ciri-ciri-early-bird-night-owl-person-getplus-aplikasi-cashback-reward

Kamu Early Bird atau Night Owl Person? Cek 6 Ciri-ciri Ini, yuk!

Jan 22, 2024

Akhir-akhir ini, istilah early bird dan night owl lagi populer di media sosial sama dunia kesehatan. Tapi, sebenarnya early bird artinya apa? Apa bedanya dengan night owl? Dan kenapa seseorang bisa dikategorikan sebagai salah satu di antara keduanya? Supaya tahu kamu termasuk salah satunya atau enggak, ayo kita cari tahu karakteristik selengkapnya di bawah ini!

Early Bird Artinya…

Pada dasarnya, early bird merujuk kepada orang-orang yang sudah terbiasa bangun dan beraktivitas pada pagi hari. Makanya, mereka juga dikenal sebagai morning person. Istilah ini berasal dari kebiasaan spesies burung tertentu yang akan langsung mulai terbang mencari makanan tepat ketika matahari terbit.

Perbedaan Morning Person vs Night Owl

Lalu, apa bedanya morning person vs night owl? Berkebalikan dari morning person, orang yang termasuk dalam kategori night owl person justru merasa lebih bersemangat dan produktif ketika matahari sudah terbenam. Jadi, sama seperti burung hantu yang merupakan burung nokturnal, besar kemungkinan mereka akan lebih memilih untuk beraktivitas pada sore dan malam hari.

Baca Juga: 5 Resep Menu Sarapan Sehat Kekinian, Gampang Banget!

Tapi, kenapa seseorang bisa menjadi morning person atau night owll? Jawabannya sangat bergantung dari berbagai faktor. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga uji genetik asal Amerika Serikat 23andMe, seorang early bird person memiliki gen yang membuat mata lebih sensitif terhadap keberadaan cahaya. Sehingga, hal ini berdampak pada ritme sirkadian tubuh yang menentukan kapan kita harus bangun secara alami. Sementara itu, seorang night owl person bisa saja memiliki gen yang memperlambat produksi melatonin, hormon pemicu rasa kantuk.

Selain faktor genetik, tuntutan sosial juga bisa menentukan apakah seseorang termasuk early bird atau bukan. Misalnya, jam kerja dan quality time bersama keluarga yang dimulai pada pagi hari bisa mendorongmu untuk menjadi early bird person seiring dengan berjalannya waktu. Begitu juga sebaliknya jika kamu memiliki shift kerja malam.

3 Tanda Kamu adalah Early Bird Person

rekomendasi-kado-untuk-bayi-getplus-aplikasi-cashback-reward

Untuk mengetahui apakah kamu merupakan early bird person, kamu bisa mencocokkan kebiasaanmu dengan ciri-ciri berikut:

1. Bisa tidur dan bangun lebih awal

Apa GoGetters hampir enggak pernah merasa kesulitan mengejar jadwal keberangkatan transportasi umum yang paling pagi dalam suatu hari? Apalagi, kalau sampai jarang merasa lelah setelah bangun? Mungkin saja, kamu merupakan seorang early bird. Soalnya, kamu bisa tidur lebih awal dari biasanya dan bangun saat matahari baru saja terbit tanpa merasa ingin tidur lagi.

2. Lebih merasa segar pada pagi hari

Coba ingat kembali kapan kamu merasa lebih produktif dan siap beraktivitas selama seharian penuh. Apakah jawabannya adalah saat pagi hari? Artinya, besar kemungkinan kamu adalah seorang early bird person.

3. Mudah mengantuk pada jam-jam tertentu

Kalau GoGetters sering merasa enggak sanggup begadang di atas jam tidur biasanya, ini adalah salah satu indikator terbesar karakteristikmu sebagai early bird person. Misalnya, mungkin kamu sering mengantuk di atas jam 9 malam, sedangkan teman-temanmu masih bisa beraktivitas seperti biasanya pada waktu tersebut.

3 Tanda Kamu adalah Night Owl Person

Lalu, apa saja ciri-ciri yang menjadikanmu seorang night owl person? Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Kuat begadang

Di saat orang lain sudah tertidur sebelum tengah malam, pernahkah GoGetters merasa masih tetap bersemangat, bahkan sampai dini hari? Itu merupakan salah satu ciri khas seorang night owl. Karena ciri-ciri ini yang berkebalikan dengan rutinitas early bird, tidak heran jika seorang night owl disebut sebagai “kalong”.

2. Lebih sering merasa mengantuk pada pagi hari

Sebaliknya, kalau GoGetters lebih sering merasa ingin tidur ketika matahari sudah terbit, ini adalah tanda bahwa kamu seorang night owl person. Bisa jadi, pola ritme sirkadian atau jam biologis tubuhmu lebih panjang dari biasanya, sehingga kamu baru bisa beristirahat ketika orang lain sudah beraktivitas di pagi hari.

Baca Juga: Personal Grooming adalah Self-Care, Coba 3 Treatment di Sini!

3. Selalu merasa lelah setelah bangun lebih awal

Sebagai night person, mungkin GoGetters sering kesulitan saat harus mengejar jadwal penerbangan atau keberangkatan paling awal. Soalnya, bisa saja kamu merasa ingin tidur lagi setelah bangun lebih pagi daripada biasanya. Apalagi, kalau kamu terpaksa bangun saat matahari baru mau terbit.


Merchant Untukmu


Itu dia ciri-ciri early bird dan night owl yang paling utama! Kira-kira, kamu masuk yang mana? Terlepas dari tipemu, pastikan kamu tidur selama 7-9 jam setiap harinya agar kesehatan tetap terawat, ya! Supaya makin sehat, kamu bisa menyimak artikel kesehatan lainnya yang enggak kalah menarik di blog KataGita. Yuk, langsung disimak!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !