4-manfaat-olahraga-getplus-aplikasi-cashback-reward

4 Manfaat Olahraga saat Puasa, Berguna Banget Loh!

Mar 11, 2024

Pas lagi berpuasa, pastinya tubuhmu bakal lebih lemas karena nggak makan minum selama hampir seharian penuh. Nah, karena inilah banyak yang mengira sebaiknya stop olahraga dulu di bulan puasa. Tapi, tunggu dulu! Justru, kamu tetap butuh porsi kegiatan fisik yang mencukupi, lho. Apalagi, ada banyak manfaat olahraga saat puasa buat kesehatan tubuhmu.

Manfaat Olahraga saat Puasa

Memangnya, apa aja sih, manfaat olahraga saat puasa? Kamu bisa cari tahu selengkapnya di sini, GoGetters!

1. Bantu menurunkan berat badan

Biar kuat berpuasa seharian, nggak menutup kemungkinan GoGetters makan banyak makanan tinggi kalori saat sahur. Wajar, kalori ini bakal jadi sumber energi. Tapi, kalau kamu menerapkan defisit kalori dengan membakar energi, kamu bisa mengontrol dan bahkan menurunkan berat badan berlebih! Jadi, kamu pun bakal lebih sehat. Tentu saja, kunci untuk mengurangi kalori tubuh adalah dengan rutin berolahraga, bahkan saat puasa.

2. Mencegah rasa lemas dan kantuk

Tidur-cukup-7-9-jam-per-hari-cara-bahagia-tips-menjaga-berat-badan

Berkebalikan dengan anggapan banyak orang, puasa selama 30 hari berturut-turut tanpa berolahraga justru bisa bikin kebugaran badan kita makin berkurang! Mungkin GoGetters pernah merasa lemas dan ngantuk sebelum buka puasa? Penyebabnya, gula darah kita bakal menurun drastis saat nggak makan minum seharian, apalagi tanpa kegiatan fisik yang cukup! Jadi, untuk menstabilkan kadar gula darah pas puasa, kamu tetap perlu berolahraga.

3. Memperkuat daya tahan tubuh

Olahraga-Rutin-dan-Teratur-cara-bahagiavisual-tips-menjaga-berat-badan-pentingnya-self-love

Manfaat olahraga saat puasa yang berikutnya dan nggak kalah penting berkaitan banget sama sistem imun tubuhmu, lho! Soalnya, ketika kamu aktif bergerak, sel-sel daya tahan tubuh juga bakal bergerak ke semua organ tubuh dan bisa melawan infeksi kuman dari luar dengan lebih cepat. Hasilnya, kamu pun nggak gampang jatuh sakit, bahkan pas lagi stop makan minum seharian untuk sementara.

4. Meningkatkan mood dan konsentrasi

2-kombinasi-warna-tips-warna-baju-yang-cocok-untuk-kulit-sawo-matang-uang-thr

Berkaitan dengan manfaat olahraga saat puasa yang kedua, level gula darah yang stabil tentunya nggak bakal bikin kita gampang lesu. Selain itu, hal ini juga penting buat mengasup energi ke otak, lho! Dengan kata lain, kalau kamu rajin berolahraga bahkan pas lagi puasa, suasana hatimu jadi lebih stabil dan kamu tetap bisa fokus seharian penuh.

Waktu Olahraga saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Buat menikmati manfaat olahraga saat puasa, tentunya kamu harus tahu waktu olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya kamu menghindari olahraga pada siang hari karena tubuhmu lagi kekurangan cairan, sehingga sinar matahari terik bakal bikin kamu dehidrasi. Sebaliknya, jadwalkan kegiatan fisikmu di jam-jam berikut:

  • Setelah sahur dan sebelum imsak supaya bisa minum habis olahraga;
  • 30-45 menit menjelang buka puasa, atau;
  • 2-3 jam setelah buka puasa, tapi jangan terlalu dekat dengan jam tidur.

Artikel Untukmu


Tips Berolahraga saat Puasa

Lalu, apa saja yang perlu kamu perhatikan saat berolahraga di bulan puasa biar tetap bugar, bukannya lemas? Pastikan kamu terapkan tips dan trik berikut ya, GoGetters:

  • Pilih jenis olahraga yang tepat: Utamakan olahraga intensitas ringan hingga sedang seperti yoga, bersepeda, berjalan cepat, tai chi, dan jogging;
  • Jaga asupan makanan dan air: Makan makanan yang kaya akan serat dan protein, dan jangan lupa minum 2 liter air setiap hari sebelum berpuasa;
  • Kenakan pakaian olahraga yang nyaman: Pilihlah baju dan celana dari katun breathable/gampang menyerap keringat biar nggak kepanasan. Kamu bisa mendapatkannya dari Happyfit Official Shop, Tiento Official Shop, Decathlon Official Shop, atau toko lainnya di aplikasi Shopee/Tokopedia;
  • Pilih alat olahraga yang berkualitas: Pastikan sepatu atau alat pendukung yang kamu gunakan seperti dumbbell, gym ball, atau sepeda masih dalam kondisi bagus agar nggak gampang cedera. Untuk rekomendasi tempat belanja yang bagus, coba simak katalog dari The Republic of Svarga Official Shop, SPEEDS, atau SFIDN FITS di Tokopedia maupun Shopee.

Tertarik dengan manfaat olahraga saat puasa buat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan? Sehabis menentukan kegiatan dan waktu yang tepat, jangan lupa lengkapi persiapanmu dengan baju plus alat olahraga berkualitas! Biar makin hemat, kamu bisa check out belanjaan di toko-toko yang sudah direkomendasikan pakai aplikasi GetPlus, lho

Caranya, masuklah ke menu eShop di GetPlus dan selesaikan pembayaran di aplikasi e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee. Kalau transaksimu sudah terverifikasi, kamu bakal dapat poin yang bisa ditukar sama produk atau voucher diskon di menu Rewards! Menarik, kan? Makanya, yuk, download GetPlus sekarang dan dapatkan berbagai tips bulan puasa yang bermanfaat dari KataGita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !