tradisi-imlek-yang-paling-iconic-dan-khas-getplus-aplikasi-cashback-reward

Cek 4 Tradisi Imlek yang Paling Iconic dan Khas

Feb 01, 2024

Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia identik banget dengan sejumlah tradisi yang unik dan bermakna, GoGetters. Tradisi-tradisi ini nggak hanya membuat perayaannya makin seru, tapi juga menyiratkan nilai-nilai kebersamaan, keberuntungan, dan kesuksesan bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia. Simak informasi 4 tradisi Imlek yang paling iconic dan khas berikut, yuk!

Tradisi Imlek yang Iconic dan Penuh Makna di Indonesia

Tahun Baru Imlek di Indonesia nggak hanya dirayakan sebagai peristiwa pergantian tahun baru dalam kalender Tionghoa, tapi juga sebagai momen untuk memelihara dan mewarisi nilai-nilai tradisional yang kaya dan penuh makna. Di antaranya:

1. Pesta petasan dan kembang api

Selain menghibur, pesta petasan dan kembang api saat Imlek juga merupakan ekspresi dari keinginan untuk mengusir roh jahat Nian. Nian adalah makhluk mitologis dalam tradisi Tionghoa yang banyak orang yakini muncul pada malam tahun baru, dan masyarakat Tionghoa mengusirnya dengan petasan dan simbol-simbol berwarna merah. Suara keras petasan dan warna merah pada kembang api bisa membangunkan semangat positif yang melawan kegelapan.

2. Memberi angpao

Tradisi memberi angpao membawa pesan kemakmuran dan keberuntungan, GoGetters. Selain sebagai bentuk kepedulian dari generasi yang lebih tua kepada yang lebih muda, angpao juga mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas dalam komunitas, lho. Angpao yang berisi harapan-harapan baik dan doa-doanya menjadi simbol pengingat akan nilai-nilai positif yang harus terjunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Menggantung lampion

Bukan sekadar tindakan dekoratif, lampion merah yang menghiasi kelenteng, pecinan, dan bahkan rumah-rumah warga keturunan Tionghoa merupakan lambang harapan akan tahun yang lebih baik. Warna merah pada lampion mengandung makna mendalam tentang keberuntungan, kesatuan keluarga, dan kemakmuran. Penerangan yang bersumber dari lampion diartikan sebagai sinar harapan yang menerangi setiap langkah kehidupan.

4. Sembahyang dan silaturahmi

Sembahyang dan silaturahmi mencerminkan nilai-nilai spiritual dan etika dalam budaya Tionghoa. Melalui sembahyang keluarga dan kunjungan ke kelenteng, masyarakat Tionghoa di Indonesia mengenang dan memberikan hormat kepada leluhur. Kepercayaan bahwa tanpa kehadiran para leluhur, kehidupan yang sedang kamu jalani saat ini nggak mungkin terwujud, menjadikan sembahyang dan silaturahmi sebagai bentuk penghormatan yang kental dengan rasa syukur.

Apa yang Khas dari Perayaan Imlek Indonesia?

Perayaan Imlek di Indonesia punya kekhasan yang nggak tergantikan, seperti:

1. Pertunjukan barongsai

Apa yang khas dari perayaan imlek? Tentunya hal pertama terlintas adalah pertunjukan barongsai yang menarik disaksikan dengan gerakan yang lincah, warna-warna cerah, dan kostum singa yang megah. Barongsai di Indonesia bukan hanya sekadar hiburan, melainkan juga menyiratkan makna simbolis dalam melawan kekuatan jahat, terutama terkait dengan legenda Nian yang diyakini menghantui penduduk pada malam tahun baru. Barongsai, dengan gerakannya yang penuh semangat, menciptakan atmosfer kegembiraan dan menandakan kedatangan tahun yang baru dengan keberanian dan harapan.

2. Dekorasi merah dan emas yang meriah

Dekorasi merah dan emas yang meriah menjadi karakteristik mencolok dalam perayaan Imlek di Indonesia. Warna-warna ini punya makna khusus dalam budaya Tionghoa. Merah melambangkan keberuntungan, kegembiraan, dan kesuksesan, sementara emas melambangkan kemewahan dan kekayaan. Dekorasi ini nggak hanya menjadi pemanis visual, tapi juga menciptakan atmosfer hangat dan festif yang memenuhi ruang perayaan.

Nah, sekarang makin gampang kalau mau beli dekorasi Imlek secara online karena ada fitur eShop di aplikasi GetPlus. Dengan fitur ini, kamu bisa dapetin sejumlah keuntungan, termasuk komisi dari setiap transaksi. Selain itu, setiap pembelian juga akan memberikan poin yang bisa kamu tukarkan dengan berbagai reward berupa voucher. Voucher ini bisa kamu pakai buat berbelanja online secara hemat di berbagai marketplace yang menjadi mitra eShop. 

3. Makanan khas Imlek yang lezat

Ada banyak makanan khas yang bisa kamu santap saat Imlek, seperti dumpling, nian gao, ikan, sayuran hijau, dan kue kering. Semua makanan khas Imlek yang lezat ini punya makna simbolis untuk membawa keberuntungan, kesuksesan, dan kebahagiaan. Kalau nggak mau repot masak sendiri, kamu bisa, lho, dinner di Fajar Chinese Restaurant, Surabaya yang merupakan merchant partner GetPlus. Setelah kenyang makan, foto struknya buat dapetin poin rewards.


Artikel Untukmu


Nah, itu tadi informasi 4 tradisi Imlek yang paling iconic dan khas. Biar semakin meriah, yuk, persiapkan perayaan Imlekmu dengan GetPlus, GoGetters! Dapetin dekorasi meriah dan kebutuhan Imlek lainnya secara online melalui fitur eShop di aplikasi GetPlus. Jangan lewatkan pula keuntungan komisi dan poin yang bisa kamu tukarkan dengan voucher untuk berbelanja hemat. Download aplikasi GetPlus sekarang!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !