cara-menghemat-listrik token-getplus-aplikasi-cashback-reward

5 Cara Menghemat Listrik Token yang Ampuh

Jan 15, 2024

Belakangan ini, sudah ada banyak tempat tinggal yang menggunakan sistem listrik prabayar atau token, seperti rumah kos. Wajar, soalnya dengan sistem ini, penghuni bisa mengisi daya listrik sesuai kebutuhan tanpa harus mengkhawatirkan tagihan bakal membengkak akibat penggunaan berlebih. Tapi, terkadang token listrik bisa saja habis sebelum waktu yang kamu tentukan. Nah, di saat seperti itu, kamu perlu tahu cara menghemat listrik token biar budget rutin tetap aman!

Cara Menghemat Token Listrik 900 Watt

Bagaimanakah cara menghemat listrik token yang tepat? Kalau kamu punya token 900 Watt, kamu bisa coba tips-tips praktis ini!

1. Matikan alat elektronik yang nggak digunakan


matikan-listrik-cara-menghemat-listrik-token-getplus-aplikasi-cashback-reward

Cara menghemat listrik token 900 Watt yang pertama sekaligus terpenting adalah dengan memeriksa keberadaan alat elektronik yang nggak digunakan. Kalau ada, sebaiknya segera matikan. Soalnya, alat elektronik yang dibiarkan menyala begitu saja bakal menyedot banyak daya listrik dalam jangka panjang, sehingga token listrik bakal lebih cepat habis.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Pribadi, Simpel dan Hemat!

2. Gilir penggunaan alat elektronik yang memerlukan daya besar

baju-nyaman-tips-mudik-lebaran

T

oken listrik bisa lebih cepat terkuras kalau kamu terus-terusan menyalakan alat elektronik berdaya kecil saat sedang nggak digunakan. Apalagi, untuk alat elektronik yang perlu daya besar seperti AC, kulkas, air fryer, dan sebagainya. 

Tapi, tenang dulu! Soalnya, ada cara menghemat token listrik tanpa harus mengorbankan kemudahan, kok. Kamu cukup membatasi penggunaan peralatan elektronik yang membutuhkan daya besar secara bersamaan. Misalnya, kalau kamu ingin menyalakan air fryer dan harus menggunakan kulkas berbarengan, pastikan AC di tempatmu sedang nggak menyala.

3. Gunakan lampu dan TV LED

Lampu dan TV konvensional bisa mengonsumsi banyak energi dalam jangka panjang. Karena itu, kamu bisa mempertimbangkan beralih ke jenis lampu dan TV LED. Meski harga awalnya lebih mahal ketimbang lampu bohlam dan TV tabung, konsumsi energinya jauh lebih kecil daripada. Jadi, kamu bisa lebih berhemat, deh. Selain itu, tingkat keterangan dan kualitas gambarnya juga sebanding, kok!

4. Kurangi frekuensi charging smartphone

Cara merawat hp agar awet getplus aplikasi cashback dan reward

Di zaman digital seperti sekarang, smartphone memang penting banget untuk kemudahan beraktivitas. Tapi, supaya lebih hemat listrik, cobalah membatasi seberapa sering kamu mengisi baterai smartphone di tempat tinggal! Alternatif lainnya, kamu bisa memilih untuk charging di tempat umum. Selain itu, pilihlah smartphone dengan baterai yang tahan lama dan hindari membiarkan smartphone tetap tersambung ke kabel charging saat baterainya sudah penuh.

5. Pilih alat elektronik yang efisien energi

cafe-surabaya-barat-getplus-aplikasi-cashback-reward

Untuk cara menghemat listrik token yang terakhir, kamu perlu memastikan alat-alat elektronik di tempat tinggalmu sudah memenuhi standar efisiensi energi. Artinya, pilihlah perangkat yang nggak membutuhkan terlalu banyak daya listrik. Contohnya, untuk bekerja, kamu bisa menggunakan laptop daripada PC berukuran besar. Selain hemat tempat dan bisa dibawa ke mana-mana, perangkat satu ini juga lebih hemat listrik.

Cara Cek Listrik Token

Selain mempraktikkan kelima cara di atas, GoGetters juga bisa menghemat listrik prabayar dengan rutin mengecek sisa token. Untuk mengetahuinya, yuk, pelajari kedua cara cek listrik token di sini:

1. Secara online

Kalau kamu lebih suka cara online yang lebih praktis buat cek sisa token listrik, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi website resmi PLN di alamat https://portal.pln.co.id/;
  2. Pilih menu Pelanggan > Layanan Online;
  3. Klik menu Informasi Tagihan dan Token Listrik;
  4. Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meteran listrik untuk melihat sisa token.

Baca Juga: Sering Boros? Ini Cara Menghemat Kuota agar Paket Data Awet!

Alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile yang tersedia di smartphone Android dan iOS. Tahapannya pun juga nggak berbeda jauh dengan cek listrik token di website PLN, yaitu:

  1. Download aplikasi PLN Mobile;
  2. Buat akun dengan mengisi formulir pendaftaran selengkap-lengkapnya (kalau belum punya) atau log in ke akun yang sudah terdaftar;
  3. Pilih menu Token dan Tagihan di layar utama aplikasi.

2. Secara offline

Terakhir, untuk GoGetters yang lebih memilih untuk cek token listrik prabayar secara langsung, kamu bisa menghampiri meteran listrik yang terpasang di tempat tinggalmu. Kemudian, perhatikan merek meteran yang kamu gunakan dan masukkan kode berikut sesuai mereknya sebelum menekan tombol Enter:

  • Hexing: 801;
  • Glomet: 37;
  • Star: 07.

Untuk meteran merek CONLOG dan Itron, informasi kWh token akan langsung terlihat di layar, sehingga kamu nggak perlu memasukkan kode.


Promo Untukmu


Itulah berbagai cara menghemat listrik token yang efektif dan anti-ribet, GoGetters! Dengan menghemat penggunaan listrik, kamu bisa berkontribusi buat pelestarian lingkungan, dan kamu bakal punya lebih banyak uang untuk kebutuhan lainnya. Jadi, pastikan kamu menerapkannya dari sekarang, ya! Psst, biar makin untung lagi, kamu juga bisa cari tahu berbagai tips hemat yang ada di blog KataGita, lho!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !