hikmah-puasa-wajib-dan-sunnah-getplus-aplikasi-cashback-reward

Cek! Begini 7 Hikmah Puasa Wajib dan Sunnah yang Mendalam

Feb 14, 2024

Nggak terasa, sebentar lagi bulan puasa bakal tiba di depan mata! GoGetters yang merupakan umat Muslim pastinya sudah bersiap-siap untuk menjalankan ibadah puasa wajib maupun sunnah menjelang Ramadhan. Tapi, tahukah kamu kalau berpuasa bukan sekadar kewajiban dan tradisi agama? Soalnya, ada banyak hikmah puasa wajib dan sunnah buat kesehatan fisik sekaligus kondisi batinmu, lho! Penasaran? Langsung saja, yuk, kita simak di bawah ini!

Hikmah Puasa Wajib dan Sunnah Apa Saja?

Kalau kamu butuh motivasi biar kuat berpuasa sampai tuntas, ini dia berbagai hikmah puasa wajib maupun sunnah yang mendalam abis:

1. Mengasah kedisiplinan diri sendiri

2-kombinasi-warna-tips-warna-baju-yang-cocok-untuk-kulit-sawo-matang-uang-thr

Hikmah puasa yang pertama sekaligus yang paling jelas terasa banget buat membentuk kebiasaan disiplin. Soalnya, setiap kali GoGetters pengen menjalankan puasa sunnah seperti puasa Daud atau puasa setiap hari Senin dan Kamis, kamu harus bangun pada pukul 4 pagi untuk ibadah dan makan sahur. Hal yang sama juga berlaku saat kamu menunaikan ibadah puasa wajib menjelang Ramadhan, lho

Nah, setelah sahur pun, kamu masih tetap harus menyelesaikan sisa kewajiban salat lima waktu sampai malam tiba, dan kamu perlu mengulanginya setiap hari. Nah, rutinitas inilah yang bikin kamu lebih konsisten mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Melindungi diri dari dosa

Selain membuatmu lebih rajin beribadah, hikmah puasa wajib dan sunnah yang berikutnya adalah menghindarkanmu dari perbuatan dosa. 

Pasalnya, pasti GoGetters sudah tahu kalau bulan puasa adalah saat kamu harus menjauhi perbuatan maksiat dan segala hal yang haram. Sebut saja, contohnya berbicara hal buruk tentang orang lain, berbohong, berkata kasar, dan nggak menjaga pandangan. Jadi, dengan meniru teladan Rasulullah dan para nabi, kamu pun bisa tetap berada di jalan yang benar.

3. Menurunkan kadar gula dan kolesterol

overnight-oat-menu-sarapan-sehat-getplus

Nggak cuma memberikan ketenangan batin dengan memperkuat ikatan rohani, ternyata puasa juga membawa hikmah buat kesehatan fisik, lho! Soalnya, puasa selama beberapa hari bisa menurunkan ketahanan tubuh terhadap insulin. 

Nah, kalau tubuh sudah semakin sensitif terhadap insulin, sel-sel darah merah kita pun bisa mengantarkan glukosa ke semua organ tubuh dengan lebih lancar. Jadi, kadar gula darah pun bakal tetap stabil hingga bisa mengurangi risiko diabetes. Hal yang sama juga berlaku buat kadar kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah biar kamu aman dari risiko penyakit jantung!


Promo Untukmu


4. Melatih kesabaran

ide-aktivitas-valentine-single-kumpul-keluarga-cara-bahagia-quality-time-tes-love-language-keluarga

Tentunya, GoGetters sudah nggak asing lagi sama kewajiban harus menunggu jam buka puasa tiba sebelum bisa mengisi perut. Nah, kebiasaan menahan rasa lapar dan haus sampai waktu maghrib ini justru bisa menjadikanmu orang yang lebih sabar, lho

Pasalnya, kalau kamu mampu menahan godaan makan dan minum enak selama hampir seharian penuh, kamu juga bisa menjaga diri supaya nggak gampang melampiaskan emosi negatif ke orang lain. Jadi, kamu pun bisa berpikir dengan lebih tenang dan jernih sebelum bertindak.

5. Menumbuhkan kebiasaan bersyukur

visual_tipshematselamapuasa-tips-menjaga-berat-badan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kesempatan makan dan minum yang baru tiba di sore hari bakal membuatmu semakin bersyukur atas berkah yang kamu punya. Dengan kata lain, hikmah puasa wajib dan sunnah mengajarkanmu kalau kamu memang bisa hidup dengan sederhana. 

Apalagi, kebiasaan bersyukur juga bantu menjaga kesehatan mental karena kamu jadi lebih memandang segala hal dalam hidup dari kacamata yang positif. Hasilnya, kamu pun enggak gampang merasa murung maupun cemas secara berlebih.

6. Mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar

Percaya nggak percaya, ibadah puasa bisa membuatmu semakin dekat dengan tetangga dan komunitas lokalmu, lho! Contohnya, coba ingat lagi acara bukber yang sering diadakan di masjid menjelang Ramadhan. Dari sana, kamu pun bisa lebih sering bertemu dan mengobrol bareng tetangga yang menghadiri acara buka puasa bersama tersebut. Bahkan, nggak menutup kemungkinan kalian juga bisa memperdalam iman bareng-bareng lewat sesi mengaji bersama sebelum dan sesudah makan.

7. Mengajarkan kepedulian terhadap sesama

donasi-zakat-tips-mengatur-tunjangan-hari-raya

Hikmah puasa–terutama yang wajib sebelum Idul Fitri–mewajibkan semua umat Muslim berzakat kepada mereka yang membutuhkannya, contohnya kaum miskin dan yatim. Dengan kata lain, kamu didorong untuk menyumbangkan sebagian dari harta dan makanan untuk kaum yang kurang beruntung. Nah, kebiasaan inilah yang bakal bikin kamu makin peduli terhadap sesama manusia.


Artikel Untukmu


Sekarang, GoGetters sudah tahu kalau hikmah puasa wajib dan sunnah ternyata enggak cuma bermanfaat buat tubuh dan jiwa dirimu sendiri, tapi juga orang lain. Makanya, pastikan kamu menunaikan ibadah puasa nanti sampai tuntas, ya! Biar kamu makin kuat berpuasa, kamu bisa menemukan banyak life hacks dan tips praktis yang bakal membantumu selama bulan puasa di blog KataGita, lho. Yuk, baca sekarang!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !