cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-getplus-aplikasi-cashback

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Yuk Coba!

Nov 03, 2023

Pergantian musim (pancaroba) sering kali bisa membuat kondisi tubuh manusia kurang fit sehingga memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Padahal, GoGetters bisa saja tetap memiliki performa optimal asalkan menerapkan gaya hidup seperti di bawah ini. Apa sajakah itu? Mari simak sederet cara meningkatkan daya tahan tubuh plus makanan yang sebaiknya kamu konsumsi!

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada lima gaya hidup yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Simak selengkapnya di bawah ini biar GoGetters bisa fit sepanjang musim!

1. Olahraga secara rutin

Olahraga-Rutin-dan-Teratur-cara-bahagiavisual-tips-menjaga-berat-badan-pentingnya-self-love

Olahraga adalah salah satu gaya hidup terpenting karena kegiatan ini nggak hanya bikin tubuhmu bugar, tapi juga membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga, sel darah putih dan antibodi bisa bekerja lebih efektif. Coba lakukan olahraga ringan, seperti jogging atau yoga, paling nggak 30 menit sehari sebanyak tiga kali seminggu untuk hasil optimal.

Baca Juga: 4 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu

2. Istirahat yang cukup tiap malam

Tidur-cukup-7-9-jam-per-hari-cara-bahagia-tips-menjaga-berat-badan

Tubuh kita memerlukan istirahat untuk memulihkan energi dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Maka dari itu, biar kamu bisa memiliki daya tahan tubuh optimal, pastikan kebutuhan istirahatmu terpenuhi, yaitu selama 7-8 jam setiap malamnya. Istirahat yang cukup juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi.

3. Perbanyak asupan air putih dan suplemen kesehatan

Perbanyak-Minum-Air-Putih-tips-menjaga-berat-badanorange-warna-baju-yang-cocok-untuk-kulit-kuning-langsat

Selain istirahat yang cukup, GoGetters juga harus mengonsumsi air putih yang cukup, lho, yakni 8 gelas per harinya! Sebab, air putih ini akan membantu membersihkan racun dalam tubuh dan meningkatkan fungsi sel-sel imun. Sementara itu, suplemen kesehatan seperti vitamin C dan E bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh.

4. Kurangi stres sebisa mungkin

Stres berlebihan bisa menurunkan fungsi imunitas tubuh. Saat kita stres, tubuh kita melepaskan hormon kortisol yang dalam jangka panjang dapat menghambat kerja sistem imun. Cobalah lakukan meditasi, mendengarkan musik, atau melakukan kegiatan yang kamu sukai untuk mengurangi stres. Jangan lupa juga untuk mengatur waktu istirahat, jalin komunikasi dengan orang terdekat, atau tulis jurnal harian yang bisa meredakan tingkat stres.

5. Stop kebiasaan merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum-minuman beralkohol memang dapat mengurangi fungsi sistem imun dan meningkatkan risiko infeksi. Sebab, rokok mengandung ribuan bahan kimia yang berbahaya dan bisa mengganggu kinerja sel imun, sedangkan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menghambat kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah putih. Jadi, sebaiknya hindari atau kurangi dua kegiatan yang bisa berdampak negatif pada tubuh ini, ya!

5 Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

Selain menjalankan beberapa gaya hidup sehat di atas, kamu juga bisa mengonsumsi makanan untuk daya tahan tubuh supaya semakin oke. Simak contohnya di bawah ini!

1. Buah jeruk

Vitamin C memang bisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi. Itulah mengapa buah jeruk jadi favorit banyak orang, mulai dari jeruk mandarin, jeruk purut, jeruk nipis, dan berbagai varian buah jeruk lainnya.

2. Sayuran hijau

Brokoli, bayam, dan kale merupakan contoh sayuran hijau yang kaya akan vitamin C dan E. Jenis sayuran tersebut memang sarat akan antioksidan dan serat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

3. Bawang putih

Bukan hanya pengharum masakan, bawang putih ternyata juga bisa jadi makanan untuk daya tahan tubuh karena memiliki senyawa allicin yang mampu memerangi bakteri dan infeksi. Jadi, nggak ada salahnya menambahkan sedikit bawang putih ke dalam masakanmu.

4. Jahe dan kunyit

Jahe dan kunyit memang memiliki khasiat anti-inflamasi, sehingga cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dua umbi-umbian ini juga bisa membantu mengurangi nyeri otot dan mual, cocok banget untuk jadi minuman hangat di pagi atau malam hari.

5. Daging unggas

Ayam dan kalkun adalah dua sumber protein yang mengandung vitamin B-6 untuk pembentukan sel darah merah baru. Kamu bisa mengonsumsi keduanya setelah diolah menjadi kaldu ayam, misalnya, untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh.

Baca Juga: 4 Menu Bekal Anak TK 4 Sehat 5 Sempurna, Enak dan Bergizi!

Baca Juga: Yuk, Tes Love Language Keluarga Biar Makin Saling Sayang!


#UntungPakeGetPlus di Merchant Ini


Dari sekian cara meningkatkan daya tahan tubuh yang sudah disebutkan di atas, mana yang telah kamu terapkan selama ini? Buat GoGetters yang ingin mencari bahan makanan untuk daya tahan tubuh, kamu bisa belanja lebih hemat pakai GetPlus. Dalam aplikasi ini terdapat fitur eShop dan Foto Struk yang tawarkan banyak keuntungan buat pengguna. Makanya, download aplikasi GetPlus sekarang juga dan baca lebih banyak tips lifestyle di blog KataGita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !