oleh oleh khas jakarta GetPlus aplikasi cashback dan reward

Lagi ke Jakarta? Ini 8 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Pelancong

Jun 02, 2023

Siapa bilang kalau Jakarta hanya cocok buat kerja, kerja, dan kerja? Kamu juga bisa menikmati berbagai tempat wisata ibu kota, termasuk kulinernya, lho! Mulai dari tempat wisata alam sampai buatan, semuanya ada di sini! Kulinernya juga nggak kalah sedap dari kota-kota lainnya di Indonesia, kok. Kalau sudah puas berkeliling, kamu pasti pengin pulang dengan membawa oleh-oleh khas Jakarta. Nah, berikut daftar makanan yang nggak boleh kamu skip!

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jakarta

Liburan ke Jakarta kurang lengkap rasanya kalau hanya main ke destinasi-destinasi seperti Dufan dan Monas. Kamu juga wajib bawa pulang oleh-oleh ini buat orang terkasih yang nggak ikut healing!

1. Roti buaya

roti-buaya-oleh-oleh-khas-jakarta
(Sumber: Shutterstock)

Beberapa dari GoGetters mungkin sudah nggak asing lagi dengan oleh-oleh roti buaya. Jenis roti yang satu ini memang dinamai sesuai bentuknya yang mirip seperti binatang buaya. Roti buaya juga menjadi salah satu elemen seserahan ketika akan dilangsungkan upacara pernikahan. Kamu bisa mendapatkan roti yang satu ini sebagai oleh-oleh khas Jakarta di berbagai bakery shop ibu kota. Harganya pun variatif, mulai dari Rp150 ribu sampai Rp300 ribuan, bergantung ukurannya.

Baca Juga: 5 Lokasi Staycation Dekat Jakarta buat Liburan Tahun 2023

2. Semprong

semprong-oleh-oleh-khas-jakarta
(Sumber: Shutterstock)

Selain roti buaya, GoGetters juga bisa membeli kue semprong sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Kue ini dibuat karena terinspirasi dari egg rolls yang dibawa Portugis saat tiba pertama kali di ibu kota. Nama semprong sendiri melambangkan bentuknya yang mirip seperti corong untuk menyalakan api. Kalau kamu berminat membawakan kue yang satu ini, siapkan aja budget mulai dari Rp40 ribuan.

3. Dodol betawi

dodol-betawi-oleh-oleh-khas-jakarta
(Sumber: Shutterstock)

Siapa bilang dodol itu hanya berasal dari Garut aja, GoGetters? Kamu yang lagi vacation ke Jakarta juga bisa membawa pulang dodol betawi sebagai oleh-oleh, lho! Memangnya, apa yang membedakan dodol garut dengan dodol betawi? Proses akhir pembuatan dodol betawi nggak pakai dicelupkan ke dalam gula cair. Sehingga, teksturnya sedikit lebih lengket daripada dodol garut yang bagian luarnya kering seperti permen.

4. Hokkaido cheese tart

hokkaido-cheese-tart-oleh-oleh-khas-jakarta
(Sumber: Shutterstock)

Mungkin GoGetters sekarang lagi merasa kalau rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta sebelumnya terlalu tradisional. Tenang, di Jakarta juga ada cheese tart dari toko roti Hokkaido, kok. Terinspirasi dari kue asal Jepang, Hokkaido cheese tart nyatanya punya potensi pasar yang luas di Indonesia. Jangan lupa juga buat siapkan kocek sedikit lebih banyak, yakni mulai dari Rp100 ribuan untuk dapat 6 pcs cheese tart ini.

5. Tumbler atau mug Jakarta

Oleh-oleh itu nggak mesti kuliner, kok. GoGetters juga bisa bawa pulang tumbler atau mug bernuansa Jakarta buat orang-orang terkasih di rumah. Kamu pun bisa mendapatkan tempat minum serta cangkir ini di toko oleh-oleh setempat. Bahkan, Starbucks juga sering kali merilis produk bertema Jakarta untuk memikat wisatawan. Harganya sendiri cukup variatif, siapkan aja budget mulai dari Rp50 ribu sampai Rp500 ribuan kalau kamu ingin dapat merek Starbucks.

6. Bir pletok betawi

bir-pletok-oleh-oleh-khas-jakarta
(Sumber: Shutterstock)

Selain makanan dan perintilian khas Jakarta, kamu juga bisa bawa pulang bir pletok betawi yang pastinya identik banget dengan kota satu ini! Santai aja, GoGetters, bir pletok dari Betawi ini nggak mengandung alkohol, kok. Malahan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya itu cukup baik buat kesehatan tubuh, misalnya pandan, serai, dan jahe. Harganya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp15 ribuan aja.

7. Kue akar kelapa

kue-akar-kelapa-oleh-oleh-khas-jakarta
(Sumber: Shutterstock)

Ada satu lagi oleh-oleh khas Jakarta yang nggak basah, yaitu kue akar kelapa. Makanan kering yang satu ini memiliki cita rasa yang unik, sebab menggabungkan varian manis, gurih, dan asin sekaligus. Jadi, kamu nggak bakal bosan buat menjadikannya sebagai camilan.

Tapi, karena kue kering yang satu ini termasuk makanan tradisional khas Betawi, kamu mungkin sedikit kesulitan saat mencarinya. Pastikan GoGetters benar-benar mendatangi pusat oleh-oleh besar yang nggak hanya menyajikan makanan kekinian aja, ya!

8. Geplak betawi

geplak-oleh-oleh-khas-jakarta
(Sumber: Shutterstock)

Geplak betawi juga bisa jadi salah satu oleh-oleh khas Jakarta buat santapanmu di rumah. Sama seperti roti buaya, makanan ini pun biasa dihadirkan dalam upacara hantaran sebelum perkawinan. Dari segi rasa, geplak betawi itu perpaduan antara manis dan gurih karena ada campuran gula dan kelapa sangrai. Lalu, untuk ketahanannya, makanan khas satu ini bisa awet hingga tujuh hari, bahkan tanpa perlu dimasukkan dalam lemari pendingin.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam Bali untuk Isi Libur Panjang

Buat GoGetters yang lagi traveling ke Jakarta, kiranya delapan list oleh-oleh khas Jakarta tersebut bisa jadi pengingat tentang kuliner Betawi, ya! Jangan lupa juga buat sambung akun GetPlus dan tiket.com biar kamu bisa dapet double points dari GetPlus juga tiket.com. Klik di sini untuk cara lengkap sambung akunnya, ya!

Pelajari berbagai informasi menarik seputar inspirasi seru-seruan bareng GetPlus melalui laman KataGita GetPlus. Terus update dengan berbagai promo menarik yang kami sediakan di laman promo GetPlus. Download GetPlus sekarang di PlayStore atau di AppStore

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !