cara mengetahui jenis kulit wajah dengan mudah pakai aplikasi cashback dan reward GetPlus

7 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Mudah

Des 18, 2023

Tipe atau jenis kulit wajah itu bisa berbeda-beda pada setiap orang, ada yang kulitnya lebih cepat berminyak atau bahkan lebih cepat kering setelah menggunakan produk atau ritual tertentu. Itulah mengapa penting untuk tahu jenis kulit wajahmu itu seperti apa. Nah, biar nggak menebak-nebak lagi, berikut cara mengetahui jenis kulit wajah sekaligus rekomendasi treatment wajah yang cocok sesuai tipe kulit wajah kamu di kota-kota besar Indonesia!

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Sebelum membeli produk atau melakukan perawatan kulit tertentu, alangkah baiknya kalau GoGetters sudah tahu jenis kulit wajahmu itu seperti apa. Ini dia cara memastikannya!

1. Lihat Kondisi Wajah Pada Akhir Hari

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melihat performa kulit sepanjang hari. Dengan melakukan ini, GoGetters bisa tahu bagaimana respons kulit setelah kamu melakukan aktivitas seharian penuh. Lihat mana saja area yang menimbulkan banyak minyak, apakah di T-zone saja (kulit kombinasi), di seluruh wajah (kulit berminyak), kulit cenderung bersisik (kulit normal atau kering), bahkan cenderung kemerahan (kulit sensitif).

Baca Juga: Rekomendasi 6 Coffee Shop Ubud, Murah dan Instagramable!

2. Gunakan Kertas Minyak Khusus Wajah

GoGetters juga bisa menggunakan kertas minyak untuk mengetes kondisi kulit wajahmu, lho! Caranya adalah kamu harus cuci muka, lalu diamkan kulit selama tiga jam tanpa menggunakan produk apa pun, barulah GoGetters men-tap kertas minyak ke seluruh kulit wajah. Kalau hasilnya terdapat banyak minyak, berarti kulitmu bisa dibilang berminyak atau sebaliknya.

3. Lakukan Tape Test

Cara mengetahui tipe kulit wajah yang selanjutnya adalah dengan tape test atau merekatkan selotip dari telinga satu ke telinga lainnya melewati hidung. Tapi, di awal kamu perlu cuci muka dulu dan membiarkan wajah tanpa produk apa pun selama 20 menit, ya!

Jika selotip mudah menempel, artinya kamu punya kulit normal. Kulit yang berminyak biasanya akan membuat selotip mudah bergeser, sementara kulit kering akan membuat permukaan selotip keruh saat dikelupas.

4. Tes Jenis Kulit Wajah dengan Tisu

Cara terakhir untuk mendeteksi jenis kulit wajahmu adalah dengan menempelkan tisu pada pagi hari. Pastikan malam sebelum tidur kamu membasuh wajah dan menggunakan produk perawatan kulit, ya! Kalau keesokan harinya terdapat banyak minyak, bisa dibilang kulitmu oily. Sementara itu, jika minyak hanya ada di T-zone, artinya GoGetters punya kulit kombinasi.

5. Perhatikan Tekstur Kulit setelah Cuci Muka

Sebenarnya, metode ini hampir sama dengan tape test, bedanya kamu nggak perlu menyiapkan selotip karena GoGetters cukup memperhatikan tekstur kulit tanpa bantuan apa pun. Jadi, setelah kamu cuci muka pakai face wash, diamkan wajah tanpa pakai produk apa pun selama 30 menit, lalu perhatikan tekstur kulitmu. 

Kalau sebum sudah mulai muncul ke permukaan, tandanya kulit GoGetters cenderung berminyak. Sementara itu, kalau muncul putih-putih, bisa jadi kamu punya tipe kulit kering.

6. Cubit Kulit Wajah

Cara mengetahui jenis kulit wajah selanjutnya adalah dengan mencubitnya. Kalau kulit GoGetters nggak terasa kenyal, artinya jaringan kulitmu cenderung kering dan kurang asupan air. Soalnya, permukaan kulit yang kenyal cenderung lebih lembap dan gampang kembali membal setelah dicubit. 

Tapi, pastikan kamu nggak terlalu sering melakukan hal ini, ya, karena bisa membuat kulit jadi cepat keriput dan timbul garis halus.

7. Cek Ukuran Pori-Pori Wajah

Apakah kamu pernah memperhatikan pori-pori di kulit wajahmu? Pori-pori adalah faktor penentu, apakah kulitmu termasuk kulit normal, berminyak, atau justru kering. Biasanya, ukuran pori-pori yang besar akan menghasilkan sebum lebih banyak sehingga kulit cenderung berminyak. Sebaliknya, pori-pori kulit yang samar adalah ciri-ciri kulit kering. Kamu bisa lihat ukuran pori-pori wajah di T-zone karena biasanya bagian inilah yang paling produktif menghasilkan sebum.

Mengenal Jenis Kulit Wajah

Biar GoGetters punya gambaran, sebenarnya terdapat jenis kulit wajah apa saja, mari simak penjelasan bullet points di bawah ini, yuk!

  • Kulit normal – Jenis kulit yang satu ini biasanya mempunyai tekstur pori yang cenderung nggak kelihatan, sehingga produksi minyak terjaga. Pemilik kulit normal umumnya juga nggak mengalami masalah kulit lainnya, seperti kulit kusam atau berjerawat. Bahkan, biasanya kulit normal juga jarang iritasi saat pakai atau mencoba produk perawatan kulit baru, makanya perawatannya bakalan lebih mudah.
  • Kulit berminyak – Kulit berminyak mudah dideteksi karena produksi minyaknya cenderung berlebih hampir di semua area wajah, khususnya T-zone. Nah, masalah kulit yang umumnya timbul kalau kamu punya tipe berminyak adalah komedo, jerawat, dan pori-pori besar. Makanya, bagi pemilik tipe kulit berminyak, sebaiknya bersihkan wajahmu dua kali sehari dan gunakan clay mask dua sampai tiga kali seminggu.
  • Kulit kombinasi – Sedikit berbeda dengan kulit berminyak, kulit kombinasi biasanya menghasilkan banyak minyak di T-zone aja. T-zone adalah area wajah di sekitaran dahi, hidung, pipi yang menempel ke bagian hidung, dan dagu. Sementara itu, area lainnya mungkin normal atau justru termasuk tipe yang kering dan sensitif. Kalau kering dan sensitif, perawatannya mungkin akan sedikit lebih rumit karena kamu perlu mengaplikasikan skincare yang berbeda di area-area tersebut.
  • Kulit kering – Kulit kering biasanya dapat dilihat dari tekstur kulitnya yang mudah bersisik, gatal, dan nggak elastis karena kurangnya kadar air dalam jaringan kulit. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang kurang minum atau menua sehingga produksi kolagen yang bikin kulit kenyal sudah nggak sebanyak saat usia muda. Kalau nggak diatasi dengan memakai produk perawatan kulit yang sesuai, kamu mungkin akan mengalami eksim dan iritasi.
  • Kulit sensitif – Kulit sensitif umumnya akan mengeluarkan tanda berupa bercak kemerahan, gatal, atau breakout setelah terkontaminasi dengan produk, makanan, atau kondisi tertentu. Biasanya, orang mengalami masalah ini karena produk skincare yang dipakai nggak sesuai. Tapi, kalau kamu memang punya bawaan kulit sensitif, cobalah berhati-hati saat mencoba produk baru sehingga nggak akan menimbulkan masalah kulit lainnya. Kalau sudah menemukan produk perawatan kulit yang pas, terus gunakan secara rutin.

Rekomendasi Tempat Treatment Wajah Terdekat yang Bagus

Buat kamu yang ingin merawat kulit, kami punya rekomendasi tempat treatment wajah yang bagus di berbagai kota besar Indonesia. Yuk, cek detailnya di bawah ini!

1. Ambrosia Klinik and Estetik

Ambrosia Klinik and Estetik adalah klinik kecantikan wajah dan tubuh yang sudah tersebar di berbagai kota besar Indonesia. Selain punya banyak cabang, klinik yang satu ini juga terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang optimal untuk pelanggan, sehingga makin banyak orang yang berhasil mewujudkan kecantikan paripurna versi masing-masing.

2. Lumi Aesthetic

Lumi Aesthetic juga merupakan klinik kecantikan dan perawatan tubuh yang bisa kamu jadikan sebagai opsi, nih, GoGetters. Tapi, jumlah cabang klinik ini belum sebanyak pilihan yang pertama, ya! Jadi, kamu bisa mendatangi Lumi Aesthetic yang berada di Metro Pondok Indah, Mal Kelapa Gading 2, dan Lippo Mall Puri.

3. Jglow Aesthetic Clinic

Buat GoGetters yang berdomisili di Bandung atau Jawa Timur, ada tempat treatment canggih bernama Jglow Aesthetic Clinic. Klinik ini bagaikan nirwana untuk kamu yang peduli terhadap kesehatan kulit! Nikmati treatment kecantikan dan skincare terbaik di 3 cabang nasional.

4. Malve Salon

Sama seperti rekomendasi-rekomendasi sebelumnya, Malve Salon juga menjadi tempat treatment yang andal untuk beauty, lash, nail, dan wax. Nggak cuma itu, cabangnya juga sudah tersebar di Jabodetabek, lho, seperti Pondok Indah, Cibubur, dan Serpong.

Baca Juga: 4 Tempat Christmas Dinner Jakarta Terbaik, Anti Fail!

Gimana, apakah GoGetters sudah memastikan mau mengunjungi tempat treatment yang mana setelah melihat jenis kulit wajahmu? Kalau ingin lebih hemat, kamu bisa memilih Ambrosia Klinik and Estetik serta Lumi Aesthetic yang sudah menjadi merchant resmi GetPlus. Jadi, kamu bisa scan struk pembayaranmu dengan aplikasi dan kumpulkan poinnya untuk ditukar dengan berbagai rewards menarik dari merchant GetPlus!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !