1 Pet-cara-merawat-hewan-peliharaan-getplus-aplikasi-cashback-reward

Punya Anabul? Cek 4 Cara Merawat Hewan Peliharaan Kesayangan

Apr 03, 2024

GoGetters yang punya hewan peliharaan pasti sudah merasa kalau mereka seperti anggota keluarga sendiri. Makanya, hewan peliharaan kesayangan juga butuh dijaga dengan tepat biar mereka panjang umur dan selalu sehat. Tapi, gimana sih, caranya? Yuk, kita cari tahu cara merawat hewan peliharaan yang disarankan di sini!

Cara Merawat Hewan Peliharaan dengan Tepat

Ini dia berbagai tips yang GoGetters bisa terapkan buat merawat anak bulu tercinta di rumah:

1. Ketahui makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan

Cara merawat hewan peliharaan yang pertama dan paling penting adalah dengan memperhatikan makanan mereka. Dengan kata lain, kamu harus tahu apa saja makanan yang boleh dan nggak boleh dikonsumsi untuk menghindari risiko tersedak atau keracunan. Contohnya, anjing dan kucing sebaiknya nggak makan cokelat, bawang-bawangan, dan daging yang menempel pada tulang.

2. Berikan waktu dan fasilitas untuk bermain

Setiap hewan peliharaan pasti butuh waktu untuk bermain supaya mereka nggak stres. Soalnya, tingkat stres berlebih bakal berujung pada perilaku yang nggak diinginkan seperti merusak furnitur di rumah. Solusinya, kamu bisa berikan hewan kesayangan bola, tiang mencakar (untuk kucing), atau mainan lainnya.ย 

Selain itu, GoGetters juga bisa sempatkan waktu hangout sama anak bulu dengan ke kafe yang pet-friendly, contohnya La Pet Land di Surabaya! Kafe partner GetPlus di Surabaya yang satu ini punya indoor playground dengan aneka wahana buat anjing, jadi kamu bisa nongkrong dengan lebih tenang, deh.

3. Jaga kebersihan tubuh hewan peliharaan

Sama seperti badan kita, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan kulit dan bulu hewan peliharaan, lho! Terutama, kalau kamu memelihara kucing atau anjing. Soalnya, kotoran yang terbiarkan terlalu lama justru bakal jadi ladang bertumbuhnya kuman dan jamur penyebab penyakit kulit. Makanya, jangan lupa mandikan mereka setiap minggu pakai shampoo khusus.

4. Berikan vaksin dan lakukan check up berkala

Tahukah kamu kalau hewan peliharaan juga punya jadwal vaksin berkala seperti manusia? Vaksin ini penting banget buat mencegah penyakit, salah satunya cacingan yang bisa mematikan. Jadi, ikuti jadwal check up dan vaksinasi yang sudah dokter hewan sarankan, ya! Untuk referensi, kamu bisa cek buku vaksinasi yang kamu terima ketika mengadopsi peliharaanmu.

Aturan Merawat Hewan Peliharaan Apa Saja?

Selain keempat cara di atas, kamu juga perlu memperhatikan berbagai aturan merawat hewan peliharaan lainnya yang nggak kalah penting. Apa saja contohnya?

  • Pastikan space kandang mencukupi

Kalau kamu pengen membeli kandang hewan untuk di rumah atau bepergian, pastikan ukurannya mencukupi untuk tubuh hewan peliharaanmu, ya! Untuk mengetahui apa space kandang pilihanmu sudah ideal atau belum, coba perhatikan apakah hewan kesayanganmu bisa berganti posisi tidur dan bergerak dengan leluasa atau nggak.

  • Selalu sediakan makanan dan air minum yang bersih

Berikutnya dan yang nggak kalah penting, pastikan kamu selalu meletakkan stok makanan dan air bersih yang mencukupi di tempat buat hewan peliharaanmu. Pasalnya, hewan yang terlalu lapar dan haus bakal lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Letakkan mangkuk makanan dan air minum mereka di tempat yang mudah terjangkau, dan ajarkan mereka untuk mengenali lokasinya supaya bisa ke sana kapan saja.

  • Bersihkan kandang secara berkala

Kandang yang kotor juga bisa menjadi sarang penyakit, GoGetters! Terlepas dari apakah kamu memelihara hewan mamalia seperti kucing dan anjing atau reptil seperti kadal, kamu perlu membersihkan tempat tinggal mereka secara rutin. Untuk reptil atau ikan, ganti air dan pasir di dalam tangki minimal 2 minggu sekali. Lalu, untuk kandang anjing dan kucing, segera bersihkan kotoran di dalam kalau ada, dan semprotkan disinfektan setiap minggu.


Baca Juga


  • Lindungi hewan dari suhu udara ekstrem

Terakhir, kamu perlu melindungi hewan peliharaanmu dari suhu yang terlalu panas atau dingin. Misalnya, kalau kamu tinggal bersama anak bulu di tempat yang dingin, kamu bisa memakaikan mereka baju hangat sesuai ukuran badan.ย 

Bingung cari baju di mana? Tenang, kamu bisa mampir ke La Pet Gallery di Surabaya yang punya aneka koleksi lucu sekaligus nyaman buat kucing dan anjing! Karena toko ini juga partner GetPlus, kamu bisa sekalian berhemat, lho.

Itu dia cara merawat hewan peliharaan biar tetap sehat dan happy, GoGetters! Enggak ribet, kan? Biar perawatan anak bulu kesayangan makin hemat, kamu juga bisa foto struk setelah quality time di La Pet Land atau beli baju baru di La Pet Gallery.ย Dari sana, kamu bakal mendapatkan poin yang bisa kamu tukarkan sama aneka voucher diskon di menu Rewards aplikasi GetPlus! Tertarik? Makanya, yuk, download GetPlusย  sekarang dan simak tips praktis lainnya di Kata Gita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel โ†—
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !