan primer, Rp1,5 juta untuk keinginan, dan Rp1 juta untuk tabungan atau investasi. Dengan cara itu, kamu dapat memastikan bahwa pengelolaan keuanganmu tetap seimbang.

3. Utamakan pelunasan utang dan cicilan dulu

tips-belanja-kebutuhan-lebaran-transmart-cara-hemat-dalam-membelanjakan-uang-jajan-cara mengatur keuangan pribadi

Hal berikutnya yang nggak kalah penting adalah mengutamakan pelunasan utang dan cicilan. Utang dan cicilan bisa menjadi beban kalau kamu nggak mengelolanya dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memprioritaskan pelunasannya. Sebaiknya, hindari mengambil utang baru kalau kamu nggak sangat-sangat membutuhkannya.

4. Siapkan dana darurat dan investasi

Cara-menabung-untuk-beli-rumah-jangka-waktu-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-cara mengatur keuangan pribadi

Kehidupan memang sering kali memberikan peristiwa nggak terduga. Itulah yang membuat manusia perlu mempersiapkan dana darurat. Sisihkan sedikit dari gajimu untuk menabung dana darurat yang akan berguna bila terjadi sesuatu, seperti sakit, kecelakaan, kematian, PHK, dan lain-lain.

Cara Mengelola Keuangan Usaha

Nah, setelah tahu cara mengatur keuangan pribadi, kini saat yang tepat bagi kamu buat mengetahui cara mengelola keuangan usaha. Berikut detail langkah-langkahnya!

1. Bayar tagihan tepat waktu

Saat menjalankan bisnis, sangat penting untuk membayar semua tagihan tepat waktu. Pada akhirnya, ini bukan hanya soal menghindari denda, tetapi juga membangun reputasi positif buat perusahaan. Pastinya, konsumen, investor, dan calon karyawan juga akan lebih mempercayai perusahaan yang bisa mengelola keuangannya dengan baik, dong?

2. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran dengan detail

Catatan keuangan yang terperinci adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Ini membantu kamu memahami kondisi keuangan perusahaan dan menentukan strategi keuangan yang lebih efektif. Soalnya, dengan rekapan yang jelas, GoGetters akan bisa melakukan evaluasi dan perbaikan yang diperlukan dari sisi finansial.

3. Sisihkan pemasukan untuk pengembangan perusahaan

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh banyak pelaku usaha adalah lupa mengembangkan perusahaannya. Padahal, penting sekali untuk memperhatikan hal itu biar bisnismu bisa tetap bertahan hingga bertahun-tahun mendatang. Jadi, pastikan bahwa selain keuangan operasional berjalan dengan baik, sisihkan juga sebagian dari pemasukan untuk reinvestasi dalam bisnis.

Memang, keuntungan bisnis yang bisa kamu nikmati sekarang mungkin jadi lebih sedikit karena harus lebih banyak menabung, tapi siapa sangka bahwa savings yang kamu mulai dari sekarang itu bisa membuatmu menghasilkan keuntungan yang lebih banyak lagi ke depannya? Sebab, dengan tabungan cukup, perusahaan bisa mengembangkan produk, pemasaran, atau ekspansi.


Merchant Untukmu


4. Lakukan evaluasi tahunan

Nggak cuma evaluasi bulanan, evaluasi tahunan juga membantu perusahaan memahami kinerja keuangan dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau pengembangan lebih lanjut. Dengan cara ini juga, kamu nggak perlu menghabiskan banyak budget untuk strategi marketing yang salah, sehingga ekspansi bisnis bisa dipercepat seefisien mungkin.

Nah, sekarang sudah mengerti, kan, betapa pentingnya mengatur keuangan pribadi dan bisnis? Selain menerapkan cara mengatur keuangan di atas, GoGetters bisa memaksimalkan penghematan pengeluaran dengan menginstal aplikasi GetPlus. Memangnya, apa yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini?

Baca Juga: Mengatur Keuangan pakai Jasa Financial Planner, Perlu Nggak sih?

Aplikasi GetPlus punya merchant investasi seperti Treasury. Kamu bisa redeem voucher dengan harga spesial di aplikasi. Gimana, tertarik untuk makin #UntungPakeGetPlus? Jangan lupa ikuti inspirasi finansial dan lifestyle lainnya di sini!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !