outfit-kondangan-simpel-pria-wanita-getplus-aplikasi-cashback-reward

39 Outfit Kondangan untuk Pria, Wanita, dan Pasangan

Okt 06, 2023

Sebagian besar orang pasti pernah diundang ke kondangan teman atau kerabat dekat. Kalau GoGetters pernah mengalami hal ini, tentu kamu tahu gimana bimbangnya memilih pakaian yang pas. Nah, biar GoGetters nggak bingung lagi, kamu bisa simak sederet inspirasi outfit kondangan untuk pria dan simple wanita berikut ini, yuk!

11 Ide Outfit Kondangan Pria

Buat GoGetters yang berjenis kelamin pria, memadukan style kondangan kini nggak perlu bingung lagi. Kamu bisa ikuti tujuh ide di bawah ini biar pede meningkat saat datang ke kondangan.

1. Kemeja putih dan celana bahan

Nothing goes wrong dengan kemeja putih dan celana bahan. Meskipun ini terkesan sangat sederhana, nyatanya white shirt dapat memberikan kesan clean yang elegan. Ditambah lagi, ada celana bahan yang dapat melengkapi atasanmu. Untuk tampilan cenderung formal, coba gunakan celana chinos dan lengkapi dengan low boots yang keren.

Baca Juga: Jangan Sedih, Cek 5 Outfit untuk Orang Pendek biar Terlihat Tinggi

2. Kemeja putih dan suspenders

Outfit kondangan di atas rasanya terlalu clean untuk kamu? Coba padukan kemeja putihmu dengan suspenders atau tali yang mengikat di kedua bahu dari lubang gesper. Style ini juga akan memberikan kesan yang sangat klasik, apalagi jika ditambah dengan dasi kupu-kupu berwarna serupa. Kamu bisa gunakan warna hitam, abu, atau merah maroon biar terlihat makin kece.

3. Vest, celana jeans, dan sepatu kulit

Kamu lagi nggak pengin pakai celana kain? Bisa coba jeans yang di-mix and match dengan vest dan sepatu kulit, lho! Style ini tentunya bakal bikin kamu terlihat lebih rileks karena kesan kasualnya yang kuat. Jangan lupa juga buat pakai dasi panjang bermotif biar penampilanmu semakin mantap buat datang ke kondangan.

4. T-shirt berlapis jas

Salah satu outfit kondangan favorit banyak orang adalah kaos yang dilapisi dengan jas. GoGetters bisa menggunakan kaos polos berwarna monokrom biar mudah memadukannya, seperti putih atau hitam. Lalu, lapisi kaosmu dengan jas yang memberikan kontras menarik. Supaya kesan santai tetap melekat, biarkan jasmu nggak terkancing, ya!

5. Kemeja polo dan celana chino

Kemeja polo dan celana chino memang nyaman banget buat dipakai sehari-hari, GoGetters. Kalau kamu pengin dateng ke kondangan teman akrab, setelan ini bisa jadi inspirasi outfit kamu, ya! Nah, buat menambah kesan formal, kamu bisa pakai sepatu yang desainnya mirip-mirip brand Docmart, ya!

6. Kemeja batik semi-sutera

Salah satu inspirasi outfit kondangan yang nggak ada matinya dari masa ke masa adalah kemeja batik. Meski jadi andalan, kamu bisa level up style yang satu ini dengan memilih bahan semi-sutera. Jadi, kemeja batikmu akan terlihat mengilap dan megah, sehingga siap dipadukan dengan celana kain dan pantofel.

7. Kemeja flannel dan celana bahan

Outfit berikutnya yang bisa kasih rasa nyaman untukmu saat kondangan adalah kemeja flannel dan celana bahan. Pilihlah motif kemeja flannel yang “kamu banget”. Lalu, padukan dengan celana bahan atau chino dan jangan lupa gunakan sneakers atau leather boots buat memaksimalkan gayamu, ya, GoGetters!

8. Setelan jas

Urusan outfit kondangan pria, setelan jas memang nggak pernah salah untuk jadi andalan kamu, nih, GoGetters! Kamu boleh pakai setelan jas dengan warna favoritmu, misalnya hitam, abu-abu, cokelat, navy, bahkan merah marun! Padukan juga dengan sepatu pantofel untuk menambah kesan resmi dan gagah. Lalu, sisirlah rambut dan gunakan pomade supaya rambutmu semakin mendukung penampilan GoGetters yang rapi banget.

9. Kemeja denim dengan celana chino

Kemeja denim menjadi salah satu outfit kondangan yang nggak boleh dilewatkan kalau kamu lagi pengin berdandan simpel. Dengan atasan denim, kamu jadi bisa lebih bebas bergerak untuk mengekspresikan diri, mengambil makan, atau berfoto bersama keluarga dan kerabat dekat. Padukan kemeja denim GoGetters dengan celana chino biar makin mantap, ya!

10. Kemeja lengan panjang dan setelan linen

GoGetters ingin tampil simpel dan tetap menawan selama kondangan? Pakai kemeja lengan panjang berbahan linen aja! Dengan bahan linen yang jatuh, ditambah pilihan warna yang sesuai tema wedding kali ini, GoGetters pasti bakal mencuri banyak perhatian tamu undangan, deh! Kalau menurutmu kombinasinya terlalu polos, kreasikan dengan aksesori seperti jam tangan atau bros kecil di dada kiri.

11. Setelan kemeja batik

Terakhir, kemeja batik adalah alternatif paling mudah dari semua pilihan outfit kondangan pria di atas. Sebab, pastinya kamu sudah punya koleksi baju batik, dong? Nah, tinggal pilih saja yang pola batiknya memang memiliki arti bahagia sehingga cocok untuk dipakai pada pesta pernikahan keluarga atau orang terdekatmu. Supaya lebih keren, padukan dengan celana kain atau chino yang warna dasarnya match dengan batikmu.

13 Ide Outfit Kondangan Simple Wanita

Setelah tahu style yang cocok buat kaum adam, sekarang saatnya GoGetters tahu gimana outfit kondangan buat kaum hawa. Cus, simak bersama-sama di bawah ini!

1. Kebaya modern

Contoh outfit yang nggak pernah salah buat dipakai di acara kondangan indoor maupun outdoor adalah kebaya modern. Perbedaan kebaya jadul dan modern terletak pada model jahitannya. Kebaya kekinian cenderung membuatmu lebih bisa berekspresi dengan rok satin, batik, atau tenun.

2. Dress bermotif batik

Nggak cuma kebaya modern, ada juga dress bermotif batik yang pas buat kamu pakai di acara kondangan. Bahkan, dengan pakaian satu ini, kamu bisa langsung menggunakannya sebagai seragam kerja, lho! Jadi, nggak perlu ribet gonta-ganti outfit, deh!

3. Atasan hitam polos dengan rok flowy

Ide berikutnya yang bakalan jadi andalan GoGetters adalah atasan hitam. Dengan style hitam, kamu bisa padukan ini dengan berbagai jenis rok, mulai dari rok batik, rok motif renda, atau kain batik yang diikat manual. Semuanya bakal tampak stunning karena ada kontras warna dari atasanmu. Psst, kombinasi atasan hitam dan rok semata kaki juga bisa dijadikan outfit kondangan hijab dengan warna favoritmu, lho!

4. Gamis modern

GoGetters yang lagi males pakai atasan dan rok, kamu bisa pilih gamis modern dengan motif kalem untuk mengakalinya. Pilih yang modelnya paling nyaman untuk kamu pakai, misalnya v-neck dengan kerut di bagian pinggang yang adjustable, furing supaya nggak transparan, dan tersedia dalam berbagai pilihan warna. Padukan dengan flatshoes atau heels pendek supaya kakimu terlihat jenjang.

5. Cape dress

Ide outfit kondangan dengan cape dress bakalan kasih kamu kesan glamour dan anggun. Gimana nggak? Perpaduan antara dress yang diberi outer seperti gaun ini akan menampilkan hasil akhir bak pemain serial Bridgerton. Kamu bisa bermain dengan tekstur dan pilihan warna supaya tampilan ini tetap mewah, tapi nggak too much. Jangan lupa pakai heels senada, ya, biar GoGetters nggak tenggelam di balik megahnya rok ini.

6. Off-shoulder blouse lengan panjang dan rok lilit

Sabrina atau off-shoulder merupakan gaya berpakaian terbuka untuk menonjolkan area bahu. Meski terbuka, kamu tetap bisa memakainya untuk menghadiri kondangan teman, kok. Biar nggak terlalu terbuka, pilihlah model baju sabrina yang berlengan panjang, lalu padukan dengan rok span ¾. Jangan lupa gunakan hand bag dan alas kaki yang senada dengan outfit-mu, ya, GoGetters.

7. Wrap dress panjang dan hijab

Wrap dress adalah pilihan outfit terbaik untuk wanita-wanita anggun nan simpel di luar sana. Dengan pakaian ini, kamu bisa tampil feminin berkat tali pinggang yang memberikan bentuk tubuh. Jangan salah, GoGetters yang berhijab juga bisa mencari model wrap dress yang menutup aurat, kok.

8. Tunik brokat dan celana panjang

Inspirasi outfit berikutnya yang cocok untuk mendatangi acara resmi seperti kondangan adalah tunik brokat dan celana panjang. Tunik brokat adalah kain yang biasanya digunakan untuk kebaya. Namun, kali ini desainnya bisa kamu pilih sesuai selera. Padukan dengan celana panjang sehingga kamu bisa tampak anggun, tapi tetap leluasa dalam bergerak.

9. Kimono blouse

Satu outfit yang lagi trend di kalangan anak-anak muda adalah kimono blouse. Model outwear yang tertutup dan menyilang di bagian dada hingga pinggang ini akan memberikan kesan anggun sekaligus sopan saat kamu pakai ke kondangan. Pilihan warna dan motifnya pun sangat beragam, pilih saja yang paling sesuai dengan tema pernikahan atau dresscode tamu pada acara tersebut.

10. Puff sleeve blouse dan baggy pants

Kalau kamu pengin ke kondangan dengan style kasual, coba padukan puff sleeve blouse yang feminin dengan baggy pants sedikit tomboy. Pilih warna sleeve yang menggemaskan, seperti pink atau ungu. Lalu, padukan dengan baggy pants berwarna netral, misalnya putih atau krem. Buat GoGetters yang memilih opsi kedua, kamu bisa mix and match dengan kerudung berwarna ungu mauve.

11. Midi dress dan ikat pinggang

Pilihan berikutnya adalah midi dress yang diberi ikat pinggang. Midi dress adalah gaun yang panjangnya hingga sekitar betis dan modelnya mengembang. Gaun seperti ini bisa kamu modifikasi dengan ikat pinggang buat menambah kesan anggun sekaligus memperlihatkan lekuk tubuh. Padukan midi dress yang simpel dengan flat shoes berwarna gold atau krem, lalu gunakan sling bag biar makin kece.

12. Cape blazer

Kamu punya cape blazer di lemari? Itu bisa jadi inspirasi baju kondangan yang pas kalau kamu mau tampil elegan. Cape blazer memang menghasilkan kesan formal sekaligus anggun bagi para penggunanya. Kamu bisa padukan ini dengan blouse berwarna sepadan, seperti hitam atau putih. Lalu, jangan lupa gunakan heels yang tinggi supaya penampilanmu makin stand out, ya!

13. Organza set

Inspirasi berikutnya yang bisa kamu jadikan outfit saat datang ke kondangan adalah organza set. Organza adalah jenis kain menerawang yang glossy dan terlihat megah. Biasanya, organza dibentuk menjadi blazer atau outer. Buat dalamannya, kamu bisa pakai blouse dengan warna lebih gelap. Lalu, gunakan celana yang juga punya tone warna sepadan, ya.

6 Ide Outfit Kondangan Berpasangan

Buat GoGetters yang ingin datang ke kondangan bersama pasangan, ada tiga ide outfit keren, nih! Cari tahu detailnya di bawah ini biar kamu nggak bingung pilih OOTD!

1. Batik motif kembaran

Salah satu outfit paling mudah buat kondangan couple adalah batik bermotif sama. Untuk para ladies, kamu bisa kreasikan kain batik kembar ini dengan kain polos atau brokat berwarna serupa. Lalu, buatlah desain bentuk yang paling cocok dan nyaman buat lekuk tubuhmu, ya!

2. Blazer dress dan tuxedo

Nggak kalah simpel dengan outfit sebelumnya, blazer dress dan tuxedo berwarna seragam juga bisa jadi OOTD andalan saat diundang ke acara-acara resmi. Pilihlah warna-warna gelap biar kamu nggak perlu pusing saat baju terkena noda makanan, ya, GoGetters!


Promo Terkini


3. Cheongsam dan kemeja mandarin collar

Buat GoGetters yang merupakan pasangan dengan keturunan Tionghoa, pilihlah cheongsam dan kemeja mandarin collar. Lalu, pilihlah motif-motif cerah atau netral supaya penampilanmu semakin memukau bersama pasangan.

4. Kebaya satin dan tuxedo

Satu lagi inspirasi outfit cukup resmi yang bisa kamu pakai bareng pasangan, kebaya satin dan tuxedo. Perpaduan keduanya memang bakalan kasih kesan formal dan mewah, makanya pas banget untuk kamu pakai di kondangan bos, atasan kantor, atau orang yang kamu hormati.

5. Dress brokat dan kemeja batik

Kalau GoGetters nggak pengin ribet, coba pakai dress brokat. Dengan satu pakaian simpel aja, kamu bisa tampil anggun sekaligus elegan berkat motif brokat yang beraneka ragam. Untuk laki-laki, kamu boleh pilih motif batik dengan color tone yang sesuai dengan dress brokat, ya!

6. Blouse berpita dengan rok flare untuk wanita dan blazer dengan jeans untuk pria

Setelan blouse berpita dan rok flare mungkin jadi pilihan terbaik untuk tampil gemes bareng pasangan. Kamu bisa pilih pita yang menggantung di leher atau bahkan di pinggang. Untuk setelan prianya, GoGetters boleh pakai blazer dan jeans yang warnanya senada dengan pasanganmu, ya! Outfit ini pasti bakal membuat kalian tampil kasual dan serasi di pesta pernikahan tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Rambut Sehat dan Rekomendasi Produk Perawatannya

Tips Memilih Baju Kondangan

Bagi beberapa orang, memilih baju kondangan kadang bisa jadi permasalahan cukup rumit. Nah, kalau kamu juga merasa begitu, coba simak tipsnya di bawah ini!

1. Sesuaikan dengan dress code acara

Dress code acara memang bisa mempermudah hadirin yang diundang ke pesta. Peluangmu memilih baju jadi lebih terbatas dan simpel. Misalnya, tamu diharapkan datang dengan dress code hijau muda. Ketentuan ini biasanya juga menerangkan soal formalitas pakaian yang mesti kamu pakai. Pastikan GoGetters mengikutinya, ya, biar makin pede karena nggak saltum alias salah kostum!

2. Pasangkan pakaian bermotif dengan yang polos

Setiap kamu pakai atasan yang polos, artinya GoGetters bisa mengenakan kerudung yang bermotif, begitu juga sebaliknya. Jadi, misalnya atasanmu sudah banyak motif, seperti batik, akan sangat nggak match kalau kerudungmu juga bermotif. Jadi, pastikan kamu menyesuaikan warna dan motif biar nggak terkesan nabrak karena terlalu ramai, ya!

3. Utamakan warna netral

Warna netral selalu jadi andalan banyak orang. Hal ini karena kemudahannya buat dipadupadankan dengan berbagai warna lain. Misalnya, ketika kamu punya blouse putih, warna itu bisa kamu pasangkan dengan hitam, ungu, merah, cokelat, abu-abu, dan masih banyak lagi lainnya. Warna yang netral juga bikin pemilihan aksesori serta sepatu jadi lebih mudah.

4. Pilih bahan pakaian yang nyaman

Karena GoGetters tinggal di negara tropis, Indonesia, memilih pakaian yang nyaman untuk kondangan adalah prioritas penting. Banyak di antara kita yang mengadakan pesta pernikahan pada siang hari. Hal ini tentu bikin tamu jadi lebih cepat kegerahan, apalagi kalau acaranya outdoor. Biar kamu nggak bad mood pas datang, pakailah pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik, ya!

Sudah tahu mau pakai outfit kondangan yang mana? Biar budget belanjamu tetap hemat, jangan lupa gunakan aplikasi GetPlus yang punya fitur Foto Struk, eShop, dan Rewards. Jadi, kamu bisa klaim keuntungan dengan mengunggah struk pembayaran atau belanja langsung di e-commerce GetPlus. Dapatkan juga tips lifestyle menarik lainnya dari blog KataGita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !